Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Sembilan Tempat di Kota Batu Rusak Digoyang Gempa

AMEG – Akibat terjadinya gempa bumi berkekuatan 6.7 Magnitudo. Yang berpusat di 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang, pada Sabtu 14.00 kemarin. Setidaknya ada sembilan titik lokasi di Kota Batu yang mengalami kerusakan.

Sembilan tempat itu terdiri dari empat unit gedung sekolah, satu unit tempat usaha rusak ringan, satu unit tempat bangunan wisata rusak sedang, dua unit rumah rusak ringan dan satu unit gedung pemerintahan rusak ringan.

Baca Juga ----------------------------

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan kerusakan pertama terjadi di Batu Secret Zoo (JTP 2) Kota Batu. Berada di koordinat S 7.889839° E 112.526641°. Dimana adanya gempa tersebut mengakibatkan wahana patung gorila bagian kepala mengalami kerusakan.

“Wahana patung gorila dengan ketinggian 7 meter mengalami kerusakan. Kerusakan berada di bagian kepala. Dalam peristiwa tersebut, tidak ada wisatawan yang menjadi korban,” kata Agung kepada Malang Post.com, Minggu (11/4/2021).

Lokasi kedua, berada di Gedung DPRD Kota Batu, Jalan Katjoeng Permadi RT 1 RW 6 Desa Junrejo Kecamatan Junrejo. Tepatnya berada di titik kordinat  S 7.9045873° E 112.5527064°. Mengakibatkan atap gedung DPRD bergeser sehingga menyebabkan atap plafon dan gypsum berjatuhan.

Lokasi ketiga, terjadi di Rumah Bapak Fafan, Jalan Patimura RT 6 RW 7 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. S 7.883764° E 112.539687°. Mengalami kerusakan karena tertimpa tembok yang roboh. “Kerusakan terdapat di bagian atap bengkel Bapak Fafan. Mengalami kerusakan dengan panjang 2,5 Meter dan lebar 1 Meter,” katanya.

Selanjutnya, adanya gempa itu juga merusak bangunan sekolah SMA Negeri 1 Batu, Jalan H Agus Salim, No 57, Kelurahan Sisir. Berada di titik koordinat S 7.8789274° E 112.5258007°. Gempa tersebut mengakibatkan atap genteng di beberapa ruang mengalami kerusakan. Diantaranya berada di ruang kelas IPA 6, ruang pembuatan kompos dan ruang komputer.

“Plafon ruang kelas IPA 6 mengalami kerusakan dengan diameter panjang 7 M dan lebar 1 M. Sedangkan untuk ruang pembuatan kompos mengalami kerusakan sepanjang 8M dan lebar 4 M. Gempa tersebut juga menyebabkan atap genteng di ruang komputer berjatuhan,” terangnya.

Berikutnya lokasi ke lima terdampak gempa, berada di SMP PGRI 01 Kota Batu, Jalan Wilis, Gang IV Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Di titik koordinat S 7.8689517° E 112.5286382°. Akibat getaran gempa, plafon di salah satu ruang kelas sekolahan mengalami kerusakan.

Ke enam, kerusakan akibat gempa terjadi di Asrama Putri MAN Ma’had Al Ulya, Kota Batu, Jalan Patimura, Gang 05 RT 01 RW 07, Kelurahan Temas. Berada di titik koordinat S 7.8844097° E 112.5356526°.

“Gempa tersebut menyebabkan robohnya tandon air sehingga menimpa bangunan kamar mandi. Bangunan kamar mandi dengan luas panjang 4 M dan lebar 1 M mengalami kerusakan karena tertimpa tandon air yang roboh,” jelas dia.

Lokasi ke tujuh, kerusakan akibat gempa terjadi di Jalan Darmo Ngaliman RT 04 RW 02 Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Berada di titik koordinat S 7. 883328° E 112.501282°.

“Gempa tersebut mengakibatkan Rumah Bapak Suwito mengalami kerusakan. Bentuk kerusakan berupa retakan di bagian dinding rumah. Dinding rumah retak sepanjang 1 M dengan posisi memanjang ke atap,” tutur Agung.

Kerusakan serupa juga terjadi di rumah Bapak Rapian. Berlokasi di RT 1 RW 2 Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Berada di titik koordinat S 7.914121° E 112.535511°. Rumah tersebut mengalami retakan di dua titik. Dimana menyebabkan mengelupasnya tembok dengan dimensi 3×3 M dan 2×3 M.

“Dengan adanya kurasakan akibat gempa tersebut, kerugian ditafsir mencapai Rp 20 juta. Namun itu belum termasuk salah satu wahana wisata yang rusak,” katanya.

Lebih lanjut, dengan adanya peristiwa tersebut, BPBD Kota Batu kini terus lakukan pemantauan dan monitoring di tiga kecamatan Kota Batu. Monitoring itu dilakukan melalui perangkat radio komunikasi Repeater VHF internet, SMS, WA dan Call Center.

Selain itu juga dilakukan piket standby force tim reaksi cepat penanggulangan bencana 24 jam. Selain itu Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu juga turut melakukan monitoring rutin di kawasan rawan banjir, tanah longsor dan angin kencang.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Seorang warga Kelurahan Songgokerto bernama Nanang ditemukan tewas saat mencari rumput di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Diketahui, Nanang sering mencari rumput di...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin prokes. Digelar dalam rangka PPKM Mikro di wilayah...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Selasa (15/6/2021) pagi, giliran warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang yang divaksin.  Vaksinasi diikuti 150...

Opini

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Membahas tentang kebudayaan Indonesia tentu bukan lah sutau hal yang asing...

Dahlan Iskan

Ini taruhan baru: apakah RUU Pajak akan ditarik oleh pemerintah atau diminta terus dibahas di DPR. Tokoh DPR dari Golkar jelas minta agar RUU...

Arema

Malang Post – Manajemen tim Arema FC, mendadak merilis dua unggahan pada akun resmi instagram mereka @aremafcofficial. Bergambarkan Diego Michiels dan bertuliskan; Welcome to Arema FC dan Selamat...

Arema

Malang Post – Dua tim papan atas di Tanah Air, Arema FC dan Persib Bandung, harus ‘saling bunuh’ lebih awal. Di even pramusim Piala Walikota...