Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Kerusakan Akibat Gempa Jumat Malam, Bertambah, Kini 287 Rumah

Kondisi sejumlah rumah di Desa Sumbertangkil Kecamatan Tirtoyudo yang rusak akibat gempa pada Jumat (21/5/2021) malam lalu.

Malang Post – Jumlah rumah yang rusak di Kabupaten Malang akibat terdampak gempa pada Jumat (21/5/2021) malam lalu, terus bertambah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mencatat, saat ini sudah ada 287 unit rumah yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR) tersebut. 

Rinciannya, 206 unit rumah rusak ringan, 68 unit rumah rusak sedang dan 13 unit rumah rusak berat. Ratusan rumah yang rusak akibat gempa tersebut tersebat di 14 kecamatan. 

Baca Juga ----------------------------

Yakni Kecamatan Ampelgading, Bantur, Dampit, Gondanglegi, Jabung, Kalipare, Pagak, Poncokusumo, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, Wagir, Wajak dan Donomulyo. 

Mengacu pada data BPBD Kabupaten Malang, wilayah yang paling banyak terdapat rumah rusak akibat gempa tersebut adalah di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Dampit. Yakni 109 rumah di Sumbermanjing Wetan. Dan 107 rumah di Dampit. 

Namun begitu, sementara ini BPBD tidak menetapkan kondisi ini pada status tanggap darurat. BPBD Hingga kini juga masih terus melakukan upaya penanganan. 

Salah satunya dengan menerjunkan tim gabungan ke sejumlah lokasi kejadian. Tim gabungan tersebut terdiri dari personel BPBD, TNI-Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dan sejumlah relawan. 

“Juga ada pendirian posko tanggap darurat bencana. Jadi tetap masuk pada kondisi keadaan darurat bencana di transisi darurat ke pemulihan,” ujar Plt Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan. 

Selain bangunan rumah, kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,2 SR tersebut juga terjadi pada 13 unit bangunan fasilitas kesehatan (faskes), 3 unit rumah ibadah dan 2 unit fasilitas umum (fasum).

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, jumlah kerusakan akibat gempa tersebut hingga kini terus bertambah. Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo menyebut, terbaru pihaknya mencatat sudah ada sekitar 400 lebih rumah yang dilaporkan rusak akibat gempa pada Jumat (21/5/2021) malam lalu. 

“Itu rusak baru. Artinya, memang kerusakan yang disebabkan gempa pada Jumat (21/5/2021) lalu,” ujar Bagyo melalu sambungan telepon. 

Sedangkan untuk wilayah yang terdampak juga tidak jauh berbeda dengan wilayah yang terdampak gempa pada Sabtu 10 April 2021 lalu.

Namun begitu, BPBD mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Utamanya untuk dapat menghindari bangunan yang terlihat rusak akibat gempa.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

News

Malang Post – Sembab kedua mata Gitta (39) kakak kandung korban Happy Teguh Hartanto atau Hebe (34). Ia berhenti terisak memanggil nama sang adik. Malam...

headline

Malang Post —  Relawan sangat dibutuhkan di lokasi bencana erupsi Semeru. Maka SRPB (Sekber Relawan Penanggulangan Bencana) Jatim gercep (gerak cepat) membuka Desk Relawan.  “Kami...

headline

Malang Post – Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, tidak hanya berdampak pada warga di Kabupaten Lumajang, pasca erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Abu...

headline

Malang Post –  Erupsi Gunung Semeru, membawa imbas hujan abu yang terjadi di dua kecamatan yaitu Ampelgading dan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Warga diimbau tetap...

News

Malang Post – Kos-kosan di Jl Mondoroko Gang 1, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang mendadak gempar, Kamis malam. Dari salah satu kamar kos...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...