Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Kuatkan Pondasi Rumah Tangga, Anggota Polres Malang Ngaji Sakinah Mawadah Warohmah


Malang Post —  Polres Malang tingkatkan keimanan dan ketaqwaan para anggotanya. Melalui Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Masjid Ashumul Muhsinin Polres Malang, Kamis (23/9/2021).

Selain diikuti oleh seluruh personel dan ASN Polres Malang. Waka Polres Malang, Kompol Rizky Tri Putra dan para Pejabat utama (PJU) juga hadir dalam kegiatan tersebut, Serta para personel Polsek jajaran Polres Malang juga mengikuti secara virtual.

Baca Juga ----------------------------

Menghadirkan penceramah Ustad Eliyanto, Pengasuh Pondok Pesantren Ar Rosyidin Sumberoto Donomulyo.

Ustadz Eliyanto menyampaikan mengenai definisi rumah tangga sakinah, mawadah, warohmah. Bagaimana kita dapat mensyukuri dalam keadaan apapun yang dimiliki oleh pasangan baik kelebihan maupun kekurangan yang dimilikinya.

“Ada beberapa point dalam rangka mencari ridho Allah SWT diantaranya mampu menjaga diri sendiri, keikhlasan dan niat yang baik karena Alloh, ketaqwaan di jalan Allah SWT dalam segala kehidupan serta saling memberikan kemuliaan satu sama lain. Hal-hal inilah yang seharusnya dapat diterapkan dalam rangka mendapatkan Ridho Allah SWT,” ujar Eliyanto.

Ustad tersebut juga memberikan lima rahasia membina hubungan pernikahan bagi pasangan rumah tangga.

“Pertama, siap menerima yang cocok dan tidak cocok. Allah Maha Tahu, manusia tidak tahu, jadi jangan sok tahu,” ujarnya.

Menurutnya ketika mencari pasangan tidak selalu menemukan kecocokan. Maka harus juga siap menerima ketidakcocokan itu.setiap individu haruslah ridho dalam menerima takdir yang telah digariskan.

“Harus ridho dengan apa yang ada. Orang yang stres adalah orang yang tidak mau menerima kenyataan. Karena ridho atau tidak, ya takdir akan tetap terjadi,” tambahnya.

Ustadz Eliyanto juga mengingatkan jangan mempersulit diri sendiri. mengingat banyak orang menjadi sengsara lantaran membesar-besarkan masalah remeh-temeh.

“Terutama pentingnya evaluasi diri. Kalau ada kejadian pahit di rumah tangga, jangan sibuk menyalahkan orang lain, karena kalau sibuk menyalahkan orang lain, tidak akan bisa memperbaiki diri sendiri,” katanya.

“Barang siapa yang gigih memperbaiki diri, dia bisa memperbaiki orang lain,” tuturnya.

Kelima, Ustadz Eliyanto mengatakan, selalu mengingat Allah ketika ada masalah.
“Cukuplah Allah sebagai penolong kita. Lelaki yang baik bukan takut istri tapi takut Allah. Karena dimanapun berada Allah lah yang jadi penolong.”

“Masalah selesai kalau ditolong Allah. Bukan yang lain. Termasuk masalah rumah tangga,” ungkap Ustad Eliyanto.

Sementara itu, menurut Waka Polres Malang, Kompol Rizky Tri Putra, kegiatan Binrohtal itu adalah kegiatan rutin yang dilakukan Polres Malang setiap hari Kamis.

“Diharapkan dengan megikuti kegiatan binrohtal dengan tema ‘Membangun

Keluarga yang Saqinah Mawaddah Warrahmah Menuju Terwujudnya Baiti Jannati’, para anggota mampu memaknai arti keluarga yang Saqinah Mawaddah Warrahmah.

Sehingga akan memberikan pengaruh positif didalam hidupnya,” jelasnya.

Memahami Islam lebih mendalam kata Kompol Rizky Tri Putra, sangat dibutuhkan oleh anggota kepolisian. Apalagi di era global saat ini, aqidah atau keyakinan umat kepada Allah SWT harus lebih diperkuat.

“Banyaknya aliran atau ideologi tidak jelas rujukan dan dasarnya harus kita pahami, supaya tak salah dan tidak mudah dipengaruhi. Apalagi ideologi atau faham radikal. Yang saat ini sedang marak di Indonesia. Islam sangat toleran dan damai, tidak pernah mengajarkan kekerasan. Ini yang harus dipahami umat Islam di Indonesia,” pungkasnya.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel Polri dan ASN Polres Malang yang beragama Islam, Kamis (21/10/2021) siang...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang dan Polsek jajaran, Jumat (15/10/21) pagi, mengikuti Tes Kesehatan Jasmani (TKJ) personil dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Stadion Kanjuruhan,...

Malang Raya

Malang Post — Program bantuan tunai untuk pedagang kecil dari pemerintah yang disalurkan oleh Polres Malang, begitu terasa manfaatnya bagi Kamsiadi. Seorang penjual tape dari...

Malang Raya

Malang Post – Pandemi Covid-19 yang masih terus mewabah hingga saat ini membuat petugas harus terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tetap mamatuhi...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang terus percepat penyaluran Bantuan Tunai kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTKLW) yang terdampak pandemi Covid-19, sepanjang Jumat (8/10/2021).  Kapolres...

Malang Raya

Malang Post — Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono beserta jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Malang meraih penghargaan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Komnas Perlindungan...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang berupaya percepat penyaluran Bantuan Tunai kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTKLW) yang terdampak masa pandemi Covid-19.  Disampaikan Kapolres Malang...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar kegiatan Pelatihan Mandiri Fungsi Teknis Kepolisian Bidang Propam bagi Personil Sipropam dan Kanit Propam dan Kanit Propam Polsek...