Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Lomba Film Profil Desa Pancasila Marakkan Bulan Bung Karno di Kabupaten Malang

Penanggung Jawab Lomba, Abdul Qodir.

Malang Post – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Malang menggelar lomba pembuatan Film Pendek “Profil Desa Pancasila”. Diproyeksikan untuk menyemarakkan bulan sang proklamator, Bung Karno. 

Memperebutkan trophi Ketua DPR RI, Puan Maharani, trophi Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah dan trophi Ketua Umum Dekopin Sri Untari.

Baca Juga ----------------------------

Penanggung jawab kegiatan, Abdul Qodir mengatakan. Lomba tersebut digelar sebagai upaya menjaga marwah dan terus memperkokoh Ideologi Pancasila untuk tetap menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

“Sebagaimana arahan Ibu Ketum (Ketua Umum), kita mulai dari masyarakat desa, di tengah perkembangan zaman yang semakin modern dengan menggali ide, pemikiran, cita-cita, gagasan dan perjuangan Bung Karno,” terang Abdul Qodir.

Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini menjelaskan, kegiatan lomba pembuatan Film Pendek “Profil Desa Pancasila” tersebut untuk membangun Indonesia mulai dari desa.

“Jika desa kuat, maka Indonesia mampu berdiri di atas kaki sendiri. Itulah Indonesia maju yang berdaulat, Indonesia yang berakar dan bertumpu pada desa yang kuat,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Adeng itu mengatakan, desa sebagai ujung tombak pemerintahan. Berada di garda terdepan pelayanan publik. Sekaligus tempat hidupnya tradisi dan adat istiadat.

Selain itu, menurutnya desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa.

“Bung Karno mengingatkan bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara. Kebijakan dan program pembangunan haruslah menitik-beratkan pada pemberdayaan desa,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Darmadi menuturkan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang untuk menyemarakkan Bulan Bung Karno.

“Untuk program Bulan Bung Karno kita sudah menyiapkan beberapa kegiatan. Yang pertama kemarin kita sudah melakukan doa bersama dan tumpengan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila,” bebernya.

Terkait lomba Profil Desa Pancasila, Ketua DPRD Kabupaten Malang ini berharap dapat semakin menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

Hal ini untuk semakin memupuk kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air dan merawat Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Sehingga dalam lomba ini akan menciptakan banyak desa-desa Pancasila di wilayah Kabupaten Malang,” pungkas Darmadi.

Sebagai informasi, lomba tersebut terbuka untuk umum. Namun ada syarat dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin mengikutinya. Yakni peserta harus warga Malang Raya, tentu mencakup 3 daerah yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. 

Peserta harus berkelompok, bukan perorangan. Peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya. Dimana dalam satu video hanya boleh berisi satu desa. Dan tentunya, desa yang diceritakan hanya boleh desa yang ada di Kabupaten Malang. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...