Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Syamsul Tegaskan Rekrutmen Dewas Tirta Kanjuruhan Sesuai Regulasi

Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi.

Malang Post – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRa) Malang Raya menyoroti proses seleksi Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan. Yang dinilai kurang transparan. 

Sebagai informasi, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Malang, saat ini sudah ditetapkan 3 orang sebagai Dewas Perumda Tirta Kanjuruhan. Yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Asisten II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang Iriantoro dan satu orang dari unsur independent adalah Priyo Sudibyo. 

Baca Juga ----------------------------

Menurut Ketua DPD LIRA Malang Raya, Zuhdy Achmady, ketidaktransparanan ini bisa berdampak pada jalannya Perumda Tirta Kanjuruhan. Ditambah lagi menurutnya, hal itu juga diduga ada lobi-lobi khusus dalam prosesnya. 

Sementara itu dirinya menilai bahwa dalam hal ini, Bupati Malang HM Sanusi memiliki kewenangan untuk bertanggung jawab secara yuridis formal. 

“Karena ini kewenangan Bupati dan SK (Surat Keputusan) nya yang tanda tangan Bupati juga. Namun secara moral, yang harus bertanggung jawab, adalah mereka yang mengatasnamakan dirinya pansel (panitia seleksi). Mungkin saja itu pansel siluman,” ujar pria yang akrab disapa Didik ini. 

Sementara itu, Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa proses seleksi Dewas secara umum sudah sesuai dengan mekanisme  regulasi. 

Namun secara teknis, Syamsul menyebut bahwa proses seleksi hingga pengangkatan Dewas Perumda Tirta Kanjuruhan, sepenuhnya merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 

“Memang sudah kami jelaskan. Bahwa domain dari dewan pengawas adalah pemerintah daerah. Kami selaku direksi menerima. Artinya siapa saja yang ditugaskan menjadi Dewas adalah kewenangan Bupati. Namun dari proses perekrutan, saya amati sudah sesuai dengan mekanisme yang ada,” ujar Syamsul, Jumat (28/5/2021).

Menurut Syamsul, ada perubahan dalam regulasi yang mengatur tentang Dewas. Sebelumnya, berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 2 tahun 2007. Namu sekarang sudah berubah dan mengacu pada Permendagri nomor 37 tahun 2018.

“Di sana (Permendagri nomor 37 tahun 2018) memang sudah jelas. Bahwa sistem perekrutan (Dewas) itu melalui pansel yang dibentuk oleh Kepala Daerah. Baru seleksi dengan melibatkan perguruan tinggi, dengan prosesnya hingga muncul namanya, kebetulan namanya Priyo Sudibyo. Beberapa hari lalu sudah dikeluarkan atas nama Ketua Dewas, dalam hal ini Sekretaris Daerah,” ujar Syamsul. 

Syamsul menegaskan bahwa dalam hal ini dirinya mengaku mengetahui mekanisme seleksi. Namun ia menyebut bahwa Perumda Tirta Kanjuruhan tidak terlibat secara teknis dalam proses seleksi Dewas. 

“Mekanisme saya tahu, tapi ini bicara soal kewenangan. Karena di dalam tata kelola Perumda Tirta Kanjuruhan, itu ada empat organ. Yaitu Kepala Daerah, Dewas Pengawas, Direksi dan Pegawai. Dan proses perekrutan kami tidak diikutkan. Karena fungsinya nanti mengawasi kami (Perumda Tirta Kanjuruhan,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya mendukung program percepatan vaksin yang dicanangkan pemerintah, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) hari ini menggelar vaksinasi massal. Sebanyak 2.500 dosis...

Pendidikan

Malang Post — Tidak hanya pembukaannya saja yang meriah, penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipenuhi penampilan yang atraktif. Mulai...

Pendidikan

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga...

News

Malang Post – Polresta Malang Kota, Senin (27/9/2021) siang, membeberkan minuman keras jenis arak Bali. Ini  hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 dan Operasi Patuh Semeru....

Malang Raya

Malang Post – Serbuan Vaksinasi massal untuk masyarakat terus bergulir. Kali ini bertempat di Universitas Negeri Malang, Senin (27/9). Serbuan Vaksin ni merupakan vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang kejar target vaksinasi. Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama Forkopimda terus upayakan percepatan vaksinasi. Seperti yang terlihat di Lembah...

Malang Raya

Malang Post – Senin, 27 September 2021, hari ini, vaksinasi di Sukun digelar di dua lokasi.Pertama, vaksinasi covid-19 untuk warga masyarakat di wilayah kerja...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...