Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

UIN Malang Gelar Temu Wali, Wujudkan Mahasantri Religius Profesional

SAMBUTAN: Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr HM Zainuddin MA

Malang Post –  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar temu wali atau orang tua mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2021/2022 secara virtual atau online, Rabu (25/8/2021).

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr M Zainuddin MA dalam sambutan pembukanya memberikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di UIN Malang. Meski pertemuan wali maba masih virtual, tapi tetap tidak akan mengurangi keberkahannya.

Baca Juga ----------------------------

“Semoga Allah SWT mempercepat pandemi covid ini, segera berakhir dan kita senantiasa diberikan maunahNya,” doanya.

Kuliah di UIN Malang sebenarnya tidak hanya kuliah saja. Namun juga mondok, jadi sebutan populer bagi mahasiswa UIN Malang yaitu mahasantri. UIN Malang memiliki pesantren dengan kapasitas 4000 mahasiswa.

Ada pusat pengembangan bahasa asing, bahasa Arab, Inggris dan Mandarin. Juga ada Haiah Tahfidz Al Qur’an dan keunggulan integrasi keilmuan.

“Apapun yang dipelajari di UIN Malang, harus dikaitkan dengan Al Qur’an dan Hadits,” paparnya.

Belajar di UIN Malang mendapat dua keuntungan. Yaitu, selain mendapat ilmu umum juga dapat ilmu agama. Jika belajar kedokteran. Sesungguhnya apa yang dipelajari sama dengan ilmu kedokteran yang dipelajari di perguruan tinggi yang lain.

Hanya saja, perbedaannya terletak pada keilmuan agama yang diintegrasikan dengan disiplin keilmuannya masing-masing.

“Sehingga diharapkan semua lulusan UIN Malang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional,” tegasnya.

Ini merupakan ekspektasi dari masyarakat luas. Banyak ortu yang minta mahasiswa UIN Malang bisa tinggal di pesantren hingga lulus. Akan tetapi keinginan ini belum bisa direalisasikan karena kapasitas gedung ma’had yang belum mencukupi. Semoga kedepan UIN Malang bisa merealisasikan harapan dari orang tua mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Umi Sumbulah, M.AG

“Alhamdulillah. Insyaallah dengan dana bantuan dari Saudi Fund for Development (SFD) pembangunan kampus tiga mulai tahun ini bisa segera dimulai,” jelasnya.

Selain soal pengembangan banguna infrastruktur, UIN Malang juga memilki cita-cita menjadi kampus yang mendunia melalui destinasi kajian keislaman yang mendunia. Untuk itu, marilah menata niat kembali agar menimba ilmu di UIN Malang bisa membawa manfaat dunia akhirat.

“Niati belajar di kampus UIN Malang karena Allah SWT, insyaallah jika niatnya benar semua akan diberikan kemudahan dan senantiasa mendaptkan ridho Allah SWT,” pungkasnya seraya diamini ribuan wali mahasiswa baru 2021.

Penerimaan mahasiswa baru di UIN Malang tahun akademik 2021/2022 kali ini mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya, meski proses seleksinya dilakukan secara online karena masih pandemi namun penjaringan mahasiswa baru berjalan dengan lancar.

Tahun ini jumlah total pendaftar maba dari lima jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, UMPTKIN, Mandiri Tulis, dan Mandiri Prestasi, pendaftaran itu mencapai 70.830 camaba. Akan tetapi yang diterima hanya 3.751 camaba saja.

“Ini artinya putra putri Bapak Ibu bersaing 1:21 camaba untuk bisa masuk di UIN Malang,” jelasnya.

Untuk itu, segenap pimpinan UIN Malang mengucapkan selamat kepada Bapak Ibu atas diterimanya putra putrinya di UIN Maliki Malang,” ucapnya.

Kedepan, UIN Malang tentu membutuhkan bantuan dan kerjasama dan kolaborasinya dari Bapak Ibu orang tua wali mahasiswa baru untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putra putrinya.

“Karena ini masih masa pandemi, pembelajaran untuk sementara masih dilakukan secara daring,” jelasnya

Meski begitu, tambah dia, semoga tetap berkah dan manfaat sehingga mampu menjadi generasi bangsa yang tangguh menuju bangsa yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. “Ini tentu menjadi harapan kita semua,” tutupnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...

Malang Raya

Malang Post — Target pendapatan daerah Kota Batu mengalami penurunan sebesar Rp 99,8 miliar. Penurunan target tersebut terungkap saat pembahasan perubahan APBD 2021. Dengan begitu...

ShowBiz

Malang Post — Grup band rock asal Malang, d’Kross, akan berkolaborasi dengan pedangdut terkenal, Clara Gopa (Duo Semangka).  Ini menjawab rasa penasaran para d’Krosser (fans...

headline

Malang Post — Bianglala di Alun-alun Kota Batu mulai berputar kembali, Jumat (22/10/2021) tepat pukul 13.00 WIB. Setelah mati suri selama tiga bulan karena penerapan...

Malang Raya

Malang Post — Tepat pada Jumat (22/10/2021) adalah Hari Santri Nasional. Pandemi Covid-19 belum usai, tapi peran santri di Indonesia sangat besar untuk memajukan Indonesia....