Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Perumahan Tanpa Nama di Giripurno Disegel Pol PP

TEGAS: Penyegelan perumahan tak bernama di kawasan Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Kota Batu. (Foto: Ananto Wibowo/Malang Post)

Malang Post – Perumahan tanpa nama ada di Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Bumiaji, Kota Batu. Satpol PP pun menyegel lantaran tak punya izin. Kamis (5/8/2021) telah disidak Komisi A DPRD Kota Batu, DPMPTSP-TK dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Kota Batu. 

Saat sidak, ditemukan dua unit rumah sedang digarap. Selain itu, lahan seluas 5000 meter persegi itu, juga berdiri di lahan putih. Alias lahan pertanian yang tidak boleh digunakan untuk perumahan. 

Baca Juga ----------------------------

Anggota Komisi A DPRD Kota Batu, Jatmiko menerangkan. Perumahan tersebut tidak mengantongi izin sama sekali. Maka, sementara waktu diberhentikan aktivitasnya hingga izin turun. 

“Perumahan ini akan kami pasang police line. Agar seluruh kegiatan yang dilakukan berhenti. Hingga izin-izinnya terbit,” ujar Jatmiko. 

Pemilik perumahan juga diwajibkan melakukan pembersihan sumber air yang tertutup tanah. “Perumahan ini ada di dekat sumber air. Padahal sumber air tersebut digunakan untuk pertanian. Karena itu, longsoran tanah harus segera dibersihkan,” tegasnya. 

Anggota Komisi A, Agung Sugiyono menjelaskan. Untuk pengurusan izin, berdasarkan Perda PSU Kota Batu sebenarnya sangat mudah. Namun banyak pengembang yang mengabaikan dan seenaknya saja. 

“Pengembang harus tahu apa Perda PSU. Jangan seenaknya saja.  Proses perizinan tidak rumit kalau benar-benar diurus. Oleh karena itu, kami merekomendasi perumahan ini ditutup sementara hingga izinnya keluar. Agar tidak ditiru pengembang lain,” tegas Agung. 

Sekretaris Satpol PP Kota Batu, Arief Rachman Ardyasana menjelaskan. Pihaknya bertindak berdasarkan temuan sidak dan rekomendasi dewan.

“Kami sudah melakukan kroscek ke pihak desa dan kecamatan. Mereka tidak tahu ada pembangunan ini. Jika dua level ini belum dilapori, otomatis Pemkot Batu melalui dinas terkait juga belum. Maka dari itu, kami lakukan penyegelan,” ungkapnya. 

Pihaknya segera memanggil pemilik perumahan untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Selain pihak perumahan, kepala desa juga akan dipanggil. 

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Penanaman Modal DPMPTSP-TK Kota Batu, Bambang Priambodo menyampaikan. Pihak perumahan belum melakukan kepengurusan izin sama sekali. Mulai dari KRK, izin lingkungan, izin perumahan dan IMB. 

“Untuk zona, berdasarkan RTRW yang berlaku. Perumahan tersebut berada di kawasan zona putih atau zona pertanian. Artinya tidak boleh dilakukan pembangunan. Sehingga bisa saja pembangunan berhenti di sini. Meski begitu, proses perizinan harus tetap dilakukan,” tuturnya. 

Sementara pemilik perumahan, Darsono alias Bagong membenarkan. Jika pihaknya belum melakukan kepengurusan izin. Karena tidak tahu prosedurnya.

“Pembangunan mulai kami lakukan dua minggu lalu. Saat ini sudah masuk pengerjaan fisik sebanyak dua rumah,” katanya. 

Bagong mengaku. Sebenarnya dia tak berniat menjual perumahan. Namun hanya melakukan penjualan kapling saja. Namun ada sejumlah pembeli yang minta dibangunkan rumah sekalian. 

“Rencananya kami menyiapkan sekitar 30-40 kapling dari luas lahan 5000 meter persegi. Saat ini baru terjual sekitar enam kapling. Untuk masalah izin bangunan, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pembeli. Karena di sini kami hanya jual kapling dan menyediakan akta jual beli (AJB) nya saja,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan masih menggalakkan testing dan tracing sebagai bentuk penanganan covid-19. Contohnya, tim gabungan tingkat kelurahan bersama Puskesmas Janti, menghelat tracing...

Opini

Malang Post –  Hampir dua tahun alam kita berkabut Covid-19 yang memaksa semua orang harus beradaptasi dengan banyak hal. Tak jelas kapankabut itu sirna,...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang dan Polsek jajaran, Jumat (15/10/21) pagi, mengikuti Tes Kesehatan Jasmani (TKJ) personil dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Stadion Kanjuruhan,...

News

Malang Post – Terungkap sudah siapa pembuang bayi baru lahir di Ledoksari, Tumpang, Kamis (15/10/2021) siang. Terungkap pula, ibu bayi yang malu dengan hasil...

Malang Raya

Malang Post — Minggu Legi (17/10/2021) Kota Batu genap berusia 20 tahun. Setelah mendeklarasikan diri menjadi kota administratif pada 17 Oktober 2001 lalu. Ada yang...

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Batu berencana membangun cold storage berkapasitas 200 ton di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Pembangunan itu dilakukan di tanah aset...

headline

Malang Post – Ingin anaknya menjadi seperti Sandiaga Uno, Ibu Wiwit pengusaha kripik yang tengah mengandung calon anak pertama yang sudah dinantikan selama 11 tahun,...

News

Malang Post — Masih ingat peristiwa sebuah mobil box yang menabrak dua kendaraan bermotor di Jl Simpang Majapahit, Kecamatan Klojen, Kota Malang, 7 Oktober 2021...