Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Tiga Kepala Daerah, Sinergi Membangun Kebersamaan Malang Raya

Malang Post – Tiga Kepala Daerah Malang Raya, yakni Wali Kota Malang, Sutiaji, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto dan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menandatangani kesepakatan kerjasama bertempat di Gedung Arjuno Bakorwil III Malang, pada Kamis (27/5/2021). 

Kesepakatan tersebut dilakukan untuk memperkuat sinergi tiga daerah dalam berbagai bidang. Seperti pariwisata, UMKM hingga pengembangan infrastruktur lainnya.

Baca Juga ----------------------------

Kerjasama tersebut nantinya akan memperkuat sinergi yang telah dibangun. Sebab, sejauh ini, ketika hendak menuju Kota Malang, harus melewati Kabupaten Malang terlebih dahulu. Begitu juga ketika menuju Kota Batu, melewati Kota dan Kabupaten Malang.

“Seperti diketahui, Malang Raya ini ‘kan lokasinya berdempetan. Apapun kebijakan yang berkaitan di Malang Raya ini harus diketahui oleh kepala daerah di Malang. Artinya, MoU ini jadi dasar untuk kerjasama,” ujar walikota Malang Sutiaji.

“Sinergi Membangun Kebersamaan, dan kita telah diapresiasi Presiden. Kalo daerah mampu demikian, maka pembangunan daerah mudah menyelesaikan,” ungkapnya.

Kerjasama Daerah Malang Raya ini merupakan perpanjangan kesepakatan bersama kembali dalam rangka mewujudkan Malang Raya Maju bersama. Hal ini selaras dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) no 28 Tahun 2018 tentang kerjasama daerah. 

Sinergitas ini akan menjadi dasar dalam kerjasama ketiga daerah tersebut yang muaranya akan membawa manfaat dalam pembangunan Malang Raya kedepannya. 

 “Sinergi ini harus dikuatkan bukan hanya sinergi pembangunan. Tapo sinergi bagaimana penguatan UMKM, kebijakan-kebijakan daerah dan seterusnya” tambah Sutiaji.

Dalam kesepakatan ini Walikota Malang menjelaskan nilai strategis dalam kegiatan ini. 

“Di MOU itu dikuatkan antar urusan, urusan pariwisata antar dinas pariwisata, PU antar dinas PU, dan seterusnya,” pungkasnya.

Untuk memperkuat potensi pariwisata tersebut, Kota Malang sudah memiliki sederet rencana pembangunan. Seperti jalan tembus di wilayah Sulfat, Kota Malang.

“Nantinya, jalan itu bisa tembus ke Kabupaten. Kalau bisa disudet, bisa mengurai kemacetan. Termasuk, jembatan Tlogomas yang juga berfungsi memecahkan arus lalu lintas,” pungkas dia.

Selanjutnya, Kepala Bakorwil III Malang Sjaichul Ghulam menyampaikan MOU ini penting sebagai dasar sinergi Malang Raya. 

“Intinya begini, Kita tahu Malang Raya ini kan lokasinya kan berdempet-dempetan. Apapun Kebijakan yang berkaitan di Malang Raya ini harus di ketahui oleh kepada daerah yang ada di Malang Raya, artinya MOU ini menjadi dasar kerjasama-kerjasama lainnya,” ujarnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...

Malang Raya

Malangpost – Bertempat di Pendopo Kab. Malang Jl. KH. Agus Salim No. 07 Kec. Klojen Kota Malang Kepala Staf Korem 083/Bdj (Kasrem) Letkol Inf...

Malang Raya

Malang Post — Momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 38 diperingati penuh suka cita. Puncak Haornas di Kota Batu diperingati dengan melakukan pelepasan atlet PON...

Malang Raya

Malang Post —Walikota Malang, Drs H Sutiaji, Rabu ini (8/9/2021) meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN Purwantoro 1 Malang dan SMP Negeri...

Malang Raya

Malang Post — Pesan itu disampaikan Walikota Malang, Sutiaji saat memberikan pengarahan pada acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemkot Malang,...

Malang Raya

Malang Post –  Level PPKM membaik di sejumlah wilayah Indonesia, Jatim dan Malang Raya. Ini capaian positif yang patut disyukuri dan diapresiasi. Presiden Jokowi...