Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Uji Coba Pertengahan Puasa

KEMBALI: Alfarizi dan pemain Arema lainnya saat berlatih sebelum puasa lalu. Skuat Arema akan kembali berlatih hari ini dalam suasana Ramadan. (Foto: Arema Official)

AMEG – Sesuai jadwal semula, latihan skuat Arema FC, untuk persiapan Liga 1 2021 akan kembali digelar Senin (19/4/2021) hari ini. Selepas seluruh pemain mendapat jatah libur seminggu penuh, di awal Ramadan.

Hanya saja, untuk agenda uji coba, baru akan dijadwalkan pada pertengahan Ramadan mendatang. Bisa jadi hal itu merespon keinginan Persipura Jayapura, yang mengajak sparring partner dengan Singo Edan.

Baca Juga ----------------------------

Latihan di pekan kedua Ramadan ini, rencananya hanya akan diisi dengan sesi game. Yang jumlahnya bakal diperbanyak, ketimbang materi latihan fisik.

Caretaker Pelatih Arema, Kuncoro menjelaskan, sesi game ini bukan sekadar bertujuan untuk melatih taktik dan strategi. Melalui sesi game, level kondisi fisik pemain juga bakal tetap terjaga. Meskipun dapatnya kurang maksimal di tengah berpuasa.

‘’Akan kami lihat nanti situasinya seperti apa. Kalau memungkinkan, ya nanti di pertengahan bulan puasa atau puasa minggu ketiga akan ada semacam uji coba,’’ kata Kuncoro.

Dia juga menyebut, akan ada variasi materi latihan sebelum menggelar laga uji coba internal. Yang pasti, materi latihan taktik dan strategi akan membuka rangkaian latihan sejak hari ini.

Saat bulan puasa memasuki hari kesepuluh ke atas, para penggawa Singo Edan bakal kembali menjalani materi latihan fisik. Namun, pelatih asli Malang ini menegaskan, intensitas latihan fisik di bulan puasa ini tak setinggi sebelumnya.

‘’Kalau sudah sepuluh hari ke atas kan pemain sudah beradaptasi dengan kondisi berpuasa. Nanti latihan fisik ringan-ringan saja, akan kami selang-seling juga pakai bola dan tanpa bola,’’ sebutnya.

Sementara itu, khusus untuk pelatih kiper, Felipe Americo, ada tugas yang diberikan General Manager Arema, Ruddy Widodo, untuk persiapan Liga 1 2021.

Sektor kiper menjadi salah satu evaluasi penting atas kegagalan Arema di Piala Menpora 2021 lalu. Awalnya, sempat ada opsi mengganti pelatih kiper, mengganti kiper, atau mendatangkan kiper asing dalam waktu dekat.

Akhirnya, direksi klub mengambil keputusan mempertahankan Felipe. Catatannya, pelatih asal Brasil itu harus memperbaiki performa kiper-kiper yang ada, seperti Teguh Amiruddin, Utam Rusdiyana, Andryas Francisco, Kartika Ajie dan Muhammad Tegar.

‘’Kalau pelatih kiper, saya pikir masih bisa dipertanggungjawaban. Direksi klub meminta, kalau bisa kiper-kiper yang ada diperbaiki performanya di masa persiapan kompetisi ini,’’ kata Ruddy.

Namun tak hanya meminta Felipe Americo memperbaiki performa kiper-kiper Arema dalam sesi latihan, Ruddy juga memberikan tugas khusus lainnya. Yang tak kalah pentingnya dan harus dilakukan pelatih kiper berusia 38 tahun itu.

Ada sejumlah kekurangan yang tampak jelas di tiga pertandingan Arema di Piala Menpora 2021 lalu. Kebetulan, yang tampil saat itu hanya Teguh dan Utam. ‘’Kalau bisa, kiper-kiper itu diajak latihan build up dan ambil keputusan dengan tepat. Kami yang orang awam melihat anak-anak memang kurangnya di situ. Apakah sejauh ini sudah diterapkan dalam sesi latihan saya belum melihat peruahannya secara langsung,’’ tegasnya. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Sabtu (7/8/2021) pagi, Forkopimda Malang Raya bersilaturahmi dengan Manajemen Arema FC dan Aremania. Bertempat di Ballroom Hotel Trio Indah Kota Malang....

Arema

Malang Post – Terakhir kali tim Singo Edan, saat bernama Arema Indonesia, memboyong gelar juara liga domestik di Tanah Air pada musim 2009/2010. Pada kompetisi...

Arema

Malang Post – Manager meeting yang pertama, untuk Liga 1 2020/2021, digelar kemarin melalui zoom meeting. Digelar operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan...

Arema

Malang Post – Skuat Singo Edan, sudah kembali berlatih bersama, sejak Kamis (20/5/2021) lalu. Bersamaan dengan bergabungnya pelatih baru, Eduardo Almedia. Sekalipun melalap program perssiapan...

Arema

AMEG – Manajemen Arema FC, akhirnya memastikan. Eduardo Filipe Arroja Almeida, Kamis (20/5/2021) siang, sebagai arsitek baru. Untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021 mendatang....

Arema

AMEG – Arema FC menyambut antusias, kabar akan dilibatkan dalam turnamen pra musim. Yang akan diadakan Nine Sport, jelang Liga 1 2021. Namun manajemen...

Arema

AMEG – Trio asisten pelatih Arema FC, Kuncoro bersama kedua rekannya, Singgih Pitono dan Siswantoro, mengagendakan timnya kembali menggelar latihan, Jumat (21/5/2021) sore mendatang....

Arema

AMEG – Eduardo Filipe Arroja Almeida, pelatih baru Arema FC asal  Portugal, diprediksi baru resmi memimpin latihan tim, paling cepat Jumat (21/5/2021) mendatang. Meski...