Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Pilih yang Tahan Banting

grafis: Mat Kribo

AMEG – Sosok kandidat pelatih terkuat, yang bakal menukangi Arema FC pada kompetisi Liga 1 2021 mendatang, sangat dinanti-nanti publik sepak bola Malang Raya. Meski manajemen Singo Edan sampai saat ini memilih bungkam. Lantaran si calon pelatih belum hadir di Malang, sekaligus tanda tangan kontrak.

‘’Sejak awal manajemen dan direksi klub, sama-sama sepakat Arema FC akan menggunakan pelatih asing. Yang yang memiliki pengalaman melatih klub di Indonesia. Tapi sementara ini, kami tidak ingin terlalu terburu-buru mendatangkannya.

Baca Juga ----------------------------

Sebelum Polri menurunkan atau memberikan izin kompetisi kepada PSSI,’’ tegas Manajer tim Arema FC, Ruddy Widodo.

Padahal diakui, manajemen tim banjir lamaran dan bidikan calon-calon pelatih baru. Baik asing maupun lokal. Untuk membesut Johan Ahmad Alfarizin dan kawan-kawan pada musim 2021.

Satu persatu nama menepi. Alias tak lagi masuk daftar bidikan, dengan banyak pertimbangan. Termasuk tak ada kecocokan nilai kontrak dan kendala non teknis lainnya.

Sebut saja nama-nama Angel Alfredo Vera (Argentina), Iwan Setiawan (Indonesia), Joko ‘Gethuk’ Susilo (Indonesia), Sergio Ricardo de Paiva Farias (Brasil) dan Edson Araujo Tavares (Brasil).

Bahklan dua mantan head coach Arema, yakni Milan Petrovic (Slovenia) dan Milomir Seslija (Bosnia and Herzegovina), juga masuk hitungan.

‘’Calon pelatih Arema itu, secara teknis harus memiliki kemampuan teknis tinggi, kaya strategi atau taktik. Secara mental dan psikologi, dia juga harus tahan banting menghadapi tekanan.

Baik suporter ataupun beban berat kondisi kompetisi sepak bola di Indonesia,’’ ujar mantan bomber Arema Malang 2003-2005, Franco Martin Hita Gonzalez.  

‘’Soal gaya sepak bola Latin, pelatih tidak harus dari Amerika Latin. Bisa dari negara lain, tapi secara teknis paham gaya sepak bola Latin dan terpenting karakter Arema. Saran saya, selektif ambil pelatih, tidak hanya dari kurikulum vitae saja,’’ tandas Franco Hita.

Paling tidak kini mengerucut pada tiga nama kandidat pelatih Arema musim 2021. Pertama Divaldo Silva Teixeira Alves (Portugal), yang sukses membawa  Persebaya Surabaya 1927 runner up pada kompetisi IPL 2011/2012. Dia memiliki lisensi UEFA Pro Licence (2010).

Kemudian Wesley Gomes de Oliviera (Brasil), pelatih berlisensi A CONMEBOL (Confederacion Sudamericana de Futbol), yang pernah menukangi Madura United. Pada kompetisi Liga 1 2019 dengan dukungan minim manajemen tim, akhirnya Kalteng Putra menghuni dasar klasemen dan terdegradasi ke Liga 2 2020.

Nama Eduardo Filipe Arroja Almeida (Portugal), juga menjadi sosok terkuat berlabuh ke tim Singo Edan. Dua musim dia bersama Semen Padang, pada paruh kedua Liga 1 2019 dan Liga 2 2020.

Selain fasih berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Eduardo dibekali lisensi UEFA Pro Licence (2011). ‘’Sejak era Galatama dan Liga Indonesia, Arema selalu dilatih oleh pelatih-pelatih yang mempunyai karakter klop dengan karakter permainan Arema.

Karakter permainan yang khas dengan main agresif dalam menyerang, pressing, dan perebutan bola dengan lawan. Ya seperti itulah tipikal permainan Arema sejak lama. Seperti itu jugalah sosok pelatih yang dibutuhkan Arema,’’ timpal asisten pelatih Arema FC, Kuncoro. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Arema

Malang Post – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sempat angkat bicara mengenai kekuatan Arema FC. Yang dijadwalkan menjadi lawan tanding pasukannya, di Piala Wali...

Arema

Malang Post – Terakhir kali tim Singo Edan, saat bernama Arema Indonesia, memboyong gelar juara liga domestik di Tanah Air pada musim 2009/2010. Pada kompetisi...

Arema

Malang Post – Persiapan menghadapi bergulirnya Liga 1 2021, terus dilakukan skuat Singo Edan. Latihan rutin terus digilir di beberapa lokasi. Selain di Stadion Kanjuruhan,...

Arema

Malang Post – Manager meeting yang pertama, untuk Liga 1 2020/2021, digelar kemarin melalui zoom meeting. Digelar operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan...

Arema

Malang Post – Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2021/2022, pada 10 Juli 2021 mendatang, skuat Arema FC terus berbenah dalam 60 hari terakhir. Pasca gagal...

Arema

Malang Post – Skuat Singo Edan, sudah kembali berlatih bersama, sejak Kamis (20/5/2021) lalu. Bersamaan dengan bergabungnya pelatih baru, Eduardo Almedia. Sekalipun melalap program perssiapan...

Arema

AMEG – Manajemen Arema FC, akhirnya memastikan. Eduardo Filipe Arroja Almeida, Kamis (20/5/2021) siang, sebagai arsitek baru. Untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021 mendatang....

Arema

AMEG – Arema FC menyambut antusias, kabar akan dilibatkan dalam turnamen pra musim. Yang akan diadakan Nine Sport, jelang Liga 1 2021. Namun manajemen...