Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Izin Kompetisi Liga 1 dan Liga 2, Turun 27 Mei ?

RAKOR : Peserta rapat koordinasi saat berbincang sebelum pelaksanaan rapat yang dihadiri pihak-pihak yang berkompeten.

Malang Post – Dalam rapat Koordinasi (rakor), terkait izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022, di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021) lalu, salah satu statemen yang paling ditunggu-tunggu stakeholder dan publik sepak bola, muncul dari Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops Kapolri), Irjen Pol. Imam Sugianto.

‘’Terkait perizinan dan kesiapan pengamanan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021, sedang berproses. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), sudah memberikan peromohonan sebelumnya. Semoga 27 Mei 2021, surat izin penyelenggaraan keramaian kompetisi Liga 1 dan 2 bisa kita keluarkan,’’ kata Irjen Iman.

Baca Juga ----------------------------

‘’Tapi harus dilengkapi surat rekomendasi yang bertempatan (venue homebase di kota-kota) dengan penyelenggaraan. Suksesnya penyelenggaraan Piala Menpora 2021 beberapa waktu lalu, menjadi contoh gelaran sepak bola dapat bergulir di tengah pandemi Covid-19,” tambahnya.

Rakor itu dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. Selain Irjen Imam Sugianto, juga hadir Ketua Umum PSSI, Komjen Pol. (Purn) Mochamad Iriawan dan Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita. Termasuk juga Deputi II Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Satuan Tugas Penanganan Covid-19), yakni Harmensyah.

‘’Rakor fokus membahas persiapan PSSI dan LIB. Soal kompetisi musim 2021. Kita tahu  kompetisi ini durasinya berbeda dengan turnamen biasa. Seperti Piala Menpora 2021 yang berlangsung satu bulan. Kompetisi ini satu tahun. Makanya untuk liga musim 2021 persiapannya berbeda. Baik penyelenggaraannya, maupun penerapan protokol kesehatan Covid-19.’’

SERIUS: Suasana rakor yang dipimpin Menpora RI. Membahas perizinan kompetisi di Indonesia. Mulai Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

‘’Yang disampaikan PSSI adalah, sistemnya seperti apa, tempatnya di mana kemudian bagaimana dengan klub-klub Liga 1 dan Liga 2. Kami juga mendengarkan pandangan BNPB dan terakhir dari pihak kepolisian yang diwakili Asops,’’ rinci Zainudin Amali.

‘’Yang kita utamakan keselamatan dan keamanan masyarakat. Meski di sisi lain kegiatan olah raga (sepak bola, Red.) kita dorong untuk tetap aktif. Animo masyarakat besar dan mulai masuk ke pengelolaan klub. Kegairahan masyarakat, baik suporter dan owner klub maupun  masyarakat. Keinginan mereka harus bisa terwadahi,” imbuhnya.

Ketum PSSI pada kesempatan lain menyebut, rakor diinisiasi oleh Menpora RI. Terkait topik bahasan dan diskusi, tentang rencana bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Bahkan seluruh laga Liga 1 dan 2, rencananya akan dipusatkan di Pulau Jawa. Dengan pertimbangan efektivitas dan efesiensi transportasi, akomodiasi dan lain-lain. Yang berkaitan dengan ketersediaan dan kemudahan infrastruktur.

“Kompetisi dipusatkan di Pulau Jawa. Itu sesuai keinginan klub-klub Liga 1. Kami juga sampaikan panjang lebar persiapan kompetisi. Baik sistemnya, tempat, protokol kesehatan, maupun hal lainnya.’’

‘’Kompetisi ini memang berbeda dengan turnamen. Apabila nanti diberikan izin, kita akan bergulir awal Juli 2021. Kita alokasikan kick off Liga 1 diantara 3 -7 Juli,’’ ungkap Mochamad Iriawan.

Masih menurutnya, jika kompetisi dimulai 3 – 7 Juli, untuk Liga 1 dengan 306 laga, awal Maret 2022 sudah bisa selesai. Selain itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menegaskan, Liga 2 akan dimulai 14 hari setelah kick off Liga 1. Atau antara 17 – 21 Mei 2021.

‘’Ada usulan, selain terpusat di Pulau Jawa, klub-klub Liga 2 juga bersedia digelar di Palembang dan Pekanbaru. Dari rakor ini, tentunya kami berterima kasih ke Menpora dan Polri, yang secara detail juga mengarahkan apa yang harus disepakati. Termasuk dengan BPNBP terkait prokes Covid-19.’’

‘’Soal ini, alhamdulillah kami sudah pengalaman di Piala Menpora 2021. Tinggal memperbaiki apa yang harus kami perbaiki. Semoga aman terkendali dan kompetisi bergulir sesuai yang diharapkan,’’ tegas Iwan Bule.

Sementara Deputi II BNPB-Satgas Covid-19, Harmensyah menilai, rencana perhelatan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 mendatang, bisa belajar banyak dari sukses penyelenggaraan Piala Menpora 2021. Baik dari sisi kepanpelan maupun penerapan ketat protokol kesehatan Covid-19.   

‘’Pengamanan dan penerapan prokes Covid-19, belajar dari turnamen Piala Menpora 2021 lalu. Alhamdulillah sukses dan itu akan kita jadikan acuan untuk kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021. Tentu akan dengan terus ditingkatkan kapasitas pengamannya.’’

‘’Karena waktu penyelenggaraan kompetisi cukup lama. Liga 1 dari awal Juli 2021 sampai Maret 2022 dan Liga 2 sampai Desember 2021. Semoga kita bisa kelola dengan baik penangannya protokol kesehatan,’’ urai Harmensyah.

Arema Langsung Sumringah

Sudarmaji, Media Officer Arema FC

Manajemen Arema FC, menyambut positif hasil rakor terkait izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022. Khususnya  pernyataan  yang dilontarkan Irjen Imam Sugianto. Yang akan menerbitkan izin kompetisi, rencananya hari ini.

‘’Kami sangat apresiasi dengan langkah intensif Menpora RI, Mabes Polri, BNPB, Satgas Covid dan PSSI. Serta PT LIB  yang terus bergerak. Terus serius dan fokus membahas perihal izin penyelenggaraan kompetisi 2021.’’

‘’Kami klub siap menjalankan arahan dan apapun pembahasan terkait hal tersebut. Utamanya dalam menyiapkan dan menjalankan regulasi protokol kesehatan yang menjadi fokus para pihak, terkait penyelenggaraan kompetisi 2021,’’ tandas Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Apresiasi juga diberikan Arema FC, kepada kepolisian yang konsisten untuk memproteksi gelaran kompetisi, yang berkaitan dengan hajat hidup masyarakat.

“Kami juga menyambut baik langkah kepolisian, untuk memproteksi gelaran kompetisi ini. Dengan siap bersinergi dan menjalankan arahan kepolisian, agar liga berjalan dengan aman, sehat dan kompetitif,’’ imbuhnya. 

‘’Terkait kapan izin dikeluarkan, tentunya kami percaya kepada Mabes Polri, Menpora, PSSI, BNPB akan memutuskan yang terbaik. Namun secara substansi, yang terpenting bagi klub adalah sosialisasi regulasi yang didalamnya mengatur teknis terkait prokes,” jelasnya.

Mabes Polri sendiri menyebutkan, izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2, paling lambat turun hari ini. Hal ini tentu membuat klub lebih fokus. Untuk melakukan persiapan dalam menyambut kompetisi.

Rakor itu sendiri relatif lengkap. Dihadiri para petinggi yang berkompeten terselenggaraanya kompetisi, di tengah kepungan Covid-19, yang belum sepenuhnya menghilang di Tanah Air. Baik Liga 1 maupun Liga 2, bahkan Liga 3 Nasional dan masing-masing zona provinsi. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Arema

Malang Post – Presiden Klub Arema, Gilang Widya Pramana, pernah  menegaskan sekaligus memberikan clue. Calon penjaga gawang asing, yang bakal merapat ke timnya pernah membela klub...

Arema

Malang Post – Tim Singo Edan kembali segera menggelar pertandingan uji coba, atau pemanasan ke sembilan kalinya. Sepanjang tahun 2021 ini, sebelum tampil pada kompetisi...

Arema

Malang Post – Presiden Klub Arema FC, Gilang Widya Pramana, akhirnya memperkenalkan secara resmi pemain anyarnya untuk kompetisi LiIga 1-2021/2022. Diego Michiels pada Rabu (16/6/2021)...

Arema

Malang Post – Arema FC hingga kemarin, masih belum memiliki pemain asing. Dari empat slot yang diperbolehkan, belum satupun dikenalkan. Tapi bukan lantas skuat Singo...

Arema

Malang Post – Selang 10 hari, sejak resmi ditetapkan sebagai Presiden Klub Arema yang baru, Gilang Widya Pramana kembali mencuatkan gebrakan baru. Utamanya terkait salah...

Arema

Malang Post – Arema FC Women, meneruskan tren positif. Sekaligus menjadi tim paling superior dalam babak penyisihan Grup B Women Open Sriwijaya FC Championship 2021. Di laga...

News

Malang Post – Presiden Klub Arema, Gilang Widya Pramana, dalam sesi teleconference secara virtual dengan awak media, Minggu (6/6/2021) petang lalu, memasang target tinggi untuk ARema...

Arema

Malang Post – Di bawah kendali Presiden Klub yang baru, Gilang Widya Pramana, banyak gebrakan dan segudang rencana jangka pendek atau panjang untuk Arema FC....