Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

PT Sekar Laut Tbk Siap Bagikan Dividen Rp9,3 Miliar

Ilustrasi deviden. (Shutterstock)

AMEG – PT Sekar Laut Tbk, perusahaan emiten yang bergerak dibidang pengelolaan hasil laut siap membagikan dividen tunai sebesar Rp9,3 miliar atau Rp15 per saham yang disisihkan dari perolehan laba bersih perseroan tahun 2020 yang mencapai Rp42,5 miliar.

John Gozal, Direktur PT Sekar Laut Tbk, mengatakan pembagian dividen tersebut telah mendapat persetujuan para pemegang saham yang hadir pada RUPS Tahunan perseroan yang berlangsung secara virtual, tadi siang (10/5/2021).

Baca Juga ----------------------------

“Pembagian dividen tahun ini relatif sama dengan dividen tahun lalu sebesar Rp9.3 miliar, karena pencapaian laba bersih yang diperoleh juga relatif sama, yakni Rp43 miliar pada 2020 atau turun 5% dari pencapaian 2019 sebesar Rp45miliar,” kata John Gozal.

Pihaknya menyatakan meski pencapaian laba perseroan tahun 2020 mengalami penurunan hingga 5%, managemen merasa cukup puas dengan pencapaian kinerja usaha perseroan. Karena manajemen mampu bertahan dengan baik meski berjalan ditengah masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020.

“Omzet penjualan selama 2020 mencapai Rp2,254 triliuan atau turun 2% dibandingkan 2019 sebesar Rp2,28 triliun,” katanya.

Dia mengakui, penjualan yang mengalami penurunan tajam terjadi di perhotelan dan restoran, yang merosot hingga 30%. “Untungnya penjualan kami di pasar lokal yang lain tumbuh secara signifikan, akhirnya bisa menutup kemerosotan yang terjadi di segmen perhotelan dan restoran.”

Padahal, lanjut dia, managemen perseroan semula memperkirakan di masa pandemi yang membuat perekonomian dan daya beli masyarakat anjlok secara global akan membuat kinerja perseroan juga turun hingga 10%. “Makanya kami bersyukur karena selama 2020 penurunan kinerja usaha kami hanya 2%, meski untuk itu kami harus memeras pikiran dan tenaga.”

John Gozal menyebutkan kondisi usaha tahun 2021 diharapkan lebih baik, sejalan dengan program vaksinasi Covid-19 yang diharapkan bisa memulihkan aktivitas dan peroduktifitas perekonomian masyarakat. Untuk itu pihaknya mematok kinerja usaha perseroan bisa tumbuh 10%.

Hingga triwulan1/2021, menurut John Gozal, perseroan membukukan omzet penjualan Rp337 miliar atau meningkat 2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Laba bersih (un audited) yang dicapai sebesar Rp18 miliar, juga lebih baik dibandingkan triwulan I/2020 yang tercapai Rp12 miliar. “Semoga kondisi ini terus membaik sehingga target penjualan dengan pertumbuhan 10% bisa dicapai atau bahkan bisa terlampaui.”

Sudiono, Direktur PT Sekar Laut yang lain, menyatakan salah satu upaya yang kini dilakukan untuk mendongkrak penjualan tahun ini adalah dengan memperbanyak varian produk sambal. “Beberapa produk sambal uleg akan kami perbanyak, seperti antara lain sambal uleg udang dan juga sambal pecel. Kami akan fokus  ke sana,” katanya.

Peningkatan ekspor, kata John Gozal, belum bisa dilakukan secara optimal. “Karena banyak negara yang melakukan pembatasan penerbangan karena Covid-19 ini. Pemasaran dengan cara daring juga tidak bisa optimal. Makanya kami sementara fokus dulu dengan pasar ekspor yang ada, seperti Belanda, Inggris juga Australia, Asia dan China.”(*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Hujan deras di Malang, sore hingga jelang petang, Rabu (16/6/2021) mengakibatkan rusaknya satu jembatan. Akses utama menuju pantai Lenggoksono. Jalur sekitar juga banjir,...

Arema

Malang Post – Arema FC Women, meneruskan tren positif. Sekaligus menjadi tim paling superior dalam babak penyisihan Grup B Women Open Sriwijaya FC Championship 2021. Di laga...

News

Malang Post – Presiden Klub Arema, Gilang Widya Pramana, dalam sesi teleconference secara virtual dengan awak media, Minggu (6/6/2021) petang lalu, memasang target tinggi untuk ARema...

Arema

Malang Post – Di bawah kendali Presiden Klub yang baru, Gilang Widya Pramana, banyak gebrakan dan segudang rencana jangka pendek atau panjang untuk Arema FC....

Malang Raya

Malang Post – TP PKK Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggalakkan program urban farming atau pertanian perkotaan. Saat ini,...

Kriminal

Malang Post – Polsek Turen meringkus dua pelaku diduga terlibat kasus penipuan dan penadah barang kejahatan. Satu tersangka, seorang wanita dan pernah berstatus guru honorer. ...

headline

Malang Post – Sengketa tanah Pemkot Malang melawan warga kawasan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang terus bergulir. Saat ini, telah masuk tahap Pemeriksaan Setempat (PS)...

News

Malang Post – Rendahnya perolehan retribusi parkir di tepian jalan umum benar-benar menjadi sorotan berbagai pihak. Oleh karena itu, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu...