Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

Tugu Tirta Nominasi BUMD Terbaik Nasional

Direktur Utama Tugu Tirta M Nor Muhlas S. Pd, M. Si dan Direktur Teknik Ir Ari Mukti MT (Foto: Istimewa)

Malang Post — Upaya dan komitmen Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan serta peran aktif dan kontribusi di bidang SDM dan industri 4.0, berpotensi menghadirkan satu lagi penghargaan prestisius yang bakal membanggakan Kota Malang di pentas Nasional. 

Usai mengikuti serangkaian tahap mulai dari paparan hingga penilaian sejak bulan Juli lalu, Tugu Tirta dinominasikan meraih TOP BUMD Awards 2021 di sejumlah kategori penghargaan. Diantaranya untuk kategori BUMD Perumda Air Minum Terbaik, Top CEO BUMD 2021 serta Top Pembina BUMD 2021.

Baca Juga ----------------------------

“TOP BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan) dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Penilaian dilakukan dengan melibatkan dewan juri para professor, doktor, serta para praktisi, konsultan bisnis dan tenaga ahli di bidangnya,” ungkap Ketua Penyelenggara, M Lutfi Handayani, MM, MBA.

“Keberhasilan kinerja BUMD tentu tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan kepala pemerintahannya. Dengan pertimbangan tersebut, Dewan Juri juga akan menetapkan kepala daerah yang BUMD nya berprestasi dan berkinerja baik, sebagai Top Pembina BUMD 2021,” lanjutnya.

Dalam paparan di hadapan dewan juri, diantaranya Presiden i-OTDA Prof Dr Djohermansyah Djohan MA, Guru Besar Universitas Padjajaran Prof Dr HM Wahyudin Zarkasy CPA hingga praktisi Melani K Hariman PhD.

Medio bulan Juli lalu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si bersama Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT menjelaskan mengenai berbagai inovasi luar biasa Tugu Tirta untuk peningkatan pelayanan air minum Kota Malang. 

Dewan Juri juga penasaran mengapa Tugu Tirta begitu menginspirasi perusahaan daerah air minum lain di Indonesia dan menjadi jujugan tempat belajar alias studi banding. Hal ini terbukti bahwa Perumda Tugu Tirta patut untuk mendapatkan nominasi ini.

Tidak hanya pada program program yang sudah menjadi panutan PDAM se Indonesia, juga bukan hanya dalam tulisan tapi sudah banyak bukti bahwa keahlian Perumda Tugu Tirta diaplikasi oleh sesama tukang ledeng.

“Kami memiliki SDM yang berkompeten dan selalu menjadi narasumber/mentor/pengajar di event seminar atau pelatihan SPAM dan IT. Termasuk diantaranya menjadi mentor bagi PDAM se-Tanah Air lewat pengembangan bisnis Training Center dan Technology Information Development,” beber Muhlas.

Pada kesempatan yang sama, juga dijelaskan mengenai inovasi baru unggulan Tugu Tirta, yakni ‘Si Raja Air’ yang sukses merajai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.

“Si Raja Air adalah Sistem Rekayasa Jaringan Air yang digagas untuk penanganan kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan, tangki bantuan dan terminal air,” terang Ari Mukti menimpali.

Sebagai informasi, ajang penghargaan ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Aliansi Mahasiswa Kota Malang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang dalam rangka evaluasi kinerja dua tahun pemerintahan Joko Widodo...

Olahraga

Malang Post – Pemkot Batu melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu bakal menyiapkan ganjaran setimpal bagi atlet asal Kota Batu yang berhasil...

Malang Raya

Malang Post – Sekitar seribu orang mengikuti serbuan vaksin dosis I dan ll di Balai Kota Jalan Tugu nomor 1 Kelurahan Kidul Dalem Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Sebanyak 160 orang warga Kelurahan Purwantoro, Blimbing Kota Malang mendapatkan vaksinasi covid-19. Ratusan warga tersebut menerima vaksin dosis 1 jenis Sinovac....

Malang Raya

Malang Post –  Proses pembangunan pasar besar Kota Batu bakal segera dimulai dalam waktu dekat ini. Menyusul schedule lelang kontrak pembangunan akan dilakukan 9...

Malang Raya

Malang Post –  Parkir sembarangan di bahu jalan tanpa menaruh isyarat atau tanda peringatan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Awas pula, kabur dari keterlibatan kecelakaan...

News

Malang Post –  Lahan tebu dekat SMAN 1 Ketawang Gondanglegi, Kamis (28/10/2021) siang terbakar misterius. Proses pemadaman berlangsung 2 jam lebih dan anggota Damkar...

Malang Raya

Malang Post – Sempat viral pelanggaran PPKM level 3, sebuah Kafe bernama Prestone Cafe. Lantaran menggelar acara tanpa menerapkan prokes ketat dimasa pandemi Covid-19....