Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Kasus Covid Melonjak, RS Wava Husada Imbau Masyarakat Patuhi 5M

RS Wava Husada, Kepanjen Kabupaten Malang. (istimewa)

Malang-Post – Covid-19 kembali memanas. Hal itu ditunjukan dengan melonjaknya kasus-kasus baru Covid di sejumlah daerah. Termasuk di Kabupaten Malang.

Bahkan saat ini, upaya pemerintah dinilai sedikit lebih berat. Pasalnya, juga telah ditemukan sejumlah kasus baru dengan virus Covid-19 yang telah bermutasi. 

Baca Juga ----------------------------

Lonjakan kasus Covid-19 tersebut juga dapat dilihat di sejumlah Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan untuk pasien Covid-19. Seperti yang terjadi di RS Wava Husada, Kepanjen Kabupaten Malang. 

Hal itu disampaikan oleh Manager Marketing RS Wava Husada, Rini Minarsih saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (27/6/2021) siang. Pihaknya mencatat, saat ini sebanyak 47 tempat tidur (TT) yang disediakan RS Wava Husada untuk pasien Covid-19, sudah terisi semua. 

“Kalau lonjakan memang iya. Dari TT yang kami sediakan sebanyak 47, itu sudah terisi semua. Itupun ada yang tertahan di IGD (Intalasi Gawat Darurat) 3 (pasien), kontainer 3. Dan kami sampai terpaksa harus melakukan screening di kendaraan pasien,” ujar Rini. 

Menurut Rini, sebenarnya pihak RS Wava Husada sudah mencatat adanya lonjakan pasien Covid-19 ini sejak dua pekan pasca Hari Raya Idul Fitri lalu. Hingga saat ini, lonjakan pasien Covid-19 yang terjadi di RS Wava Husada mencapai lebih dari 95 persen. 

(istimewa)

“Kalau lonjakannya itu iya benar sejak pasca lebaran. Tepatnya setelah dua pekan (pasca lebaran). Itu berangsur 45 persen, 65 persen, 85 persen dan hingga saat ini mungkin mencapai 95 persen lebih,” imbuh Rini. 

Bahkan, lonjakan yang terjadi ternyata membuat RS Wava Husada menjadi kewalaha. Ditambah dengan keterbatasan ruang maupun fasilitas lain, seperti ventilator. Atau, jika pasien Covid-19 dengan keluhan yang terbilang ringan, masih ditawarkan fasilitas lain, yakni Telemedicine. 

“Jadi ada paketan, layanan Telemedicine. Jadi untuk pasien (Covid-19) yang tergolong ringan. Itu pertama screening kami beri resep vitamin dan lainnya. Lalu yang bersangkutan akan menjalani isolasi mandiri di rumah. Dan setiap hari, ada tim kami yang video call pasien tersebut,” jelas Rini. 

Sementara itu, dari catatannya, pasien baru Covid-19 lebih tidak dapat diprediksi dari segi usia. Artinya, usia muda atau remaja di sekitar 27 tahun pun juga rentan terpapar Covid-19. Meskipun, untuk pasien yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, juga masih memiliki risiko yang tinggi.

“Kalau usianya semakin unpredictable. Yang usia muda pun ada. Kalau sekarang kan ada pasien yang pulang atas permintaan sendiri. Kalau ada pasien yang seperti itu, kami koordinasikan dengan pihak Puskesmasnya,” terang Rini. 

Sehingga, dengan adanya lonjakan tersebut, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap lebih waspada. Salah satunya dengan tetap menerapkan 5M. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Apalagi setelah ditemukannya Covid-19 varian Delta.

“Semoga di sini (Malang) tidak ada. Kalau kami antisipasinya, di case-case tertentu kami kirimkan samplenya ke Laboratoriumnya UNAIR (Universitas Airlangga), apakah varian baru atau tidak. Kalau masyarakat tipsnya harus tetap 5M. Dan untuk nakes, proteksinya harus berlebih,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...

News

Malang Post – Sembab kedua mata Gitta (39) kakak kandung korban Happy Teguh Hartanto atau Hebe (34). Ia berhenti terisak memanggil nama sang adik. Malam...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan tim ke lokasi erupsi Lumajang. Dua tim dengan masing-masing lima orang, berangkat...

Wisata

Malang Post – Memasuki pergantian tahun 2022, Harris Hotel & Conventions Malang resmi meluncurkan package menarik di penghujung tahun. Situasi PPKM yang lebih diperketat di akhir...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus bergerak menjadi universitas bereputasi internasional. Berbagai upaya ditempuh sivitas kampus berlogo Ulul...