Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pemudik di Kota Malang Bakal Disekat, Ini Titik Lokasinya

AMEG – Sesuai instruksi Pemerintah RI, yang memutuskan melarang mudik lebaran Idul Fitri 1422 H/2021, Kota Malang pun menerapkan pencegahan. 

Caranya, dengan melakukan penyekatan di perbatasan kota.

Baca Juga ----------------------------

“Kami mengamankan kebijakan pemerintah untuk larangan mudik lebaran tahun ini,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Leonardus Simarmata setelah Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021, bertempat di halaman Polresta Malang Kota pada Senin (12/4/2021).

Nantinya direncanakan akan ada operasi khusus dalam upaya mencegah para pemudik. 

“Kalau menurut pak Kapolda nanti ada tujuh titik se Jawa Timur. Nah, kami di Kota Malang mengambil langkah antisipasi yang melalui jalan darat, berupa pembatasan,” ungkapnya.

Namun pihaknya juga bakal terus melihat perkembangan di lapangan. 

“Kita lihat dulu ekskalasinya. Kalau tidak ada peningkatan ya kami tidak laksanakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution mengatakan. Penyekatan di Kota Malang rencananya akan di lakukan di dua titik di perbatasan. 

“Rencananya di Graha Kencana Balearjosari dan Exit Tol Madyopuro. Tapi ini masih menanti petunjuk pelaksanaan dan dasar hukumnya dari Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jatim,” pungkasnya.

Untuk teknis pelaksanaannya, tidak berubah seperti saat PSBB Malang Raya tahun lalu. 

“Di pos penyekatan dan pengamanan itu nanti kami laksanakan pemeriksaan berdasarkan KTP orangnya, kalau bukan Malang Raya kami tindak dengan putar balik, bukan berdasarkan pelat nomor,” bebernya.

Larangan mudik ini diberlakukan pengecualian bagi sektor distributor logistik hingga pelaku perjalanan dengan kebutuhan mendesak. 

Kategori perjalanan mendesak itu adalah perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil didampingi oleh satu orang anggota keluarga, hingga kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang.

Bagi orang yang akan melakukan kebutuhan mendesak, wajib memiliki surat izin keluar masuk (SIKM). 

Berikut kriteria penggunaan SIKM.

  • Pegawai instansi pemerintahan/ASN, pegawai BUMN/BUMD, prajurit TNI, dan anggota Polri melampirkan print out surat izin tertulis dari pejabat setingkat eselon II yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan.
  • Pegawai swasta melampirkan print out surat izin tertulis dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik pimpinan perusahaan serta identitas diri calon pelaku perjalanan.
  • Pekerja sektor informal maupun masyarakat umum harus melampirkan print out surat izin tertulis dari kepala desa/lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik kepala desa/lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan.
  • Masyarakat umum nonpekerja melampirkan print out surat izin tertulis dari kepala desa/lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik kepala desa/lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

SIKM itu berlaku secara individual dan hanya untuk satu kali perjalanan pergi-pulang lintas kota/kabupaten/provinsi/negara. SIKM ini wajib dimiliki oleh pelaku perjalanan dewasa yang berusia 17 tahun. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...

ShowBiz

Malang Post — Grup band rock asal Malang, d’Kross, akan berkolaborasi dengan pedangdut terkenal, Clara Gopa (Duo Semangka).  Ini menjawab rasa penasaran para d’Krosser (fans...

Malang Raya

Malang Post — Tepat pada Jumat (22/10/2021) adalah Hari Santri Nasional. Pandemi Covid-19 belum usai, tapi peran santri di Indonesia sangat besar untuk memajukan Indonesia....

Wisata

Malang Post — HARRIS Day, event olahraga tahunan untuk mempromosikan gaya hidup sehat yang dihadirkan HARRIS Hotels. Kembali hadir tahun ini menyambut ulang tahun Brand...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Malang bersama Kodim 0833 melakukan aksi pelayanan laporan masyarakat. Yakni, dengan mengevakuasi seorang...

headline

Malang Post – Turunnya level PPKM menggeliatkan gairah dunia wisata dan perjalanan keluar kota. Termasuk wisatawan yang menggunakan jalur transportasi kereta api (KA). Lantaran...