Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Body Lotion Dari Daun Kelor dan Kolagen Ikan Patin, Mampu Cegah Covid

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19.

Indri Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotul Jannah, Kevin dan Alfain Homis Fadil. Dibimbing Muhammad Fakhri S.Pi M.P M.Sc.

Baca Juga ----------------------------

Mereka membuat body lotion ini, terinspirasi dari maraknya penggunaan handsanitizer. Namun justru menyebabkan dehidrasi pada kulit hingga menjadi kering.

Body lotion masih menjadi solusi bagi kebanyakan orang. Karena memiliki manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit.

Namun, penggunaan bahan sintetis seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan paraben, memiliki efek negatif. Dalam pemakaian jangka panjang, terbukti bisa beracun karena bersifat karsinogenik.

Mengatasi permasalah tersebut, kelima mahasiswa ini membuat lotion tubuh plus plus. Lantaran tak hanya berfungsi sebagai lotion. Tapi juga berfungsi sebagai handsanitizer. Keunggulannya tidak bersifat karsinogenik dan tidak bikin dehidrasi kulit.

Mereka memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor. Kolagen kulit ikan patin bernama MORISTIN atau MORInga oleifera dan kulit ikan paTIN. Sekaligus dijadikan nama produk mereka.

PRODUK: Body lotion Moristin sebagai alternatif lotion dan handsanitizer (Foto; Istimewa)

“Kandungan daun kelor. Seperti apilin, epicatechin dan hesperetin memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2). Dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2. Selain itu, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan mencegah penuaan dini. Mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit,” kata Indri, mewakili timnya.

Moristin merupakan produk perawatan kulit yang aman dan sehat. Memberikan perlindungan yang lebih. Sekaligus tidak menimbulkan efek samping apabila digunakan secara rutin.

Moristin diformulasikan sebagai body lotion antiseptik yang kaya antioksidan. Mampu membuat kulit lembab dan sehat. Melindungi dari sinar UV serta terhindar dari ancaman bakteri dan virus.

Moristin hadir dalam tiga varian. Diantaranya Orange Fresh, Choco Melt dan Vanilla Sweet yang dikemas dalam dua ukuran yaitu 250 ml dengan harga Rp 50.000 per botol dan 60 ml dengan harga Rp 15.000 per botol.

Moristin sudah tersebar komersil di online store Shopee (@moristin.id) dan Tokopedia (moristin_id). Selain platform untuk penjualan online, Moristin juga hadir dalam laman aktif Instagram (@moristin.id). Agar para pembeli dapat mengetahui info terbaru dari produk tersebut.

“Dengan hadirnya produk body lotion Moristin ini, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Menjaga diri di masa pandemi ini, tanpa perlu khawatir akan efek samping dari penggunaan produk body lotion secara rutin,” imbuh Indri.

Moristin berhasil mendapatkan pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Polres Malang geber percepatan vaksinasi bagi masyarakat dan pelajar di Kabupaten Malang. Kali ini vaksinasi 5000 dosis, bagi pelajar dan masyarakat...

headline

Malang Post – Masih menjadi polemik, beredarnya video viral Walikota Malang bersama rombongan mengunjungi Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Kini menjadi sorotan Malang...

News

Malang Post – Sang ibu diduga meninggal tidak wajar. Putranya pun lapor ke Polresta Malang Kota. Kematian warga Jl Emprit Kecamatan Sukun, Kota Malang...

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...