Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Perbaikan Jalan Desa Srigonco Terpaksa Tunggu JLS Rampung

Kerusakan jalan yang sempat terjadi di Desa Srigonco Kecamatan Bantur sebagai akses menuju JLS

Malang Post – Rusaknya infrastruktur jalan di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang banyak dikeluhkan masyarakat. Baik wisatawan, maupun warga sekitar. Pasalnya, akses jalan tersebut menjadi salah satu akses utama untuk menuju wisata pantai yang berjajar di sepanjang Jalur Lintas Selatan. 

Dari informasi yang dihimpun, kabarnya jalan tersebut akan mulai diperbaiki secara utuh pada tahun 2022. Oleh pihak pengembang proyek pembangunan JLS. 

Baca Juga ----------------------------

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni, rusaknya jalan tersebut memang diakibatkan banyaknya kendaraan berat pengangkut material pembangunan JLS. Yang saat ini, proyek tersebut masih sedang berjalan. 

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni

“Kerusakan jalan itu (Desa Srigonco, Bantur) diakibatkan karena banyaknya kendaraan proyek (Dump Truk) yang melintas untuk pembangunan jalan JLS,” ujar Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni di Kantor DPRD Kabupaten Malang, Selasa (15/6/2021) siang. 

Romdhoni menjelaskan, pihak JLS pun juga telah bersedia untuk melakukan perbaikan jalan tersebut. Namun memang untuk pelaksanannya, diperkirakan akan dimulai setelah proye JLS tahap II ini rampung. Yakni pada tahun 2022. 

“Hasil koordinasi itu, penanggung jawab proyek siap memperbaikinya setelah pembangunan JLS sisi barat (Malang-Blitar) rampung. Informasinya, selesai di Bulan Februari 2022 mendatang,” terangnya.

Sementara itu menurutnya, jika dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memaksakan untuk melakukan perbaikan, dikhawatirkan akan sia-sia.

Pasalnya, selama pengerjaan JLS belum rampung, maka kemungkinannya kendaraan besar pengangkut material yang melintas berpotensi menimbulkan kerusakan yang sama. 

Jalan di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur juga rusak, yang menjadi jalur alternatif selain ruas jalan di Desa Srigonco.

“Awalnya rencana pengiriman terakhir material JLS itu di bulan Mei atau setelah Lebaran. Tapi, hingga sekarang proses pengiriman material masih terus berlanjut,” imbuh dia. 

Untuk itu, tambah Romdhoni, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar bersabar terlebih dahulu, apabila banyak jalan yang rusak atau berlubang di Kecamatan Bantur hingga menuju arah JLS Pantai Selatan. 

“Jadi harus menunggu itu selesai dulu. Karena jika dipaksakan untuk segera diperbaiki, jalur di sana juga tak akan awet dan cepat rusak. Jadi sementara bisa diperbaiki dengan batuan agregat,” terangnya.

Sementara itu, untuk akses jalan di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur yang juga sempat menjadi jalur pengalihan saat jalur Srigonco ditutup, Romdhoni belum bisa memastikan kapan akan mulai diperbaiki. 

Namun, dirinya memastikan bahwa untuk ruas jalan di Desa Sumberbening, merupakan tanggung jawab Pemkab Malang. Sehingga untuk pengerjaannya, akan melalui Anggatan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

“Kalau jalan (Sumberbening) itu, jadi tanggungannya Kabupaten Malang. Jadi nanti akan kita anggarkan di APBD. Namun belum tau kapan, karena masih refocusing. Tapi nanti begitu ada kesempatan, akan segera kita ajukan,” pungkas Romdhoni. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...

Malang Raya

Malang Post – Tren kasus Covid klaster keluarga di Kota Malang, masih menunjukkan kenaikan setiap harinya. Bahkan hingga meninggal dunia, saat dijemput ambulans menuju ke rumah...