Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Dukung Sentralisasi, Siap Berbagi Kandang

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo (Foto: Istimewa)

AMEG – Arema FC mendukung rencana PT Liga Indonesia Baru (LIB), menggelar kompetisi Liga 1 2021, dengan format sentralisasi di Pulau Jawa. Pilihan itu dianggal ideal untuk dilakukan PT LIB, di tengah kondisi pandemi Covid-19, yang belum mereda.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo menyebut, opsi tersebut merupakan pilihan yang win-win solution bagi semua pihak. Selain dapat meminimalisir penularan Covid-19 karena aktivitas tim cukup minim, terutama soal transportasi. Juga menekan biaya perjalanan.

Baca Juga ----------------------------

‘’Seperti yang pernah kami usulkan, solusinya demikian. Kompetisi tetap penuh, home and away, tapi terpusat di Jawa. Saya yakin, PSSI maupun LIB akan mengambil solusi paling terbaik untuk kompetisi Liga 1 nanti,’’ jelas Ruddy.

Bahkan untuk mendukung upaya tersebut, skuat Singo Edan juga mempersilahkan apabila ada tim dari luar Pulau Jawa, yang ingin bermarkas di Malang. Ruddy Widodo pun siap berbagi kandang dengan tim lain, demi kelancaran kompetisi Liga 1 2021.

‘’Banyak stadion (di Jawa) yang bisa dipakai. Silahkan saja (Stadion Kanjuruhan) dipakai,’’ ucap Ruddy.

Malang Raya sendiri, saat ini memiliki dua stadion yang bisa menjadi markas tim. Yakni Stadion Kanjuruhan, di Kepanjen Kabupaten Malang dan Stadion Gajayana, yang berada di Kota Malang.

Kedua stadion tersebut dapat menjadi opsi bagi tim luar Pulau Jawa, yang ingin bermarkas di Malang, apabila kompetisi Liga 1 2021 resmi digelar dengan sistem bubble atau sentralisasi di Pulau Jawa.

Stadion kanjuruhan di Kecematan Kepanjen, Kabupaten Malang (Foto: istimewa)

Sementara itu, guna mengantisipasi insiden yang melibatkan suporter di Jakarta dan Bandung, setelah Piala Menpora 2021 tidak terjadi di Malang, Singo Edan berencana bertemu dengan suporter dan membahas langkah antisipasinya. 

Piala Menpora 2021 sudah berakhir pada 25 April. Secara teknis, turnamen pramusim berjalan sesuai mulus. Protokol kesehatan yang diterapkan juga bisa dijalankan maksimal.

Tapi ada satu hal yang jadi catatan, terkait dua pengumpulan massa setelah partai final Persija Jakarta melawan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Di Jakarta, fans Persija sempat melakukan pawai. Sementara di Bandung, fans Persib melakukan pelemparan ke kantor  klub, gara-gara kecewa lantaran timnya kalah di final.

Dua insiden tersebut menjadi catatan tersendiri. Penyelenggara dan klub bertekad ikut meredakan aksi yang kemungkinan bisa terjadi di Liga 1.

Arema sendiri tidak ingin kejadian di Bandung dan Jakarta terulang di Malang, meskipun sampai saat ini aksi Aremania masih kondusif.

‘’Saat Liga 1 2021 nanti digelar, suporter pasti yang akan jadi perhatian. Seperti Persib, Persija, Persebaya dan termasuk Arema. Nanti, kami harus kumpulkan dan sharing dengan suporter untuk melakukan sejumlah antisipasi,’’ jelas Ruddy.

‘’Suporter tak akan kecewa timnya kalah asal sudah bermain mati-matian. Tapi kami tetap khawatirkan fanatisme berlebihan dalam mengungkapkan kekecewaan,’’ imbuhnya.

Manajemen Arema sudah cukup lama, tidak duduk bersama dengan Aremania. Biasanya suporter lebih sering menggelar pertemuan dengan panpel dan pihak keamanan untuk koordinasi terkait pertandingan. Bisa jadi, sharing manajemen dengan Aremania jelang Liga 1, membuat mereka lebih solid. Arema memang butuh pendekatan lagi dengan suporter setelah jumlah penonton di stadion menurun setiap tahunnya. ( Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Universitas Negeri Malang (UM) menghadiri kegiatan seremonial penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Ini menandai dimulainya kerjasama...

headline

Malang Post – Sabtu (7/8/2021) pagi, Forkopimda Malang Raya bersilaturahmi dengan Manajemen Arema FC dan Aremania. Bertempat di Ballroom Hotel Trio Indah Kota Malang....

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...

Arema

Malang Post – Nasib keberlangsungan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 ke depan, benar-benar sangat bergantung pada kondisi fluktuatif pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Tanah Air.  Jika angka...

Arema

Malang Post – Kick off kompetisi Liga 1 2021, resmi ditunda. Dari jadwal semula 9 Juli, menjadi akhir Juli 2021. Itu pun dengan harapan, Covid-19...

Arema

Malang Post – Kompetisi Liga 1 2021/2022, tinggal menyisakan waktu sebulan ke depan, yang bakal memulai kick-off. Namun skuat Arema FC, harus tergerus alias berkurang...

Arema

Malang Post – Terakhir kali tim Singo Edan, saat bernama Arema Indonesia, memboyong gelar juara liga domestik di Tanah Air pada musim 2009/2010. Pada kompetisi...

Arema

Malang Post – Manajemen Arema FC, mengusung usulan pengetatan protokol kesehatan Covid-19, dalam manager meeting edisi kedua secara tatap muka, awal pekan ini. Hal itu...