Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Siap Boyongan Kandang

GAGAL: Arema FC saat turun di Piala Menpora beberapa waktu lalu. Konsep yang diterapkan dalam turnamen tersebut, akan diadopsi untuk Liga 1 2021. (foto: istimewa)

AMEG – Manajemen Arema FC mendukung format Liga 1 2021, menggunakan sistem seperti Piala Menpora. Yakni gelembung atau bubble to bubble, yang terpusat di daerah tertentu. 

Sistem tersebut dinilai sebagai bentuk proteksi terhadap kelangsungan kompetisi. Sebab, kompetisi dilangsungkan masih dalam situasi pandemi, yang harus memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga ----------------------------

‘’Di situasi pandemi kami rasa banyak adaptasi yang harus dilakukan, termasuk sistem kompetisi. Kalau menggunakan bubble to bubble mungkin adalah untuk memproteksi kompetisi itu sendiri agar bisa berjalan,’’ ungkap media officer Arema FC, Sudarmaji.

Sebagai bentuk konsekuensi, seandainya sistem gelembung ini diterapkan, Arema FC harus siap untuk bermain di luar kandang, seperti halnya yang terjadi di Piala Menpora 2021. Manajemen menekankan, mereka tidak ada masalah bermain di luar kandang.

‘’Konsekuensinya harus kita terima. Misalkan ketika kita kita harus bermain di luar kandang, kita harus siap. Sebelumnya sudah kita jalani dalam penyelenggaraan Piala Menpora 2021 lalu,’’ paparnya.

Terlepas dari kebijakan sistem kompetisi, Arema FC sejak awal memang mendorong agar kompetisi dijalankan. Liga 1 2021 sendiri dijadwalkan akan berlangsung mulai 3 Juli 2021 mendatang. Klub kontenstan, termasuk Arema FC dalam proses persiapan menuju Liga 1 2021.

Piala Menpora 2021 lalu juga terhitung sebagai pemanasan untuk kompetisi Liga 1 2021, setelah ajang pra musim itu selesai, tim-tim melakukan evaluasi untuk menyambut digelarnya kompetisi Liga 1 2021.

Sementara itu terpisah, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya diminta untuk menyiapkan mekanisme apabila pertandingan Liga 1 2021 dihadiri penonton.

Rencana tersebut, mulanya merupakan arahan Presiden Joko Widodo kepada Menpora Zainudin Amali, setelah melihat pertandingan Piala Menpora 2021 yang bergulir tanpa dihadiri penonton.

Meski demikian, Jokowi meminta agar pertandingan dengan penonton harus dikaji lebih dulu lantaran bergulir di tengah pandemi Covid-19.

Mekanisme hadirnya penonton dalam pertandingan Liga 1, dikatakan Hadian, sudah disiapkan dan tinggal diberikan kepada pihak Kemenpora dan Kepolisian.

‘’Kami memang diminta beberapa dokumen, misalnya soal protokol kesehatan dengan penonton ada infografisnya. Yang bisa memperkuat perencanaan seperti apa nanti kalau kita adakan seperti itu. Target hari ini kami akan kirim ke Kemenpora termasuk ke Kepolisian,’’ kata Hadian.

Sedangkan kalau pertandingan tanpa penonton, menurutnya tidak terlalu susah karena mekanismenya sudah ada dan berjalan sukses pada Piala Menpora 2021.

Sementara pertandingan dihadiri penonton, PT LIB telah menyiapkan bagaimana persyaratannya seperti alur penonton saat masuk Stadion, pembelian tiket.

Bahkan ada syarat pula mereka yang datang ke Stadion harus yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

‘’Dengan penonton kan bukan semudah buka pintu kan ada walk flow yang jelas, gimana caranya tiketingnya, itu juga masuk dalam kajian kami yang akan kami kirim.

Termasuk, misalnya wajib vaksin, nanti sistem kami harus nyambung ke Kemenkes. Kami harus berhubungan ke sana kalau tidak ya kami tidak tahu verifikasi datanya,’’ jelasnya. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Arema

Malang Post – Kompetisi Liga 1 2021/2022, tinggal menyisakan waktu sebulan ke depan, yang bakal memulai kick-off. Namun skuat Arema FC, harus tergerus alias berkurang...

Arema

Malang Post – Terakhir kali tim Singo Edan, saat bernama Arema Indonesia, memboyong gelar juara liga domestik di Tanah Air pada musim 2009/2010. Pada kompetisi...

Arema

Malang Post – Manajemen Arema FC, mengusung usulan pengetatan protokol kesehatan Covid-19, dalam manager meeting edisi kedua secara tatap muka, awal pekan ini. Hal itu...

Arema

Malang Post – Surat izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2021/2022 sudah turun. Jadwal kick off, juga sudah ditentukan. Paling tidak pada 10 Juli 2021 mendatang....

Arema

Malang Post – Manager meeting yang pertama, untuk Liga 1 2020/2021, digelar kemarin melalui zoom meeting. Digelar operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan...

Olahraga

Malang Post – Masa depan Liga 1 hingga Liga 3 2021, memang belum turun secara resmi, hingga saat ini. Namun demikian, tetap ada titik...

Arema

Malang Post – PSSI dalam rapat Executive Committee (Exco) telah ketok palu. Menghasilan keputusan final. Kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021/2022, tetap memberlakukan sistem promosi...

Arema

Malang Post – Skuat Singo Edan, sudah kembali berlatih bersama, sejak Kamis (20/5/2021) lalu. Bersamaan dengan bergabungnya pelatih baru, Eduardo Almedia. Sekalipun melalap program perssiapan...