Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pupuk Nasionalisme, Dandim Beri Wasbang pada Mahasiswa ITB Asia

Foto : Kodim 0833/Kota Malang

Malang Post – Dandim 0833/Kota Malang memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang pada Kamis (17/6/2021) siang.

Bertempat di Aula Harvard ITB Asia Malang, Jl. Soekarno-Hatta / Remboksari, Kel. Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Baca Juga ----------------------------

Acara yang digelar BEM ITB Asia ini mengangkat tema “Aktualisasi Kepemimpinan Bangsa dalam Mencetak Generasi Muda yang Inovatif Dikalangan Mahasiswa”.

Warek III Istitute Teknologi Asia Malang, Muhammad Rofiq mengapresiasi keterlibatan banyak pihak dalam peningkatan wawasan kebangsaan bagi para mahasiswanya. 

“Terimakasih kepada narasumber dan segenap pihak yang telah membantu berjalannya acara hari ini. Meskipun di tengah keterbatasan pada masa pandemi, semoga ilmu yang kita dapat hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya. 

Foto : Kodim 0833/Kota Malang

Sementara Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E., M. Tr. (Han) memaparkan sejumlah permasalah bangsa di tengah gempuran budaya asing saat ini.

“Masalah-masalah yang dihadapi saat ini adalah mulai lunturnya jiwa nasionalisme melalui budaya asing yang masuk ke Indonesia,” paparnya. 

Ia juga menekankan pentingnya semangat bela negara, untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. 

“Bela negara merupakan kewajiban kita sebagai warga yang dijiwai kecintaan terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ujar Letkol Ferdian. 

“Rasa kebangsaan merupakan pemahaman rakyat dan masyarakat terhadap bangsa dan negara serta terhadap kemerdekaannya,” tambahnya. 

Lebih lanjut menurutnya, wawasan kebangsaan sangat penting untuk mencegah potensi konflik elit, krisis ekonomi, pudarnya nasionalisme, tidak berperannya ideologi dan hancurnya solidititas.

“Mari kita wujudkan bangsa yang berwawasan kebangsaan menuju Indonesia yang aman, damai, maju, bermartabat, berkeadilan, demokratis dan sejahtera,” tukasnya. 

Diharapkan acara ini menjadi pelecut semangat cinta tanah air dan bela negara bagi segenap civitas akademika ITB Asia, utamanya para mahasiswa sebagai generasi penerus. (avi) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Ny Tari Ferdian Primadhona memantau vaksinasi untuk pelajar SMP. Tari,...

Pendidikan

Malang Post – Bupati Malang HM Sanusi berjanji akan menaikan insentif  bagi guru Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) menjadi dua juta rupiah. Direalisasikan tahun...

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...