Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuliner

Pasar Takjil Sawojajar, Primadona Pemburu Kuliner

AMEG – Selama Ramadan, bagi sebagian masyarakat, kerap dijadikan momen untuk berburu aneka takjil spesial. Yang bisa menjadi keseruan tersendiri dalam mengisi momen berbuka puasa.

Pasar takjil, merupakan pasar dadakan, yang hanya muncul setahun sekali. Keberadaanya terus menjadi perhatian. Selalu dipenuhi warga, karena mampu memberikan berbagai pilihan menu makanan dan minuman. Yang menjadi incaran menarik saat menyantap menu buka puasa.

Baca Juga ----------------------------

Salah satu pasar takjil yang cukup ramai dikunjungi, yaitu pasar yang berada di kawasan Sawojajar. Tepatnya di belakang pertokoan Danau Toba.

Lokasinya cukup strategis. Berada tepat di gerbang masuk perumahan Sawojajar di Kota Malang. Itulah yang jadi salah satu alasan, mengapa pasar takjil ini selalu menjadi pilihan berburu kuliner berbuka sejak beberapa tahun lalu.

Umar, salah satu pedagang di pasar takjil Sawojajar mengungkapkan, dirinya sudah mengelar dagangan sejak 10 tahun yang lalu. Mulai dari harga sewa Rp500 ribu hingga saat ini yang mencapai Rp1,3 juta. Untuk setiap lapak disewakan dengan lebar 3 meter.

‘’Alhamdulillah meski ada berbagai larangan dari pemerintah, khususnya yang menyangkut pasar takjil, saya masih diberi kesempatan untuk menjual daganga. Meski penjualan mengalami penurunan di banding sebelumnya,’’ ungkap Umar.

Namun demikian, adanya regulasi dari Pemkot Malang, yang membatasi beroperasinya pasar takjil. Atau takjil gratis di badan serta bahu jalan, membuat pemburu kuliner hanya berfokus di beberapa titik. Yang diperbolehkan dan mendapatkan izin mengelar keramaian. Dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tak heran, pemadangan hilir mudik kepadatan masyarakat yang berburu takjil di kawasan tersebut, selalu terlihat setiap harinya.

Menu menu yang di jajakan di kawasan tersebut, di dominasi makanan sayur dan lauk pauk siap santap. Seperti sayur lodeh, sayur asem, capcay, asam asam daging, tumis bunga pepaya dan cah kangkung, aneka sup dan sayur lombok hijau.

Untuk lauk pauk yang dijual, juga tidak kalah menggoda. Yaitu ayam kecap pedas, udang pedas manis, pindai serai gurami, asam manis ikan, tongkol cabai hijau dan aneka olahan ayam.

Untuk snack dan berbagai menu minuman khas Ramadan, juga banyak tersedia. Seperti sosis bakar, cilok, siomay, kemudian kue klepon manis, risoles, lumpia, kue lapis, nagasari, lemper ayam serta daging.

Sementara minuman juga tersedia seperti  aneka es dan kolak manis, bubur kacang hijau, es cincau, es campur, es kelapa muda dan masih banyak lagi tersedia. (avi)      

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...