Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Ajang Evaluasi Sebelum ke AFC Cup

UJICOBA: Fadil Sausu saat turun di salah satu pertandingan. Bali United menjadikan Piala Menpora sebagai ajang ujicoba. (Foto: istimewa)

Bali United memang tersingkir, di babak perempat final Piala Menpora 2021 oleh PS Sleman. Mereka kandas lewat adu tendangan penalti di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Namun, dibalik kegagalannya, Serdadu Tridatu merasa terbantu dengan perhelatan turnamen ini.

Musim kompetisi 2020 terhenti karena pandemi Covid-19, tak mudah bagi klub-klub memulai kembali sepak bola setelah setahun tak bertanding. Piala Menpora 2021 membawa angin segar. Sepak bola bagaimanapun harus berlanjut meski di tengah wabah. Banyak orang menggantungkan nasib di sana.

Baca Juga ----------------------------

Organizing Committee (OC) siap menjawab tantangan, menyiapkan segala sesuatu secara rinci. Terkait perhelatan turnamen dengan protokol kesehatan Covid-19. Tanpa penonton, di rumah saja, jadi tagline yang selalu mereka usung demi kesuksesan Piala Menpora 2021 dan berharap adanya izin/rekomendasi digelarnya kompetisi.

Bagi Bali United keikutsertaannya di Piala Menpora 2021 sangat berharga. Mereka tak ingin membuat kecewa sepak bola Indonesia, kala mentas di kompetisi bergengsi Asia AFC Cup.

Bukan hanya membawa nama klub namun juga membawa nama bangsa. Oleh karena itu, empat penampilan mereka di turnamen jadi cerminan kekuatan tim, yang rupanya masih perlu diperbaiki.

‘’Setelah satu tahun tidak bermain sepak bola, kita senang ada sepak bola lagi di Indonesia. Piala Menpora adalah turnamen sangat bagus untuk Bali United. Semua tim bisa lihat kurang atau bagus untuk persiapan di kompetisi, kita punya Liga 1 dan AFC Cup, kita pasti akan lebih bagus,’’ ungkap pelatih Bali United, Stefano Cugurra, seperti dilansir situs Liga Indonesia Baru, kemarin.

AFC Cup akan mulai kick-offnya pertengahan Mei mendatang. Bali United tergabung di Grup G zona ASEAN bersama Hanoi FC, Boeung Ket dan pemenang play off 1. Bali United masih akan terus berbenah, mereka juga menunggu bergabungnya beberapa pemain pinjaman. Seperti Melvin Platje yang dipinjamkan klub Liga 2 Belanda De Graafschaf, Brwa Nouri ke klub Liga Premier Irak, Zakho FC.

‘’Beberapa pemain tidak bisa bermain di turnamen (Piala Menpora 2021) karena cedera. Ada juga yang dipinjam, kita masih kekurangan pemain asing, masih tidak punya tiga pemain asing. Tapi mayoritas mereka punya kontrak, semua akan balik lagi ke Bali untuk kerja keras,’’ katanya.

Sementara bagi Kapten Bali United, Fadil Sausu, juga mengambil hikmah dari kegagalan yang dialami timnya. Kegagalan itu bisa dijadikan bahan evaluasi untuk melakukan persiapan lebih baik dalam melakoni turnamen lainnya.

Apalagi kegagalan di Piala Menpora 2021, membuat Bali United langsung mengalihkan fokus ke turnamen lainnya. Seperti diketahui, klub asal Pulau Dewata itu akan tampil di Piala AFC 2021 yang digelar pada Juni mendatang.

‘’Perjalanan kami pada pramusim Piala Menpora ini bagi saya, sebagai ajang persiapan untuk kompetisi resmi lainnya,’’ kata Fadil Sausu.

‘’Secara pribadi, saya pakai kegagalan itu, untuk introspeksi mana yang kurang dan yang harus ditambah. Untuk itu, tim harus berusaha dan kerja keras daam latihan selama persiapan Piala AFC mendatang,’’ tegas Fadil Sausu.

Fadil Sausu menyambut antusias Ramadan 2021. Pemain berusia 35 tahun itu mengaku tetap bersemangat berlatih bersama Bali United meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Bali United kembali menjalani latihan pada Sabtu (17/4/2021) malam. Fadil mengaku hanya melakukan penyesuaian saja saat melakukan latihan pada bulan Ramadan.

‘’Bagi saya tidak ada masalah antara puasa dengan latihan malam hari. Hanya perlu penyesuaian awal latihan saja,’’ tegas Fadil. (Ra Indrata)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Olahraga

AMEG – Penampilan kurang maksimal Farshad Noor di turnamen Piala Menpora 2021, menjadi alasan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tak memasukannya dalam skuat....

Olahraga

AMEG – Pasca turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 dan menjelang digulirkannya Liga 1 2021, beredar kabar kuota pemain asing akan berkurang. Menjadi 2+1 yang...

Olahraga

AMEG – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, pada Selasa (27/4/2021) di kantor Kemenpora, Senayan,...

Olahraga

AMEG – Persija masih tetap unggul. Setelah di leg pertama, Kamis (22/4/2021), Persib dikalahkan 2-0. Lewat gol-gol Braif Fatari dan Taufik Hidayat. Dan semalam,...

Olahraga

AMEG – Jelang menghadapi laga perebutan tempat ketiga Piala Menpora 2021, melawan PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (24/4/2021) malam nanti, pelatih PS...

Olahraga

Malam Ini, Persija vs Persib di Partai Final AMEG – DUA tim musuh bebuyutan, Persib Bandung dan Persija Jakarta, akan mengawali pertandingan final leg...

Arema

AMEG – Pasca tuntas gelaran babak grand final Piala Menpora 2021, dua leg tanggal 22 April dan 25 April 2021, antara Persija Jakarta melawan...

Olahraga

AMEG – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), mendapat pujian dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Atas konsistensi dalam menerapkan protokol...