Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Verifikasi Rumah Rusak Korban Gempa Target Rampung Pekan Ini

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq. (kiki wijaya)

Malang-Post – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang berharap, proses verifikasi rumah rusak akibat gempa bisa rampung pekan ini. Pasalnya, jika data tersebut sudah terverifikasi hingga 100 persen, bantuan dari pemerintah pusat dapat dicairkan. 

Sementara itu, dalam melakukan verifikasi, saat ini BPBD bekerja sama dengan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang. 

Baca Juga ----------------------------

“Ya sekarang ‘kan verifikasinya sedang dalam proses. Dilakukan Dinas Cipta Karya (DPKPCK),” ujar Kepaa BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, Senin (14/6/2021).

Data terkait rumah rusak akibat gempa beberapa waktu lalu itu menjadi syarat wajib. Sebab, penyaluran bantuan dari Pemerintah Pusat nantinya harus by name dan by address. 

“Harus itu (verifikasi). Karena nanti by name, by address. Dan penyalurannya, by rekening. Kami berharap bisa selesai minggu ini,” imbuh Bambang.  

Secara umum, Bambang menyebut bahwa dalam proses ini tidak ada kendala yang ditemui. Hanya saja memang, mengingat wilayah Kabupaten Malang yang begitu luas, sehingga prosesnya pun membutuhkan waktu. 

“Kalau kendala sih enggak. Hanya saja wilayahnya kan luas. Kalau mungkin verifikasisatu RT bisa mudah. Tapi ini ‘kan tersebar di 32 Kecamatan,” tegas Bambang. 

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang juga berharap, agar proses verifikasi tersebut bisa segera dirampungkan. 

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan. (kiki wijaya)

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq membenarkan. Bahwa bantuan tersebut nantinya akan diberikan sesuai dengan tingkat kerusakan rumah yang bersangkutan. Artinya, proses verifikasi juga untuk menentukan kategori kerusakan rumah. Apakah rusak ringan, sedang atau bahkan berat. 

“Sebenarnya, kami minta agar bisa rampung secepatnya. Agar bisa segera disalurkan. Nanti ‘kan dikategorikan (rumah) yang rusak ringan, sedang atau berat,” ujar Zia. 

Selain itu, Zia menjelaskan, nantinya bantuan tersebut akan disalurkan melalui rekening. Bagi warga yang rumahnya rusak ringan dan sedang. Sementara yang rumahnya rusak berat, bantuan akan disalurkan melalui pembangunan rumah.

Menurutnya, hal itu juga bisa menjawab keresahan masyarakat yang menjadi korban gempa. Pasalnya, sejumlah warga sempat mengaku kebingungan untuk memperbaiki rumahnya yang rusak. 

“Jadi Insya Allah, enggak usah khawatir. Karena nanti ‘kan yang diberikan fresh (money) melalui rekening. Jadi jangan khawatir yang sudah terlanjur memperbaiki rumahnya. Sementara yang rusak berat, diminta untuk menyediakan ruang kosong agar bisa dibangunkan pemerintah,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Ny Tari Ferdian Primadhona memantau vaksinasi untuk pelajar SMP. Tari,...

Pendidikan

Malang Post – Bupati Malang HM Sanusi berjanji akan menaikan insentif  bagi guru Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) menjadi dua juta rupiah. Direalisasikan tahun...

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...