Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

FEB UMM Undang Dubes RI-Slowakia dan IJB-Net, Bahas Ekspor Impor

DARING : Suasana Mahapreneur 8 yang digelar virtual karena daring. (Foto : Istimewa)

Malang Post – Peluang bisnis diluar negeri sudah saatnya dikembangkan. Maka informasi dan data terkait, punya arti penting. Menjadi dasar pengetahuan pengembangan.

Dalam rangka itu, FEB Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)  Manajemen berkolaborasi.

Baca Juga ----------------------------

Menggelar Mahapreneur 8. Ini merupakan acara tahunan. Khusus membahas bisnis dan usaha. Humas UMM, Jumat (30/7/2021) siang, menyampaikan. Tema kali ini adalah: “Create Export Opportunities in the World of Virtual Business”.

Giat yang dilaksanakan Jumat 16 Juli 2021 ini, mengundang dua pemateri utama. Adiyatwidi Adiwoso Aswadi MA, Duta Besar RI untuk Bratislava, Slowakia dan Fernanda Reza Muhammad, Wakil Ketua Indonesia Japan Business Network (IJB-Net).

Pesertanya luar bisa. 8.000 orang. Berasal dari SMA dan perguruan tinggi se-Indonesia. Berkesempatan membuka Mahapreneur 8 ini, Dekan FEB UMM Dr Idah Zuhroh MM.

Dia menyampaikan. Potensi ekspor Indonesia sangat besar. Apalagi dalam upaya meningkatkan devisa  negara. Maka dari itu, menurut Idah.

Gelaran ini dapat memberikan pandangan akademis kepada mahasiswa. Terkait peluang ekspor yang diimbangi dengan perkembangan teknologi informasi.

“Semoga Mahapreneur 8 ini, bisa memberikan wawasan dan ilmu baru terkait ekspor dan impor bagi para peserta,” harapnya.

Sementara itu, Wike, panggilan Dubes RI-Slowakia. Mengawali materi dengan mengenalkan negara Slowakia pada para peserta. Ia menjelaskan. Negara ini, merupakan negara landlock.  Populasinya 5,4 juta jiwa.

Menurut economic intelligence yang dilakukan KBRI Bratislava. Ada lima produk yang memiliki potensi bagus untuk masuk ke pasar Slowakia.

“Beberapa di antaranya adalah food & beverages, karpet, timah, aksesoris kendaraan dan minyak sawit,” jelas Dubes kelahiran Jakarta tersebut.

Ia juga menuturkan. Impor utama Indonesia dari Slowakia berada di sektor elektronik dan otomatif.

Dilanjutkan olehnya, hubungan ekonomi Indonesia-Slowakia tidak mengendur. Meski berada di masa pandemi.

Hal itu terjadi dikarenakan adanya adaptasi yang dilakukan oleh kedua negara. Dengan memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan bisnis.

Reza, penggilan Wakil Ketua IJB-Net, pada kesempatan yang sama menjelaskan. Indonesia menjadi negara importir terbesar ke-10 di Jepang pada 2017.

Nilai totalnya berada di angka 22,3 milyar USD dari total 753,7 Milyar USD yang ada. Pria yang juga menjadi tenaga teknis Ekspor Center Surabaya itu, juga menyampaikan.

Masyarakat Jepang kini sudah aware dengan makanan serta minuman halal. Ini memberikan peluang bisnis yang besar bagi UMKM Indonesa. Untuk memasarkan produknya di Jepang.

“Peluang-peluang inilah yang harus dimanfaatkan dengan baik. Sehingga dapat membantu perkenomian negara,” tegasnya mengakhiri. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Masih menjadi polemik, beredarnya video viral Walikota Malang bersama rombongan mengunjungi Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Kini menjadi sorotan Malang...

News

Malang Post – Sang ibu diduga meninggal tidak wajar. Putranya pun lapor ke Polresta Malang Kota. Kematian warga Jl Emprit Kecamatan Sukun, Kota Malang...

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post — Setahunan tersangka RP (29) warga ber-KTP Desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang pakai narkoba jenis Sabu (SS). Alasannya demi tahan rasa kantuk karena...