Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Verifikasi Rumah Rusak Korban Gempa Target Rampung Pekan Ini

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq. (kiki wijaya)

Malang-Post – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang berharap, proses verifikasi rumah rusak akibat gempa bisa rampung pekan ini. Pasalnya, jika data tersebut sudah terverifikasi hingga 100 persen, bantuan dari pemerintah pusat dapat dicairkan. 

Sementara itu, dalam melakukan verifikasi, saat ini BPBD bekerja sama dengan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang. 

Baca Juga ----------------------------

“Ya sekarang ‘kan verifikasinya sedang dalam proses. Dilakukan Dinas Cipta Karya (DPKPCK),” ujar Kepaa BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, Senin (14/6/2021).

Data terkait rumah rusak akibat gempa beberapa waktu lalu itu menjadi syarat wajib. Sebab, penyaluran bantuan dari Pemerintah Pusat nantinya harus by name dan by address. 

“Harus itu (verifikasi). Karena nanti by name, by address. Dan penyalurannya, by rekening. Kami berharap bisa selesai minggu ini,” imbuh Bambang.  

Secara umum, Bambang menyebut bahwa dalam proses ini tidak ada kendala yang ditemui. Hanya saja memang, mengingat wilayah Kabupaten Malang yang begitu luas, sehingga prosesnya pun membutuhkan waktu. 

“Kalau kendala sih enggak. Hanya saja wilayahnya kan luas. Kalau mungkin verifikasisatu RT bisa mudah. Tapi ini ‘kan tersebar di 32 Kecamatan,” tegas Bambang. 

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang juga berharap, agar proses verifikasi tersebut bisa segera dirampungkan. 

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan. (kiki wijaya)

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq membenarkan. Bahwa bantuan tersebut nantinya akan diberikan sesuai dengan tingkat kerusakan rumah yang bersangkutan. Artinya, proses verifikasi juga untuk menentukan kategori kerusakan rumah. Apakah rusak ringan, sedang atau bahkan berat. 

“Sebenarnya, kami minta agar bisa rampung secepatnya. Agar bisa segera disalurkan. Nanti ‘kan dikategorikan (rumah) yang rusak ringan, sedang atau berat,” ujar Zia. 

Selain itu, Zia menjelaskan, nantinya bantuan tersebut akan disalurkan melalui rekening. Bagi warga yang rumahnya rusak ringan dan sedang. Sementara yang rumahnya rusak berat, bantuan akan disalurkan melalui pembangunan rumah.

Menurutnya, hal itu juga bisa menjawab keresahan masyarakat yang menjadi korban gempa. Pasalnya, sejumlah warga sempat mengaku kebingungan untuk memperbaiki rumahnya yang rusak. 

“Jadi Insya Allah, enggak usah khawatir. Karena nanti ‘kan yang diberikan fresh (money) melalui rekening. Jadi jangan khawatir yang sudah terlanjur memperbaiki rumahnya. Sementara yang rusak berat, diminta untuk menyediakan ruang kosong agar bisa dibangunkan pemerintah,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...