Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pupuk Nasionalisme, Dandim Beri Wasbang pada Mahasiswa ITB Asia

Foto : Kodim 0833/Kota Malang

Malang Post – Dandim 0833/Kota Malang memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang pada Kamis (17/6/2021) siang.

Bertempat di Aula Harvard ITB Asia Malang, Jl. Soekarno-Hatta / Remboksari, Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Baca Juga ----------------------------

Acara yang digelar BEM ITB Asia ini mengangkat tema “Aktualisasi Kepemimpinan Bangsa dalam Mencetak Generasi Muda yang Inovatif Dikalangan Mahasiswa”.

Warek III Istitute Teknologi Asia Malang, Muhammad Rofiq mengapresiasi keterlibatan banyak pihak dalam peningkatan wawasan kebangsaan bagi para mahasiswanya. 

“Terimakasih kepada narasumber dan segenap pihak yang telah membantu berjalannya acara hari ini. Meskipun di tengah keterbatasan pada masa pandemi, semoga ilmu yang kita dapat hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya. 

Foto : Kodim 0833/Kota Malang

Sementara Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E., M. Tr. (Han) memaparkan sejumlah permasalah bangsa di tengah gempuran budaya asing saat ini.

“Masalah-masalah yang dihadapi saat ini adalah mulai lunturnya jiwa nasionalisme melalui budaya asing yang masuk ke Indonesia,” paparnya. 

Ia juga menekankan pentingnya semangat bela negara, untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. 

“Bela negara merupakan kewajiban kita sebagai warga yang dijiwai kecintaan terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ujar Letkol Ferdian. 

“Rasa kebangsaan merupakan pemahaman rakyat dan masyarakat terhadap bangsa dan negara serta terhadap kemerdekaannya,” tambahnya. 

Lebih lanjut menurutnya, wawasan kebangsaan sangat penting untuk mencegah potensi konflik elit, krisis ekonomi, pudarnya nasionalisme, tidak berperannya ideologi dan hancurnya solidititas.

“Mari kita wujudkan bangsa yang berwawasan kebangsaan menuju Indonesia yang aman, damai, maju, bermartabat, berkeadilan, demokratis dan sejahtera,” tukasnya. 

Diharapkan acara ini menjadi pelecut semangat cinta tanah air dan bela negara bagi segenap civitas akademika ITB Asia, utamanya para mahasiswa sebagai generasi penerus. (avi) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

SAYA menghubungi beberapa pengusaha besar. Apakah mereka ”tersinggung” oleh Aki. Terutama setelah Aki –begitu Akidi Tio biasa dipanggil–  tiba-tiba menyumbang Rp 2 triliun kepada...

Malang Raya

Malang Post – PMII Kota Malang, Kamis (29/7/2021) melakukan audiensi dengan Walikota Malang, Drs H Sutiaji. Terkait penerapan PPKM Level 4 di Kota Malang. Berlangsung...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) melakukan Pengabdian Masyarakat. Memberikan bantuan 800 paket sembako dan paket kesehatan. Sasarannya, beberapa panti asuhan yang tersebar...

headline

Malang Post – PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) melanjutkan lagi program berbagi. Sasarannya masih warga yang terdampak pandemi Covid. Agar membantu meringankan beban warga. Khususnya...

Kuliner

Malang Post – Kondisipandemi Covid-19 belum usai. Saat ini pemerintah menggeber vaksinasi. Namun, masih ada masyarakat yang enggan vaksin dengan berbagai alasan. Fakta ini ternyata memunculkan...

News

Malang Post – Luka bakar serius diderita Yila Arbahana (52). Akibat kebakaran di rumahnya. Kamis (29/7/2021) siang. Warga , sekitar Jl Sanan Gang 2 No.12...

Dahlan Iskan

Tidak punya uang pusing. Dapat uang Rp 2 triliun juga pusing. Coba pikir, mau diapakan uang sebanyak itu. Misalkan saya jadi Irjen Pol Eko...

News

Malang Post – Kepedulian sosial saat ini benar-benar diuji. Tak perlu jauh. Perhatian terhadap orang didekat kita. Mereka yang terpapar Covid. Pasti butuh support. Seperti...