Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

Permintaan Daging dan Telur Ayam Ras Kerek Inflasi Kota Malang

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan.(Foto : Istimewa)

AMEG – Berdasarkan rilis inflasi BPS pada tanggal 3 Mei 2021, inflasi Kota Malang tercatat sebesar 0,10% (mtm) dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 104,26 atau secara tahun kalender tercatat sebesar 0,22% (ytd), sehingga inflasi tahunan tercatat sebesar 1,48% (yoy).

Azka Subhan Aminuridho, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, mengatakan rata-rata inflasi bulanan untuk periode April selama 5 tahun terakhir sebesar 0,01% (mtm).

Baca Juga ----------------------------

Dia menyebutkan menurut kelompok pengeluaran, inflasi pada periode kali ini disumbang oleh kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya, rekreasi, olahraga dan budaya, serta penyediaan makan minum dan restoran.

“Dari ketiga kelompok pengeluaran penyumbang inflasi tersebut mengindikasikan bahwa pada bulan April terjadi shifting konsumen di masa pandemi, dari semula demand lebih tinggi terhadap kebutuhan primer beralih menjadi demand terhadap kebutuhan sekunder seperti rekreasi, olahraga, dan lain-lain,” kata Azka Subhan dalam siaran pers yang diterima Malang-post.com, Rabu (5/5/2021).

Hal ini seiring dengan mulai meningkatnya aktivitas sosial ekonomi masyarakat ditengah berlanjutnya program vaksinasi nasional dan momen bulan Ramadan, tambahnya.

Adapun komoditas yang menjadi penyumbang utama inflasi di Kota Malang bulan ini antara lain daging ayam ras, anggur, dan telur ayam ras dengan andil masing-masing sebesar 0,12%, 0,03%, dan 0,02%.

Selain karena kenaikan harga pakan ternak berupa jagung, kenaikan harga daging ayam ras juga disebabkan oleh permintaan yang meningkat jelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442H.

“Peternak di Kota Malang melakukan strategi panen muda dimana ayam yang belum memasuki masa potong tetapi langsung dipotong untuk memenuhi permintaan masyarakat yang meningkat,” kata Azka.

Sementara itu, inflasi pada periode Ramadan kali ini cukup tertahan akibat adanya koreksi harga cabai rawit dengan andil sebesar -0,13%. Salah satu sentra produksi cabai di Desa Bocek, Kabupaten Malang menyatakan bahwa saat ini mulai memasuki masa panen.

Dari sisi ekspektasi, berdasarkan hasil Survei Konsumen (SK) pada April 2021 mengindikasikan konsumen tetap optimis.

Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tercatat meningkat, yaitu berada di level 130,8. Optimisme IEK dipengaruhi oleh terjaganya ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.

Ke depan, lanjut Azka, Bank Indonesia Malang tetap berkomitmen menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah daerah serta konsistensi dalam mengarahkan ekspektasi inflasi melalui program – program TPID guna mengendalikan inflasi 2021 sesuai kisaran targetnya sebesar 3,0% ± 1%.

Di samping itu, Bank Indonesia Malang dan pemerintah daerah juga terus berupaya untuk mendorong kegiatan ekonomi dengan memperhatikan protokol kesehatan dan meningkatkan daya beli masyarakat seiring dengan perluasan vaksinasi Covid-19 sebagai bagian dari upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan tetap fokus dalam mengendalikan inflasi selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Hujan deras di Malang, sore hingga jelang petang, Rabu (16/6/2021) mengakibatkan rusaknya satu jembatan. Akses utama menuju pantai Lenggoksono. Jalur sekitar juga banjir,...

Arema

Malang Post – Arema FC Women, meneruskan tren positif. Sekaligus menjadi tim paling superior dalam babak penyisihan Grup B Women Open Sriwijaya FC Championship 2021. Di laga...

News

Malang Post – Presiden Klub Arema, Gilang Widya Pramana, dalam sesi teleconference secara virtual dengan awak media, Minggu (6/6/2021) petang lalu, memasang target tinggi untuk ARema...

Arema

Malang Post – Di bawah kendali Presiden Klub yang baru, Gilang Widya Pramana, banyak gebrakan dan segudang rencana jangka pendek atau panjang untuk Arema FC....

Malang Raya

Malang Post – TP PKK Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggalakkan program urban farming atau pertanian perkotaan. Saat ini,...

Kriminal

Malang Post – Polsek Turen meringkus dua pelaku diduga terlibat kasus penipuan dan penadah barang kejahatan. Satu tersangka, seorang wanita dan pernah berstatus guru honorer. ...

headline

Malang Post – Sengketa tanah Pemkot Malang melawan warga kawasan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang terus bergulir. Saat ini, telah masuk tahap Pemeriksaan Setempat (PS)...

News

Malang Post – Rendahnya perolehan retribusi parkir di tepian jalan umum benar-benar menjadi sorotan berbagai pihak. Oleh karena itu, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu...