Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Masih Muda Tapi Sering Lupa, Ini Penyebabnya

Foto Ilustrasi. (Shutterstock)

AMEG – Anda tentu pernah tiba-tiba lupa dimana menaruh kunci, lupa menaruh dompet, lupa password media sosial, bahkan lupa akan melakukan kegiatan apa. Menyebalkan bukan ? Lupa tentu menjadi hal yang wajar seiring dengan pertambahan usia. Namun kondisi ini juga banyak dialami anak muda. Kenapa kondisi ini bisa terjadi ?

Dokter umum RS Awal Bros Batam yaitu dr. Hendra Saputra menyebut bahwa pelupa di usia muda bisa terjadi karena faktor konsentrasi. Ketika konsentrasi menurun, maka daya tangkap memori juga berkurang.

Baca Juga ----------------------------

“Konsentrasi berkurang bisa karena oksigen yang kurang, gizi makanan yang kurang dijaga, kurangnya mineral, hingga kurangnya elektrolit yang juga mempengaruhi kerja otak. Berhubungan dengan gaya hidup seseorang,” katanya, mengutip laman RS Awal Bros.

Berikut adalah beberapa hal yang menyebakan sesorang mudah lupa, dikutip dari berbagai sumber.

Kelelahan

Salah satu faktor yang dapat menurunkan memori adalah kelelahan. Kelelahan yang dimaksud adalah kelelahan serius yang terus-menerus. Ini mungkin menjadi masalah medis yang membutuhkan perhatian lebih atau evaluasi. Jika kelelahan yang Anda alami mulai menimbulkan masalah, khususnya terhadap ingatan Anda, segera cari pertolongan dokter.

Kurang tidur

Mengutip halodoc,  kurang tidur dapat memicu kecemasan dan menyebabkan perubahan mood, sekaligus menurunkan kemampuan berkonsentrasi. Inilah penyebab Anda sering lupa. Tidak hanya soal kuantitas tidur, kualitas tidur juga harus diperhatikan, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Kurang latihan fisik

Saat melakukan latihan fisik, jantung memompa  darah yang kaya oksigen ke otak. Kondisi ini membuat Anda waspada dan tajam mental. Selain itu, latihan fisik bisa membuat tubuh lebih bugar. Sehingga bagian otak yang disebut hippocampus ikut berkembang. Peningkatan volumenya akan membuat ingatan lebih tajam dan kemampuan belajar lebih baik.

Penelitian yang dituliskan di NeuroImage menyebut, hanya butuh waktu  enam minggu latihan aerobik untuk mendapatkan hasilnya. Selain itu, ada studi yang menemukan bukti awal rutin berolahraga ringan merangsang daerah otak yang terlibat dalam fungsi memori. Sehingga ingatan anda akan lebih baik dari mereka yang kurang latihan fisik.

Konsumsi beberapa jenis obat

Pelupa juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tersentu. Biasanya antidepresan seperti paroxetine dan amitryptiline, juga obat-obatan antihistamin seperti cimetidine, brompheniramine, atau chlorpheniramine dapat memengaruhi daya ingat. Jika kondisi ini mengganggu anda, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat pengganti.

Gangguan emosi

Gangguan kecemasan, stres atau depresi, bisa menyebabkan Anda sering lupa. Sebab akan  membuat Anda sulit menerima informasi, serta tidak mampu berkonsentrasi. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan gangguan tidur yang akan memperparah gejala gangguan emosi maupun kemampuan mengingat.

Penyakit tertentu

Pelupa juga bisa disebabkan penyakit seperti cidera kepala, tumor, infeksi otak, penyumbatan pembuluh darah, gangguan hati, ginjal dan kelenjar tiroid. Beberapa penyakit tersebut membuat kemampuan menerima, menyimpan dan mengolah informasi jadi terganggu.

Konsumsi minuman Beralkohol

Alkohol dapat mempengaruhi ingatan jangka pendek. Bahkan setelah efek alkoholnya hilang. Tidak heran jika Anda lupa apa yang telah dilakukan saat mabuk. Jadi yang suka kobam, sebaiknya mulai dikurangi. Mumpung momen bulan suci Ramadan.

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga sel saraf, termasuk yang berada di otak. Kekurangan Vitamin B12 bisa mempengaruhi ingatan Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kondisi kekurangan vitamin B12 berhubungan dengan berkurangnya kemampuan mengingat seseorang. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berat dikatakan dapat menyebabkan amnesia. Vitamin B12 bisa didapat dari seafood, seperti kerang, kepiting, salmon, dan tuna. Atau juga bisa dari daging sapi, telor, susu dan yogurt.

Nah, itulah beberapa penyebab Anda sering lupa, walau usia masih muda. Segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan analisisi lebih akurat terkait penyebab lupa yang dialami. Jangan sampai lupa mengganggu kehidupan Anda. Layaknya  kenangan mantan yang sulit dilupakan. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Luka bakar serius diderita Yila Arbahana (52). Akibat kebakaran di rumahnya. Kamis (29/7/2021) siang. Warga , sekitar Jl Sanan Gang 2 No.12...

Dahlan Iskan

Tidak punya uang pusing. Dapat uang Rp 2 triliun juga pusing. Coba pikir, mau diapakan uang sebanyak itu. Misalkan saya jadi Irjen Pol Eko...

News

Malang Post – Kepedulian sosial saat ini benar-benar diuji. Tak perlu jauh. Perhatian terhadap orang didekat kita. Mereka yang terpapar Covid. Pasti butuh support. Seperti...

headline

Malang Post – Program yang digencarkan Walikota Malang Drs H Sutiaji tentang lima strategi penanganan Covid mulai membuahkan hasil. Diantaranya Malpro (Malang beli produk lokal),...

Malang Raya

Malang Post – Setelah 37 tahun menjadi anggota polwan, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengakhiri masa tugasnya di Polresta Malang Kota, pada usia 58 tahun....

Malang Raya

Malang Post – Ada yang menarik setelah rapat evaluasi Pemkot Malang dan Forpimcam Lowokwaru dan Blimbing. Walikota Malang Sutiaji dan peserta rakor mempraktekkan cara menggunakan...

Malang Raya

Malang Post –  Jumlah kasus Covid masih tinggi. Pemkot Malang pun menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Kali ini Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Warga Kabupaten Malang menyambut antusias gelaran Vaksinasi Gotong Royong. Giat ini diselenggarakan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) dan Keluarga Besar UB (Universitas Brawijaya),...