Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

LIRA Soroti Rusaknya Fasad RS Kanjuruhan

Kondisi salah satu sisi Fasad RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang yang dibongkar karena keropos dan cenderung membahayakan.

Malang Post – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Malang Raya menyoroti Fasad di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Kabupaten Malang. Berdasarkan informasi, fasad adalah sisi luar atau eksterior sebuah bangunan. Biasanya ada di depan, kadang juga ditempatkan di bagian samping atau belakang bangunan. 

Dari pengamatan yang dilakukan, fasad biasanya digunakan untuk mempercantik arsitektur sebuah bangunan. Pun di RS Kanjuruhan. Keberadaannya, dimungkinkan mempercantik tampilan rumah sakit dari luar. Sayangnya, kondisinya tak lagi utuh. Ini menjadi sorotan beberapa pihak. Salah satunya LIRA Kab Malang.

Baca Juga ----------------------------

Sekda LIRA Malang Raya, Dito Arief mengatakan. Keberadaan Fasad di RS tersebut, perlu dipertanyakan. Sebab, konstruksinya sudah mulai rapuh, di usia yang belum genap dua tahun. 

Sekda DPD LIRA Malang Raya, Dito Arief.

“Itu pembangunan kalau tidak salah akhir 2019. Masalahnya, ada yang mulai keropos. Namun hanya sebagian. Sedangkan sisi lainnya masih utuh,” ujar Dito Arief, Senin (21/6/2021) sore. 

Bahkan, dari pantauan di lapangan, sejumlah bagian fasad tersebut sudah ada yang dibongkar. Menurut Dito, hal itu sengaja dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar tidak roboh dan menimpa orang yang ada di bawahnya. 

“Bukan masalah antisipasinya. Tapi kenapa bisa keropos lalu dibongkar. Sebab kabarnya, bagian yang keropos lalu dibongkar itu materialnya tidak sama dengan sisi fasad yang hingga saat ini masih utuh. Informasinya, yang utuh itu dari baja, dan yang keropos itu dari kayu atau semacam triplek,” jelas mantan anggota DPRD Kota Malang ini. 

Berdasarkan informasi yang ia himpun, anggaran yang digelontorkan untuk pekerjaan Fasad tersebut mencapai lebih dari Rp 1 miliar. Menurutnya, jika dilihat dari kondisi konstruksi yang saat ini sudah mulai keropos, nilai tersebut terbilang cukup fantastis.

“Ya kalau anggarannya sebesar itu untuk pengadaan fasad, ya bisa dibilang besar. Apalagi dalam waktu kurang dari dua tahun sudah ada yang keropos. Bisa jadi tanda tanya besar,” pungkas Dito. 

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Plt Direktur RSUD Kanjuruhan Dr Mahendra Jaya membernarkan. Kondisi Fasad di rumah sakit yang ia pimpin saat ini sedang dibongkar. Meskipun, ia tidak bisa menjelaskan secara lebih terperinci. 

“Iya, sedang dibongkar, sepertinya mungkin sedang dalam pemeliharaan,” ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (21/6/2021) petang. 

Dirinya menyebut, saat ini masih belum menerima informasi lebih detil terkait kondisi fasad tersebut. Pasalnya, dia mengaku baru seminggu menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Kanjuruhan. Dirinya hanya menjelaskan, keberadaan fasad tersebut berfungsi sebagai identitas RSUD Kanjuruhan.

“Secara detil saya belum lihat assesmentnya bagaimana. Makanya nanti akan saya lihat dulu bagaimana assesmentnya. Terkait kapan pembangunannya, bagaimana kondisinya dan penyebab rusaknya. Mungkin bisa juga karena cuaca yang sempat ekstrim. Hujan terus menerus,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...

News

Malang Post – Sembab kedua mata Gitta (39) kakak kandung korban Happy Teguh Hartanto atau Hebe (34). Ia berhenti terisak memanggil nama sang adik. Malam...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan tim ke lokasi erupsi Lumajang. Dua tim dengan masing-masing lima orang, berangkat...

Wisata

Malang Post – Memasuki pergantian tahun 2022, Harris Hotel & Conventions Malang resmi meluncurkan package menarik di penghujung tahun. Situasi PPKM yang lebih diperketat di akhir...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus bergerak menjadi universitas bereputasi internasional. Berbagai upaya ditempuh sivitas kampus berlogo Ulul...