Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Polemik Tanpa Degradasi, Arema Tunggu Kongres

MENUNGGU: Arema saat turun dalam salah satu turnamen. Di Liga 1 2021 mendatang, Arema menunggu keputusan kongres terkait ada tidaknya degradasi. (foto: istimewa)

AMEG – Kompetisi Liga 1 2021, belum juga menemukan kepastian. Terutama menyangkut perizinan yang masih nyantol di kepolisian. Namun polemik sudah bermunculan. Salah satunya menyangkut kabar kompetisi tanpa degradasi.

Kabar terbaru, sebagian klub mengusulkan agar kompetisi digelar tanpa degradasi. Faktor pandemik Covid-19, menjadi alasan klub-klub tersebut. Salah satu klub yang disebut-sebut turut mengusulkan Liga 1 tanpa degradasi adalah Arema FC. Menanggapi hal tersebut manajemen tim Singo Edan tak mau terlalu ambil pusing. 

Baca Juga ----------------------------

Media Officer Arema FC, Sudarmaji menjelaskan, manajemen Singo Edan kini fokus mengikuti perkembangan persiapan kompetisi.

Terkait anggapan, Arema FC merupakan salah satu klub yang mengusulkan Liga 1 tanpa degradasi, pihaknya tak terlalu ambil pusing. Manajemen saat ini hanya menunggu hasil keputusan dari federasi pada saat kongres nanti. 

‘’Akan lebih bijak menunggu keputusan kongres. Federasi melalui eksekutif komite, pasti sudah memiliki cukup banyak referensi mengenai kompetisi ditengah pandemi,’’ katanya kemarin.

Lebih jauh Sudarmaji menyebut, saat ini poin penting yang harus dikedepankan, bagaimana agar kompetisi bisa segera mendapat izin, untuk bergulir kembali. Kemudian terkait regulasi kompetisi dalam masa pandemik Covid-19, juga harus dibuat sedetail mungkin. Terutama untuk protokol kesehatan, bagi mereka yang terlibat dalam kompetisi. 

“Saat ini kepastian kompetisi menjadi poin penting. Karena akan berdampak langsung pada aktifitas sekaligus kelangsungan hidup klub,’’ imbuhnya. 

Mantan wartawan ini menyebut, pengalaman Piala Menpora lalu bisa menjadi acuan bagaimana nanti Liga 1 bisa bergulir. Saat itu, penerapan protokol Covid-19 terbilang sangat ketat. Untuk semua pihak yang terlibat dalam pertandingan.

Meski tetap ada beberapa hal yang harus dibenahi, agar nantinya pelaksanaan protokol Covid-19 bisa lebih baik saat Liga 1. 

‘’Bagaimanapun kompetisi Liga 1 harus didukung penuh untuk tetap digelar. Tentu dengan regulasi protokol kesehatan yang ketat,’’ sambungnya. 

Berbeda dengan Arema FC yang menunggu keputusan kongres, Madura United secara tegas mendukung kompetisi dengan degradasi.

Hal itu disampaikan oleh Direktur PT PBMB, Zia Ulhaq melalui unggahan di akun Instagram resmi Madura United.

Dalam unggahan tersebut, Zia Ulhaq menyatakan, tidak ada alasan kompetisi digelar tanpa promosi dan degradasi. Pasalnya faktor promosi degrasi juga bakal menjadikan kompetisi menjadi lebih menarik dan kompetitif. 

“Persiapan Madura United saat ini adalah pelaksanaan kompetisi yang kompetitif. Dengan promosi dan degradasi, bukan untuk sebuah turnamen seperti TSC 2016 lalu,’’ tandasnya. 

Sementara tiga tim tiga tim Jatim lainnya, yaitu Persebaya, Persela dan Persik, juga belum memberikan sikap resminya.

Namun, pelatih Persebaya Aji Santoso dan pelatih Persela Didik Ludianto, sempat menyatakan komentarnya kepada media. Keduanya tidak sepakat dengan adanya liga tanpa degradasi. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Sabtu (7/8/2021) pagi, Forkopimda Malang Raya bersilaturahmi dengan Manajemen Arema FC dan Aremania. Bertempat di Ballroom Hotel Trio Indah Kota Malang....

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...

Arema

Malang Post – Kick off kompetisi Liga 1 2021, resmi ditunda. Dari jadwal semula 9 Juli, menjadi akhir Juli 2021. Itu pun dengan harapan, Covid-19...

Arema

Malang Post – Kompetisi Liga 1 2021/2022, tinggal menyisakan waktu sebulan ke depan, yang bakal memulai kick-off. Namun skuat Arema FC, harus tergerus alias berkurang...

Arema

Malang Post – Terakhir kali tim Singo Edan, saat bernama Arema Indonesia, memboyong gelar juara liga domestik di Tanah Air pada musim 2009/2010. Pada kompetisi...

Arema

Malang Post – Manajemen Arema FC, mengusung usulan pengetatan protokol kesehatan Covid-19, dalam manager meeting edisi kedua secara tatap muka, awal pekan ini. Hal itu...

Arema

Malang Post – Surat izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2021/2022 sudah turun. Jadwal kick off, juga sudah ditentukan. Paling tidak pada 10 Juli 2021 mendatang....

Arema

Malang Post – Manager meeting yang pertama, untuk Liga 1 2020/2021, digelar kemarin melalui zoom meeting. Digelar operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan...