Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Tunggu Evaluasi Piala Menpora

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

AMEG – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, telah bertemu dengan Menpora Zainudin Amali. Untuk membahas persiapan kompetisi Liga 1 2021. Kedua belah pihak akan menunggu hasil evaluasi Piala Menpora 2021 dan melakukan komunikasi lebih lanjut.

PSSI berencana menggulirkan Liga 1 pada 3 Juli mendatang. Saat ini federasi masih fokus menyelesaikan turnamen pramusim, Piala Menpora yang juga jadi turnamen percobaan sebelum kompetisi.

Baca Juga ----------------------------

‘’Kami melaporkan perencanaan kompetisi Liga 1. Surat menyurat untuk Menpora, Kepolisian dan juga Satgas Covid sedang PSSI siapkan. Kami ingin Liga 1 bergulir pada 3 Juli. Itu waktu yang tepat sampai Maret 2022,’’ kata Iriawan.

‘’Kita menunggu sampai laga final Piala Menpora, tentu Polri akan melihat serta melakukan evaluasi dari pertandingan-pertandingan di Piala Menpora,’’ tambahnya.

PSSI optimistis, pihak Kepolisian dan pemerintah akan memberikan izin bergulirnya Liga 1 dan Liga 2. Hal ini karena turnamen pra musim Piala Menpora 2021 sampai menjelang akhir, berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi kinerja PSSI selama penyelenggaraan Piala Menpora dan perencanaan kompetisi Liga 1 2021. Dia juga mendukung rencana kick off pada 3 Juli.

‘’PSSI berkeinginan pada 3 Juli bisa bergulir kompetisi Liga 1. Saya sampaikan sesuai arahan bapak Presiden Joko Widodo untuk mengkaji dan mendiskusikan dengan PSSI terkait gelaran kompetisi nantinya,’’ tuntasnya.

Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menyatakan dukungan agar kompetisi Liga 1 dan 2 digulirkan tahun ini. Kegiatan olahraga di Tanah Air sudah vakum satu tahun terakhir jadi harus segera mulai menyesuaikan dengan keadaan.

Sementara itu COO Madura United, Annisa Zhafarina berpandangan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tidak memiliki alasan, untuk membuyarkan harapan terselenggaranya kompetisi sepak bola domestik tertinggi Indonesia.

Perempuan berusia 26 tahun itu berlandaskan pada penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021, yang menjadi testimoni sepak bola dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Menurutnya, semua pemain harus menjalani tes swab antigen sebelum berlaga.

Di samping itu, ia menuturkan, ruang gerak pemain juga dalam pantauan. Terutama saat penerapan pemusatan penyelenggaraan di Pulau Jawa. Ditambah lagi, jumlah orang di dalam stadion terbatas, selain regulasi tanpa suporter.

‘’Harusnya sih udah (dikeluarkan izin Liga 1 2021). Itu juga sebelum masuk stadion, sebelum main dites (swab atau antigen). Insyaallah, aman. Pemain juga tidak ada yang travelling, tidak ada yang pindah-pindah. Semuanya di zona yang termonitor,’’ katanya.

Penyelenggaraan Piala Menpora 2021 sendiri, memang menjadi uji coba buat seluruh kontestan Liga 1 2021. Jika turnamen pramusim ini berjalan lancar, pihak Polri juga akan mengeluarkan izin untuk menggelar Liga 1.

Sejauh ini, tidak ada masalah yang menghambat terselenggaranya Piala Menpora 2021. Bahkan, turnamen itu kini sudah mencapai partai final yang mempertemukan Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Kapten Madura United, Fachruddin Aryanto, juga yakin Liga 1 bakal digelar musim ini. Dia tak ingin sepak bola di Indonesia vakum seperti tahun yang sebelumnya, banyak pemain kebingungan sebab hidupnya bergantung pada sepak bola.

‘’Seperti kami yang selama satu tahun lebih tidak bermain sepak bola, karena aktivitas kami hanya itu. Cuma, kami tidak menyerah pada situasi yang kemarin dan semoga segera berakhir pandemi ini,’’ ucapnya. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...

Arema

Malang Post – Nasib keberlangsungan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022 ke depan, benar-benar sangat bergantung pada kondisi fluktuatif pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Tanah Air.  Jika angka...

Arema

Malang Post – Kick off kompetisi Liga 1 2021, resmi ditunda. Dari jadwal semula 9 Juli, menjadi akhir Juli 2021. Itu pun dengan harapan, Covid-19...

Arema

Malang Post – Kompetisi Liga 1 2021/2022, tinggal menyisakan waktu sebulan ke depan, yang bakal memulai kick-off. Namun skuat Arema FC, harus tergerus alias berkurang...

Arema

Malang Post – Manajemen Arema FC, mengusung usulan pengetatan protokol kesehatan Covid-19, dalam manager meeting edisi kedua secara tatap muka, awal pekan ini. Hal itu...

Arema

Malang Post – Surat izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2021/2022 sudah turun. Jadwal kick off, juga sudah ditentukan. Paling tidak pada 10 Juli 2021 mendatang....

Arema

Malang Post – Manager meeting yang pertama, untuk Liga 1 2020/2021, digelar kemarin melalui zoom meeting. Digelar operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan...

Malang Raya

Malang Post – Forkopimda Kota Malang mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang,...