Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Diganggu Tikus Rumah? Usir Dengan Tanaman Ini

Foto: Istimewa

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar penyakit bagi keluarga.

Tikus dapat menyebarkan penyakit pes, leptospirosis serta penyakit berbahaya lainnya. Sehingga harus diusir dari rumah. Banyak obat kimia yang dijual sebagai pengusir tikus, tetapi Anda bisa memilih alternatif lain yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga ----------------------------

Sejumlah tanaman yang gampang dirawat di pekarangan, ternyata juga memiliki kemampuan menghalau tikus masuk ke rumah. Tanaman ini, bagi tikus mengeluarkan bau menyengat yang tidak disukai mereka.

Melansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah tanaman yang membuat tikus tak mau masuk ke dalam rumah.

1.    Lavender.

Tidak hanya untuk mengusir nyamuk. Lavender juga ampuh mengusir tikus dan serangga lainnya. Lantaran memiliki aroma sangat kuat. Seehingga membuat tikus tidak suka mendekatinya. Tanaman cantik dengan bunga ungu ini, juga mudah dirawat selama masih banyak mendapat sinar matahari.

2. Sirsak

Tanaman lain yang ditakuti tikus ialah sirsak. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, ternyata daunnya juga bermanfaat. Daun sirsak mengeluarkan bau dan aroma menyengat yang sangat dibenci tikus.

3. Sage

Tanaman hias yang satu ini, tidak hanya mampu mempercantik pekarangan. Tetapi juga bisa mengusir tikus. Pasalnya, sage mengeluarkan bau menyengat. Sage memiliki bunga berwarna-warni, seperti ungu, merah muda atau putih. Sage bisa ditanam melalui dua cara yakni dari biji dan stek batang.

4. Tikel Balung

Tanaman hias bernama tikel balung atau patah tulang, juga ampuh mengusir tikus. Namun, Anda harus mengambil getahnya yang mengandung racun. Efektif mengusir tikus, cicak dan kutu. Perlu jadi catatan, hati-hati ketika meletakkan getah tanaman ini karena racunnya dapat membuat iritasi kulit.

5. Daun Min

Tanaman min merupakan salah satu tanaman pengusir tikus dan nyamuk yang bisa Anda tanam di halaman rumah. Aroma dari daun min terkenal dapat mencegah tikus dan serangga lainnya mendekati dan memasuki hunianmu. Menanam tanaman yang tidak tikus sukai ini, juga sangat mudah karena daun min akan tumbuh subur jika terkena banyak sinar matahari.

6. Buah Bintaro

Tumbuhan pengusir tikus selanjutnya yang bisa Anda tanam di rumah adalah tanaman bintaro.

Tanaman bintaro merupakan tanaman pantai yang mampu tumbuh mencapai ketinggian 12 meter. Daun bintaro memiliki bentuk seperti telur yang berwarna hijau dengan bunga mencapai ukuran 3-5 cm.

Aromanya yang menyengat dan kandungan racun pada buahnya membuat tikus kerap menghindar dan takut mendekati pohon bintaro. Namun, perlu Anda pahami bahwa tanaman yang satu ini juga beracun bagi manusia. Maka jangan sampai termakan, ya!

7. Mengkudu

Tanaman pengusir tikus berikutnya adalah tanaman mengkudu yang kaya akan manfaat. Selain kaya manfaat, tanaman mengkudu juga ternyata mampu membuat tikus kabur dari rumah. Pasalnya, tikus tidak menyukai bau yang dikeluarkan oleh bau mengkudu. Sehingga mereka akan menjauhi tanaman ini.

8. Durian, Nangka dan Salak

Berbagai tanaman dengan buah yang berduri tajam. Seperti durian, nangka dan salak, ternyata tidak disukai oleh tikus. Tanaman pengusir tikus sawah dan curut ini, dapat Anda gunakan untuk mengatasi tikus masuk ke rumahmu. Caranya, adalah dengan meletakkan buahnya yang tajam ini di area yang sering dilalui tikus agar segera kabur dari tempat ini.

9. Cabe Rawit

Cabe rawit merupakan tanaman pengusir tikus curut yang ampuh mengusir tikus dari rumah Anda. Rasa pedas dan aroma menusuk dari cabe rawit membuat tikus pergi menyingkir dari persembunyian mereka. Kamu dapat menghancurkan cabe dan melarutkannya ke dalam air. Kemudian semprotkan larutan tersebut ke tempat yang menjadi jalur tikus beraktivitas agar ia tak lagi masuk ke rumah.

10. Cengkeh

Tanaman yang bisa menakuti tikus selanjutnya adalah tanaman cengkeh yang memiliki aroma harum. Banyak orang menganggap aroma yang keluar dari cengkeh sangatlah harum. Tapi tidak bagi tikus. Mereka tidak menyukai aroma ini. Anda dapat membungkus biji cengkeh yang sudah kering dengan kain kasa. Lalu letakkan di sudut yang sering terlewati oleh tikus.

11. Bawang Putih dan Merah

Bau yang keluar dari bawang putih dan merah ternyata bisa mengusir tikus. Tanam bawang putih atau merah di halaman rumah. Tikus akan langsung kabur dari area tersebut. Selain dapat mengusir tikus, tanaman ini juga bisa kamu panen untuk bumbu dapur. (Januar Triwahyudi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Aliansi Mahasiswa Kota Malang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang dalam rangka evaluasi kinerja dua tahun pemerintahan Joko Widodo...

Olahraga

Malang Post – Pemkot Batu melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu bakal menyiapkan ganjaran setimpal bagi atlet asal Kota Batu yang berhasil...

Malang Raya

Malang Post – Sekitar seribu orang mengikuti serbuan vaksin dosis I dan ll di Balai Kota Jalan Tugu nomor 1 Kelurahan Kidul Dalem Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Sebanyak 160 orang warga Kelurahan Purwantoro, Blimbing Kota Malang mendapatkan vaksinasi covid-19. Ratusan warga tersebut menerima vaksin dosis 1 jenis Sinovac....

Malang Raya

Malang Post –  Proses pembangunan pasar besar Kota Batu bakal segera dimulai dalam waktu dekat ini. Menyusul schedule lelang kontrak pembangunan akan dilakukan 9...

Malang Raya

Malang Post –  Parkir sembarangan di bahu jalan tanpa menaruh isyarat atau tanda peringatan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Awas pula, kabur dari keterlibatan kecelakaan...

News

Malang Post –  Lahan tebu dekat SMAN 1 Ketawang Gondanglegi, Kamis (28/10/2021) siang terbakar misterius. Proses pemadaman berlangsung 2 jam lebih dan anggota Damkar...

Malang Raya

Malang Post – Sempat viral pelanggaran PPKM level 3, sebuah Kafe bernama Prestone Cafe. Lantaran menggelar acara tanpa menerapkan prokes ketat dimasa pandemi Covid-19....