Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Wahid Foundation Perkuat Komitmen dan Kemitraan Perdamaian di Desa

Pelatihan Rades Damai secara virtual

Malang Post – Setelah menyelenggarakan pelatihan di Kota Batu, 18-19 Agustus 2021. Wahid Foundation kembali menggelar pelatihan yang sama: Pelatihan Pencegahan Ekstremisme Kekerasan Melalui Pendekatan Keamanan Insani Berbasis Komunitas. 

Kali ini di Kelurahan Candirenggo dan Gunungrejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada Senin (23/8/2021) melalui daring.

Baca Juga ----------------------------

Sama dengan sebelumnya, tujuan diselenggarakannya pelatihan untuk memperkuat komitmen dan kemitraan dengan aparat kemanan dan pemerintahan di tingkat lokal mulai dari desa, kabupaten, sampai provinsi untuk mengimplementasikan Rencana Aksi Desa Damai (RaDes) yang berbasis Human Security Approach (HSA)  atau kemanan insani. 

Visna Vulovik, Asisten Direktur sekaligus Team Leader Program Desa Damai Wahid Foundation menjelaskan. Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan untuk membangun kesadaran bersama seluruh pihak. Untuk meningkatkan keamanan di tingkat lokal dan menjadi sumbangsih keamanan tingkat nasional. 

“Dari banyak kasus termasuk yang faktual seperti Taliban, pentingnya peran keamanan di tingkat nasional maupun daerah. Maka dari itu, Wahid Foundation mengawal bersama BNP. Bekerja sama untuk melakukan pencegahan terorisme/ekstremisme kekerasan,” ujar Visna saat membuka pelatihan.

Lebih lanjut, Visna juga menjelaskan. Pelatihan itu juga diselenggarakan untuk membangun kemitraan bersama dalam pencegahan intoleransi, ekstremisme, dan radikaliame di tingkat lokal. 

Sebelumnya, Wahid Foundation melalui program Women Participation for Insclusive Society (WISE) – GUYUB yang didukung oleh UN Woman telah menginisiasi perdamaian di tengah masyarakat melalui Program Desa Damai.

Dihelat di dua desa di Malang Raya termasuk Desa Candirenggo dan Gunungrejo. Dalam program tersebut, Kelompok Kerja (Pokja) Desa Damai yang dibentuk telah diberikan penguatan.

Berupa training akses terhadap keadilan dan proteksi perempuan pada komunitas responsif gender. Untuk mengatasi ekstremisme kekerasan dan meningkatkan hak-hak perempuan yang diimplementasikan melalui RaDes Damai, yang mereka susun setelah mengikuti training. 

Seiring berjalannya waktu, ketika Rencana Aksi Desa Damai (RaDes Damai) memasuki tahap implementasi, Wahid Foundation merasa perlu adanya penguatan komitmen dan kemitraan dengan aparat keamanan. Mulai Babinkamtibmas, Babinsa, Linmas Desa/Kelurahan, Polsek, sampai Koramil, kemudian juga dengan aparatur desa, kecamatan, sampai provinsi untuk memastikan implementasi tersebut bisa berjalan. 

Oleh karena itu, Wahid Foundation menambah kerjasama dengan UNODC untuk menyelenggarakan pelatihan  memperkuat pemahaman aparatur ppemerintahan dan keamanan terhadap HSA dan pencegahan ekstremisme kekerasan. 

Pelatihan tersebut diikuti oleh peserta yang terdiri dari aparatur pemerintahan lokal baik struktural maupun kultural dan aparat kemananan yang berasal dari dua desa tersebut. Setelah mengikuti pelatihan, semua peserta diharapkan  mampu memahami secara substansial konsep HSA atau keamanan insani dan PVE (Preventing Violent Extremisme) atau Pencegahan Ekstremisme Kekerasan untuk memperkuat pelaksanaan Rencana Aksi Desa/Kelurahan Damai yang mengedepankan kesejahteraan, keselamatan manusia dan pembangunan yang berkelanjutan.

Rencananya, kegiatan pelatihan tersebut akan berlangsung selama dua hari dari 23-24 Agustus 2019 dan dihadiri sejumlah pemateri undangan diantaranya Brigjen Pol R Ahmad Nurwahid Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, KH Moqsith Ghozali Ketua Lajnah Bahsul Masail PBNU, Nava Nuraniyah dari IPAC, Ali Fauzi Mantan Kombatan Bom Bali, dan sejumlah pemateri lainnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...