Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Strategis, Kerjasama UB dan BIG di Bidang Data Geospasial

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., menandatangani MoU dengan Prof. Dr. Rer. Nat. Muhammad Aris Marfai, S.Si., M.Sc, Kepala BIG pada Kamis (27/5/2021) kemarin.

Malang Post – Menindaklanjuti MoU Universitas Brawijaya (UB) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Kamis (27/5/2021) kemarin, Pusat Layanan Data dan Sistem Informasi UB melakukan perjanjian kerjasama dengan BIG di Swiss-Bellinn Malang, pada Jumat (28/5/2021) pagi.

Koordinator Kelembagaan dan Pembinaan Simpul Jaringan, Badan Informasi Geospasial Aris Haryanto, S.Kom., M.T mengatakan, kerjasama dengan UB merupakan langkah strategis.

Baca Juga ----------------------------

Ia menyebut BIG memiliki berbagai program, salah satunya adalah ekspansi Pusat Pengambangan Informasi Data Spasial (PPIDS) di coverage area Jawa Timur. Nantinya UB bisa mewadahi jaring informasi geospasial daerah pemda area Jawa Timur.

Dengan begitu, laporan data dan keluhan dari masing-masing PPIDS daerah tidak harus ke pusat cukup ke UB saja.

“Program BIG salah satunya adalah ekspansi Pusat Pengambangan Informasi Data Spasial (PPIDS) di coverage area Jawa Timur dan UB dirasa strategis dengan ekspansi ini,” katanya.

“Selain program tersebut, kami juga meminta kerjasama agar UB mewadahi jaring informasi geospasial daerah di pemerintah daerah area Jawa Timur, sehingga laporan data dan keluhan dari masing-masing PPIDS daerah tidak harus ke pusat, cukup ke UB saja,” imbuhnya.

Sementara perwakilan Pusat Layanan Data dan Sistem Informasi Universitas Brawijaya Dr. Ir. Atiek Iriany, MS mengatakan, LPPM UB memiliki sejumlah pusat studi dan layanan, salah satunya yang menangani analisis data dan sistem informasi. Salah satu fokusnya adalah yang berkaitan dengan geospasial yang saat ini banyak dibutuhkan masyarakat.

“Ada tiga bidang yang dikerjasamakan dengan Badan Informasi Geospasial, yakni pemetaan lahan, pembentukan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) dan ada juga penelitian yang dilakukan dengan BIG,” jelas Atiek.

Saat ini tengah dilakukan pembahasan detail terkait kerjasama dan persiapan pembentukan PPIIG di UB.

Adipandang Yudono, S. Si., MURP., Ph.D yang membidangi geospasial di Pusat Layanan Data dan Sistem Informasi Universitas Brawijaya menjalaskan, informasi geospasial dapat didefinisikan sebagai semua informasi yang menyangkut lokasi dan keberadaan suatu objek pada permukaan bumi. Informasi ini berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Geospasial , yakni ilmu dasar yang menginformasikan terkait kebumian. Jadi kebumian tersebut adalah gambaran mengenai kondisi darat, laut, seperti apa dan sebagainya. Karena kita sebagai manusia sangat terkait sekali dengan dunia ini. Jadi geospasial ini sangat memberikan peranan yang penting di kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sebelumnya, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS., menandatangani MoU dengan Prof. Dr. Rer. Nat. Muhammad Aris Marfai, S.Si., M.Sc, Kepala BIG pada Kamis (27/5/2021) kemarin.

Bertempat di Ruang Jamuan lantai 6 Gedung Rektorat UB. Penandatanganan MoU ini menjadi langkah awal kolaborasi UB dengan BIG di beberapa bidang, baik yang berkaitan dengan pendidikan maupun pengabdian. (avi)

>>>>> Simak Video Selengkapnya di Arema TV

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menjadi desa kedua yang dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Polres Batu. Sebelumnya di...

Malang Raya

Malang Post – Kuota penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bertambah. Hal ini setidaknya menjadi sedikit angin segar...

headline

Malang-Post – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, memberikan apresiasi kepada tujuh fakultas atas terobosan, inovasi dan prestasi yang dicapai. Karena kerja keras yang dilakukan di...

Malang Raya

Malang-Post – Rencana sekolah tatap muka masih menuai pro kontra. Khususnya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengamat pendidikan menyarankan, pembelajaran berlangsung offline alias...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang tukang jahit, M (50), asal Desa Pesanggrahan, Kota Batu, digelandang Satreskrim Polres Batu, diduga melakukan pelecehan seksual pada sejumlah anak-anak usia...

Malang Raya

Malang Post – AKBP Budi Hermanto resmi menjabat Kapolresta Malang Kota menggantikan Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata. Prosesi penyambutan pejabat baru ini, dilakukan...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Desa (Pemdes) Sengguruh berkomitmen menjadikan wilayahnya bebas dari penyalahgunaan narkoba. Diwujudkan dengan peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) Desa Sengguruh. ...

Malang Raya

Malang Post – Mencegah penyakit atau gangguan kesehatan akibat lingkungan kontinyu dilakukan Dinkes Kota Malang. Melalui upaya preventif, promotif dan kuratif. Agar penyakit akibat...