Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

UIN Malang Gelar Vaksinasi Mahasiswa Nasional

Malang Post – Agar tercapai Herd Immunity di Indonesia, mahasiswa juga ikut berpartisipasi dengan menggelar Gerakan Vaksinasi Mahasiswa Nasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan vaksinasi mahasiswa ini juga turut bersinergi bersama jajaran Kepolisian daerah Jatim dan Alisiansi Badan Eskekutif Mahasiswa (BEM) yakni BEM PTKIN, BEM Nusantara, BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia (PTMI), Perhimpunan Mahasiswa Komputer dan Informatika Nasional (PERMIKOMNAS) dan Aliansi Mahasiswa Aktivis Nasional (AMAN) Indonesia, BEM Malang Raya, BEM UIN Maulana Malik Ibrahim. 

Baca Juga ----------------------------

Turut hadir, Waka Polda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Kesdam V Btawijaya, Kakesdam V/Brawijaya Kolonel Ckm dr Yanuar Fitriadi. Mereka didampingi Rektor UIN Malang Prof Dr HM Zainuddin dan Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto. 

Rektor UIN Maliki Malang Prof HM Zainnudin mengapresiasi kegiatan ini karena selaras dengan komitmen UIN Maliki Malang yang mendukung program pemerintah sebagai upaya percepatan vaksinasi. Harapannya, pembelajaran tatap muka di bangku perkuliahan bisa segera diselenggarakan.

“Maka dengan adanya acara vaksinasi ini, harapan saya seluruh mahasiswa khususnya Malang Raya sudah mendapatkan vaksin.Sehingga level PPKM bisa semakin menurun dan seluruh mahasiswa bisa kembali tatap muka, kembali berinteraksi bersama para dosen,” ujar Prof Zainuddin, Sabtu (5/9/2021).

Dalam rangka serbuan vaksinasi khusus mahasiswa secara nasional ini ada sejumlah 3.000 dosis vaksin, jenis sinovac yang tersedia. Terlihat banyak mahasiswa Malang Raya yang antusias mengikuti vaksinasi ini.

Sementara itu, Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi S mengatakan. Sinergitas mahasiswa dengan TNI dan Polri ini sebagai upaya bersama dalam mencapai Her Immunity dan kedepannya akan terus berlanjut. 

Mengingat kasus Covid-19 sudah berangsur pulih dan angkanya mulai melandai. Namun,bukan berarti masyarakat terjebak dalam euforia secara berlebihan.

“Kami harap harus tetap waspada,mahasiswa juga berperan sebagai pelopor untuk membangun kesadaran bersama dan bergerak dalam penanganan virus Covid-19, yaitu Salah satu kunci penting tetap disiplin Protokol Kesehatan (Prokes),” ujar Slamet.

Dia juga menambahkan jika mahasiswa tetap displin menerapkan prokes untuk mencapai target vaksinasi.Situasi akan segera kembali normal dan bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Mengingat, saat ini Malang raya memasuki level 3. Kakesdam V Brawijaya Kolonel Ckm dr Yanuar Fitriadi mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi mahasiswa ini bisa menjadi contoh dalam membangun kesadaran bersama ini. Tentu juga didukung sivitas akademika, seperti dilakukan UIN Maliki Malang.

”Harapan saya besar sekali, tidak lama lagi kita di Indonesia, khususnya Jawa Timur akan segera terbebas dari COVID-19,” ungkap Kolonel Ckm dr Yanuar.

Disisi lain, Koordinator Pusat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sekaligus penyelenggara Onky Fachrur Rozie mengatakan, bahwa gerakan vaksinasi oleh Aliansi Mahasiswa Nasional terus di gulirkan dan UIN menjadi kali ke-13.

Terakhir, di Yogyakarta bahkan bisa menyasar sampai 6 ribu mahasiswa.

“Untuk sekarang target kami menggelar di Malang dan target bisa menyasar 3 ribu mahasiswa. Semoga bisa membantu membentuk herd immunity di Malang Raya dan Indonesia untuk bisa relatif lebih aman sehingga PTM bisa kembali dilakukan,” ujar Onky.

Selain itu, Ongky juga berharap kegiatan vaksinasi mahasiswa ini sebagai bentuk representasi percepatan penanganan Covid-19 dari kalangan Mahasiswa. Maka menjadi pelopor bagi mahasiswa yang melanjutkan gerakan vaksinasi di daerah masing-masing untuk melanjutkan gerakan serupa. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...