Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Biar Tak Tabrak Larangan Mudik

MENANG: Arema saat uji coba dengan tim lokal sebelum libur panjang. Nantinya Kushendya Yudo dkk, kembali berlatih setelah lebaran. (Foto: Arema Official)

AMEG – Libur panjang 21 hari yang diperoleh pemain Arema FC, menjadi rekor tersendiri dalam lima tahun terakhir. Keputusan manajemen dan tim pelatih memberikan libur relatif lama tersebut, tak lepas dari belum turunnya izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2021 dari pihak kepolisian.

Jika pada Liga 2020 lalu, pandemi Covid-19 memaksa pemain libur panjang latihan hampir satu tahun. Mulai 21 Maret-2 Agustus 2020 dan 30 Oktober 2020-21 Januari 2021.

Baca Juga ----------------------------

Dendi Santoso dan kawan-kawan pada Liga 1 2019, hanya mendapat libur lebaran 10 hari (1-10 Juni 2019), Liga 1 2018 libur 15 hari (5-20 Juni 2018) dan pada Liga 1 2017 mendapat libur lebaran cukup singat. Hanya lima hari (23-28 Juni 2017).

‘’Banyak pertimbangan kenapa kami memberikan liburan Idul Fitri, lebih awal dan dalam waktu lumayan lama. Mereka sudah mulai libur 1 Mei. Kembali latihan seperti biasa pada  21 Mei nanti.

Sebab larangan untuk mudik lebaran, berlaku mulai 6 Mei sampai 17 Mei. Jadi pemain kami liburan sebelum larangan berlaku dan sampai dengan larangan itu berakhir,’’ ujar asisten pelatih Arema, Singgih Pitono, yang memilih mudik ke Ngunut, Tulungagung.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sendiri, baru sebatas mewacanakan, kompetisi paling cepat mulai bergulir pada 3 Juli 2021 mendatang. Itu pun masih harus menanti turunnya izin penyelenggaraan kompetisi dari kepolisian. 

Tak hanya tim Singo Edan, 15 tim anggota Liga 1 2021 lainnya, juga meliburkan para pemainnya dari rutinitas latihan lebih awal. Kecuali Bali United dan Persipura Jayapura, yang masih menggelar training center (TC) untuk persiapan menghadapi AFC Cup 2021 akhir Juni 2021 mendatang.

‘’Empat minggu latihan sejak 3 April lalu,  setelah gagal di penyisihan Grup A Piala Menpora 2021, ada progres bagus dalam hal teamwork, fisik dan organisasi permainan.

Tetapi libur lebaran selama tiga minggu, tentu saja kami berpesan agar mereka tetap bisa menjaga kondisi kebugaran.

Agar kerja keras dalam latihan sebelumnya, terutama pembenahan fisik tidak sia-sia. Tetap harus menjaga level kondisi fisik dengan latihan sendiri di rumah,’’ timpal pelatih fisik Arema FC, Siswantoro.

Sebelum liburan, tim Singo Edan sempat menggelar sekali uji coba di Lapangan Wonoayu, Wajak, Kabupaten Malang, Jumat (30/4/2021). Melawan tim amatir asal Dampit, Bintang Semeru FC. Arema FC unggul telak 7-0 dalam laga berdurasi 3×30 menit.

Tujuh gol lahir lewat  Dedik Setiawan dan Sandy Ferizal, yang sama-sama mencetak dua gol. Sedangkan tiga gol tambahan masing-masing melalui sontekan Johan Ahmad Alfarizi, Wiga Brillian dan Hanif Sjahbandi.

Dari hasil uji coba tersebut, pemain Arema berhasil tampil sesuai harapan. Bukan sekadar skor akhir 7-0 yang cukup mencolok. Tapi juga dari sisi kerjasama tim.

‘’Kami memang sengaja menggelar internal game atau uji coba lawan tim lain agar tahu progres pemain setelah dua pekan latihan selama puasa. Selain itu agar pemain tidak bosan, makanya sebelum libur kemarin kami ada latihan bersama,’’ jelasnya.

Kuncoro berharap setelah nantinya tim kembali berlatih, kondisi para pemain tetap baik dan tidak mengalami penurunan.

‘’Nanti setelah lebaran tetap akan kami adakan tes endurance. Akan ketahuan siapa yang menjaga latihan dan gak latihan,’’ tambah Kuncoro. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...

Arema

Malang Post – Manajemen dan tim pelatih Arema FC, kembali harus meniadakan latihan bersama secara outdoor dalam tahun 2021 ini. Menyusul keputusan pemerintah dan Satgas Covid-19, menerapkan Pemberlakuan...

Arema

Malang Post – Terhitung tanggal 3-20 Juli 2021, pemerintah telah memberlakukan secara ketat PPKM Darurat Covid-19 (Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat) se Jawa dan Bali. Lantas seperti...

Arema

Malang Post – Head coach Arema FC, Eduardo Filipe Arroja Almeida, kembali dipaksa harus membenahi kondisi fisik atau kebugaran 20 pemainnya. Usai melakoni perjalanan via darat...

Arema

Malang Post – Kick off kompetisi Liga 1 2021, resmi ditunda. Dari jadwal semula 9 Juli, menjadi akhir Juli 2021. Itu pun dengan harapan, Covid-19...

Arema

Malang Post – Tim Singo Edan dipastikan langsung berangkat ke Solo. Sebelum mengikuti turnamen pramusim Piala Walikota Solo 2021, tanggal 29 Juni-4 Juli 2021 mendatang....

Arema

Malang Post – Arema FC hingga kemarin, masih belum memiliki pemain asing. Dari empat slot yang diperbolehkan, belum satupun dikenalkan. Tapi bukan lantas skuat Singo...

Arema

Malang Post – Dua pemain Arema FC, yang baru saja membela Timnas Indonesia, Kushedya Hari Yudo dan Muhammad Rafli, tak juga kunjung bergabung latihan. Keduanya...