Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

VEDC Bakal Dijadikan Safehouse, Pemkot Malang Siapkan Pos Isolasi Terpadu Tiap Kecamatan

ISOTER: Walikota Malang Sutiaji (dua dari kanan) bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat di Bakorwil III Malang, Senin (26/7/2021) membahas penyediaan tempat isolasi terpadu di tiap kecamatan. (Foto: istimewa)

Malang Post – Banyak kasus, warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) belum terpantau maksimal. Termasuk di Kota Malang. Dinkes Kota Malang mencatat jumlah pasien yang menjalani isoman sebanyak 1.634 orang. Ini pun cenderung fluktuatif. Karena setiap hari, terdapat pasien yang selesai isoman maupun baru memulai.

Banyak warga yang melakukan pemeriksaan mandiri dengan hasil positif, baik antigen maupun PCR. Kemudian isoman. Seharusnya mereka tetap lapor ke puskesmas. Melalui RT/RW/Kelurahan setempat. Agar petugas puskesmas bisa melakukan pemantauan sehari-hari.

Baca Juga ----------------------------

Ini membuat Pemprov Jatim mewacanakan isolasi terpadu (isoter). Konsep tersebut sebenarnya diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing. Termasuk lokasi penempatannya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan. Banyak kasus warga isoman yang tidak tertangani. Sehingga menimbulkan kejadian fatal. Jika nanti isoter sudah ada, akan lebih mudah dalam memonitoring satu per satu.

“Kita berharap jika ada dinamika dari gejala-gejala, segera ada tindakan yang lebih cepat. Maka setiap ruang isoter itu harus terkoneksi dengan rumah sakit rujukan,” ujarnya saat berada di halaman Bakorwil III, Kota Malang, Senin (26/7/2021).

Dirinya menjelaskan. Per pukul 16.00 kemarin, untuk Bed Occupancy Rate (BOR) di Jatim sedang mengalami pelandaian.

Ruang ICU (Intensive Care Unit) berada di angka 22 persen. Isolasi sejumlah 77 persen. RS Darurat 54 persen dan rumah karantina 52 persen.

“Ini adalah berita yang harus diantisipasi. Waspadai jangan sampai lengah. Walaupun melandai, BOR-nya sudah mulai menurun, lalu kita longgar. Itu tidak boleh,” tegasnya.

Khofifah juga meminta ke seluruh masyarakat. Agar tetap mempertahankan protokol kesehatan. Dari hilir kaitannya BOR, hingga ke hulu di vaksinasi dan prokes.

“Saya mengajak agar tetap memaksimalkan di hulu. Ayo yang belum divaksin. Pastikan keluarga yang belum divaksin. Kemudian tetap jaga prokes,” imbaunya.

Sementara itu, Walikota Malang, Drs H Sutiaji menjelaskan. Penerapan isolasi terpadu di Kota Malang sudah direncanakan.

Pihaknya sudah mengkalkulasi dan segera mewujudkan safehouse atau isoter di tiap kecamatan. Penambahan jumlah bed juga akan diajukan ke Pemprov Jatim.

“Kalau di Blimbing, ada VEDC. Di sini nanti akan maksimalkan safehouse yang sekarang 97. Nanti mungkin ada tambahan 200 kami maksimalkan,” papar Kadinkes dr Husnul, menguatkan pernyataan Walikota Malang.

Sedangkan safehouse di Rusunawa Universitas Brawijaya (UB) kawasan Dieng, masih belum diisi. Lantaran masih menunggu Memorandum of Understanding dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak UB.

“Untuk safehouse (Rusunawa UB) masih belum diisi. Sekarang masih di tahap (penyusunan) PKS dan tahap penjajakan. Belum MoU,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...