Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pupuk Nasionalisme, Dandim Beri Wasbang pada Mahasiswa ITB Asia

Foto : Kodim 0833/Kota Malang

Malang Post – Dandim 0833/Kota Malang memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang pada Kamis (17/6/2021) siang.

Bertempat di Aula Harvard ITB Asia Malang, Jl. Soekarno-Hatta / Remboksari, Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Baca Juga ----------------------------

Acara yang digelar BEM ITB Asia ini mengangkat tema “Aktualisasi Kepemimpinan Bangsa dalam Mencetak Generasi Muda yang Inovatif Dikalangan Mahasiswa”.

Warek III Istitute Teknologi Asia Malang, Muhammad Rofiq mengapresiasi keterlibatan banyak pihak dalam peningkatan wawasan kebangsaan bagi para mahasiswanya. 

“Terimakasih kepada narasumber dan segenap pihak yang telah membantu berjalannya acara hari ini. Meskipun di tengah keterbatasan pada masa pandemi, semoga ilmu yang kita dapat hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya. 

Foto : Kodim 0833/Kota Malang

Sementara Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E., M. Tr. (Han) memaparkan sejumlah permasalah bangsa di tengah gempuran budaya asing saat ini.

“Masalah-masalah yang dihadapi saat ini adalah mulai lunturnya jiwa nasionalisme melalui budaya asing yang masuk ke Indonesia,” paparnya. 

Ia juga menekankan pentingnya semangat bela negara, untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. 

“Bela negara merupakan kewajiban kita sebagai warga yang dijiwai kecintaan terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ujar Letkol Ferdian. 

“Rasa kebangsaan merupakan pemahaman rakyat dan masyarakat terhadap bangsa dan negara serta terhadap kemerdekaannya,” tambahnya. 

Lebih lanjut menurutnya, wawasan kebangsaan sangat penting untuk mencegah potensi konflik elit, krisis ekonomi, pudarnya nasionalisme, tidak berperannya ideologi dan hancurnya solidititas.

“Mari kita wujudkan bangsa yang berwawasan kebangsaan menuju Indonesia yang aman, damai, maju, bermartabat, berkeadilan, demokratis dan sejahtera,” tukasnya. 

Diharapkan acara ini menjadi pelecut semangat cinta tanah air dan bela negara bagi segenap civitas akademika ITB Asia, utamanya para mahasiswa sebagai generasi penerus. (avi) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...