Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Pelaksanaan PPDB Kota Malang Mulai Usai Lebaran

TATAP MUKA: Wali Kota Malang, Sutiaji saat melakukan sidak ke sekolah tatap muka, beberapa waktu lalu.

AMEG – Menuju tahun ajaran 2021/2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang, telah mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).  

Kepala Dikbud Kota Malang, Suwarjana menyebutkan, pelaksanaan PPDB direncanakan akan dimulai setelah Idul Fitri 1442 H. “Saat ini kami akan menjadwalkan sosialisasi,” ungkap Suwarjana, Senin (10/05/2021).

Baca Juga ----------------------------

Untuk sistem PPDB sendiri, pihaknya memiliki dua cara.  Offline dan online. Sistem offline diperuntukkan bagi jenjang TK, SD, dan SMP penyelenggara program inklusi. Sedangkan untuk online bagi jenjang TK, SD dan SMP Negeri.

“Murid yang mendaftar ke jenjang SD, hanya boleh memilih satu pilihan sekolah. Dan yang daftar ke SMP maksimal boleh memilih tiga pilihan sekolah,” pungkasnya.

Ada beberapa kriteria prioritas, yang akan diterima untuk jenjang SD. Pertama, diurutkan berdasar usia paling tinggi, ke usia paling rendah. Sehingga untuk usia 6.5 tahun sampai dengan 12 tahun dan jarak rumah ke SD yang dituju kurang atau sama dengan 250 meter, akan diprioritaskan diterima.

“Kedua, jika masih ada kuota sesuai pagu, diurutkan dari calon pendaftar yang usianya lebih tinggi. Ketiga, jika ada usia sama pada batas pagu, akan diurutkan berdasarkan jarak tempat tinggal calon pendaftar dengan sekolahnya dituju,” bebernya.

Sementara itu, bagi peserta didik yang akan masuk SD tahun ini, sudah tidak ada jalur prestasi. Kuota jalur zonasi 80 persen, jalur kepindahan orang tua 5 persen dan afirmasi 15 persen,” jelasnya.

Selain itu, untuk jenjang SMP, PPDB juga dilakukan secara online. Penerimaan jalur afirmasi, zonasi dan perpindahan tugas orang tua, diurutkan berdasarkan jarak tempat tinggal dengan sekolah yang dituju.

Sedangkan calon peserta didik jalur prestasi, akan langsung diterima apabila pilihan sesuai dengan sekolah tujuan, yang tercantum di surat keterangan hasil verifikasi sertifikat.

“Kalau jalur prestasi hasil raport, diurutkan berdasarkan nilai akhir dari yang tertinggi sampai yang terendah. Nah nilai akhir ini, adalah rata-rata dua kali nilai raport dikali indeks dari sekolah calon peserta didik tersebut,” katanya.

Presentasi penerimaan, untuk jalur zonasi SMP sebesar 50 persen. 5 Persen untuk kepindahan orangtua, 15 persen afirmasi dan 30 persen untuk prestasi.

“Jalur prestasi kita bagi lagi. 20 Persen untuk prestasi akademik nilai rapor, 10 persen adalah non akademik,” terangnya. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP tahun ajaran 2021/2022 jalur Zonasi Kota Malang resmi dimulai hari ini, Senin 14 Juni 2021...

News

Malang Post – Tabrakan Minggu (13/6/2021) pukul 08.00 di Jl Ki Ageng Gribig depan toko Kue Lumpur Bakar Kota Malang, menggegerkan warga sekitar. Pikap yang...

Pendidikan

Malang Post – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan Program Kampus Merdeka untuk perguruan tinggi. Mendukung kebijakan tersebut, Universitas Negeri Malang (UM)...

News

Malang Post –  Usai antar istri berangkat kerja, seorang Ketua RT tertabrak KA Matarmaja di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, Jl  Zaenal Zakse...

Malang Raya

Malang-Post – Warga Kota Malang khususnya yang berlokasi di sekitar Jembatan Kedungkandang akan di manjakan dengan berbagai fasilitas baru. Dimana, Pemerintah Kota Malang melalui...

Malang Raya

Malang-Post – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengalami naik turun (fluktuatif). Bahkan rawan menipis, seiring dengan...

Pendidikan

Malang Post – Salah satu tugas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian masyarakat. Ini unsur penting. Dharma Wanita Persatuan (DWP) UB juga turut mewujudkannya....

Pendidikan

Malang Post – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema-U) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, tengah melakukan open recruitment anggota Kabinet Sakti 2021. Open...