Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Jatim Tinjau Kesiapan Pembangunan SPAM di Malang

Kasubag Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Wilayah I Pemprov Jatim, Haryo Bimo Bramantyo didampingi Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan dan beberapa staf Bappeda Kabupaten Malang saat meninjau lokasi pembangunan SPAM di Kali Lesti dan Kaligoro.(foto kiki wijaya)

MalangPost– Biro Administrasi Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) meninjau lokasi rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Malang, Senin (24/5/2021).  Beberapa lokasi yang ditinjau yakni Kali Lesti di Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur dan Sumber Kaligoro di Desa Druju Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Wilayah I Pemprov Jatim, Haryo Bimo Bramantyo menyebut peninjauan sebagai bentuk proses realisasi pembangunan SPAM di Kabupaten Malang yang telah menjadi program proyek strategis pemerintah pusat. 

Baca Juga ----------------------------

“Ini merupakan upaya pelaksanaan dari Peraturan Presiden (Perpres) nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi. Malang Raya ini masuk dalam kawasan percepatan pembangunan ekonomi, sedangkan dua Proyek SPAM itu merupakan penunjangnya,” ujar pria  akrab disapa Bimo ini. 

Rencana pembangunan SPAM telah berproses di tingkat provinsi. Pihaknya sudah melakukan beberapa upaya percepatan salah satunya  dengan tinjauan lokasi.  Tujuannya, untuk bisa memberi pertimbangan kepada Gubernur Jatim sebagai pengambil keputusan. 
“Ini bentuk suport kami (Pemprov Jatim) kita akan upayakan bagaimana percepatan realisasinya. Jadi nanti ya akan kami sampaikan pertimbangan-pertimbangan kepada Ibu Gubernur. Dan disini kan Pemkab Malang sudah sangat intensif pembahasannya,” kata dia.

Ditegaskan, semua keputusan tertinggi di Pemprov Jatim ada pada Gubernur. Namun, untuk pembangunan SPAM di Malang Selatan layak menggunakan skema  Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Pemprov Jatim suport, kita akan fasilitasi mulai dari penyusunan kajian sampai dengan penyiapan   transaksi. Tapi, kalau ini ternyata dia lebih complay dengan APBN, tentunya kita juga akan ini mengawal terus prosesnya supaya APBN itu dapat tepat waktu,” tegasnya.

Awalnya  pembangunan SPAM  akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga dari pihak swasta. Namun, karena ada pertimbangan cost terlalu tinggi, Pemkab Malang mencoba mencari mekanisme lain menggunakan APBN. 

Sedangkan menurut Bimo, kebutuhan anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan tersebut tidak semuanya dapat dicover oleh APBN. Artinya harus ada kolaborasi dengan APBD.  “Harus ada kolaborasi. Entah itu APBD tingkat II atau APBD tingkat I,” terangnya.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan, kebutuhan investasi untuk pembangunan SPAM Kali Lesti dan Kaligoro  mencapai Rp 380 miliar.  Pemkab Malang sudah menganggarkan Rp 20 miliar sebagai dana penyertaan. 

“Dana itu  akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur SPAM itu (Kaligoro), seperti intake  dan lainnya, saat ini sedang dikerjakan,”  ungkap Syamsul.

Dana penyertaan tersebut juga untuk pembangunan tandon air dan pemasangan pipa untuk menjangkau pelanggan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Gedangan.(ir)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Warga Kota Malang khususnya yang berlokasi di sekitar Jembatan Kedungkandang akan di manjakan dengan berbagai fasilitas baru. Dimana, Pemerintah Kota Malang melalui...

Malang Raya

Malang-Post – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengalami naik turun (fluktuatif). Bahkan rawan menipis, seiring dengan...

Olahraga

Malang Post – Sahabat  Senam Anti Covid (Senavid) Malang Post bersiap-siap untuk berolahraga lagi di Lapangan Rampal Kota, Malang.  Giat senam kolaborasi Malang Post Arema Media Group (Ameg)...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang telah memulai proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Dilakukan di Desa Segaran, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.  Diawali pendirian...

Malang Raya

Malang Post – Seminar dengan tema Stategi Percepatan Penanganan Kebijakan Diskriminatif atas nama Otonomi Daerah Guna Memperkokoh Ketahanan Nasional bersama Lembaga Ketahanan Nasional Republik...

Malang Raya

Malang-Post – Keberadaan seniman di Kota Malang juga menjadi perhatian Pemkot Malang. Sayangnya, banyaknya seniman yang tergabung dalam komunitas sanggar seni atau kelompok seni,...

headline

Malang Post – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Malang telah dibuka. Ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa...

Malang Raya

Malang-Post – Kabar gembira bagi masyarakat umum di Kota Malang. Dinas Kesehatan bersiap melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok masyarakat umum, rencananya awal Juli. Kepala...