Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Luhut Minta Walikota Malang Tambah 230 Bed, Pindahkan Warga Isoman ke Isoter

PERINTAH: Luhur Binsar Panjaitan saat memberikan arahan ke Walikota Malang Sutiaji (Foto: Mega/Malang Post)

Malang Post – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meminta tiga pimpinan daerah Malang Raya serius tangani kasus Covid. Terutama bagi warga yang isolasi mandiri.

Saat meninjau Safe House di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jl Kawi, Kota Malang. Luhut minta Walikota Malang H Sutiaji untuk menambah bed di Isoter itu.

Baca Juga ----------------------------

“Saya minta ke Pak Walikota. Untuk ditambah lagi 230 bed,” ujarnya saat menyapa warga yang menjalani perawatan di Isoter Kawi itu, Jumat (13/8/2021) pagi.

Setelah menerima kunjungan Menko Marves dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Forkopimda Kota Malang melakukan rapat koordinasi terkait hasil pertemuan dengan dua menteri itu.

Walikota Malang H Sutiaji mengatakan. Pihaknya akan mengutamakan kriteria penanganan pasien isoman yang akan dirawat di Isoter.

“Ini harus diberitahu ke masyarakat luas. Untuk lebih aman ada kriteria siapa yang harus masuk di Isoter. Dalam pembahasan ini, yang akan kita tambahkan. Jumlah bed itu 340 yang terisi 79. Berasal dari antrian puskesmas. Nanti kita juga prioritaskan bagi yang isoman dari laporan RT/RW,” ungkap Sam Sutiaji kepada reporter City Guide 911 FM.

Walikota yang juga kader Partai Demokrat itu menjelaskan. Menko Marves minta agar jajaran TNI-Polri ikut juga dalam penanganan pasien ke Isoter.

“Tadi ditanya Pak Menko dengan seluruh kodim dan polisi. Nanti dalam tiga minggu. Kami minta 250 atau kurang lebih 500. Jadi kita usahakan kita pindahkan dari isoman ke Isoter. Karena hari ini, kita kumpulkan untuk mengetahui jumlah sebenarnya isoman di Kota Malang,” jelasnya.

Dirinya menyebut. Sampai saat ini kendalanya adalah update jumlah isoman dari tracing dan tracking. Sehingga mengganggu dalam memberikan informasi terbaru.

“Karena ada tingkat kesembuhan.  Ada 1400 sekian. Itu berarti mengurangi jumlah isoman. Data ini berasal dari isoman. Ketika sudah sembuh, maka dia akan dikeluarkan dari data jumlah isoman,” terangnya.

“Kota Malang tingkat kesembuhan bagus, 740 orang dua hari lalu. Kemarin ada 400 sekian yang sembuh, hari ini belum ada informasi terbaru,” lanjutnya.

Sam Aji juga menjelaskan soal data yang menjadi bahasan rapat koordinasi dengan Menko Marves dan Menkes RI.

“Masalah testing itu belum masuk ke NAR. Karena kemarin ternyata masuk di golongan kedua pakai antigen termasuk tracing. Testing antigen pun baru tanggal 11 kemarin dari Kemenkes baru boleh masuk ke NAR,” tuturnya.

Ia juga menegaskan, data di Silacak dan Inarisk akan dimaksimalkan secara up to date, agar tidak ada permasalahan soal jumlah tersebut.

“Saya tegaskan, nanti akan ada petugas pendampingan masuk data di silacak dan inarisk. Jadi data itu akan masuk secara berkala, sehingga testing dan tracking bisa maksimal,” tandasnya.

Dalam kegiatan itu, turut hadir juga Wakil Walikota Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, dan Kepala Dinkes Dr Husnul Muarif. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...