Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Vaksin Aman untuk Penyandang Disabilitas

TALK SHOW: Dialog produktif bertema: Vaksinasi Inklusif untuk Disabilitas, yang diselenggarakan KPCPEN.( Foto: KPC PEN)

AMEG – Penyandang disabilitas yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta, telah menjalani vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan. Pemberian vaksin Covid-19 terhadap penyandang disabilitas ini, telah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Terhadap kelompok disabilitas agar tidak tertinggal dari jangkauan pemerintah.

‘’Harapannya kelompok disabilitas ini, bisa merasakan program pemerintah. Mungkin banyak yang belum merasakan program pemerintah karena akses informasinya yang terbatas,’’ ujar Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden, Kamis (8/4/21).

Baca Juga ----------------------------

‘’Itulah mengapa kita buat Gerakan Indonesia Bisa. Agar kelompok rentan ini bisa mengakses informasi, fasilitas, kesehatan, dan banyak hal, salah satunya bisa mendapatkan vaksinasi,’’ terang Angkie lebih lanjut lagi.

Budi Prasodjo, Kepala Sekolah SLB/G Yayasan Dwituna Rawinala, menyampaikan hal yang sama dengan Angkie. Penyandang disabilitas perlu mendapat akses yang sama.

‘’Sampai saat ini, Alhamdulillah akses informasi dari berbagai kementerian selalu terinformasikan kepada kami. Khususnya untuk vaksinasi disabilitas. Justru kami mendapatkan informasi terlebih dahulu, sehingga kami juga yang menginformasikan ke beberapa SLB lainnya,’’ jelas Budi.

Tidak hanya informasi, kemudahan fasilitas pun diberikan kepada penyandang disabilitas, untuk menjangkau lokasi vaksinasi Covid-19.

‘’Pemerintah dalam hal ini Dishub, juga memfasilitasi kami ke Senayan secara gratis untuk menerima vaksinasi,’’ terangnya.

Hebatnya, tidak hanya bagi dirinya sendiri, Jaka Ahmad, Komedian Penyandang Disabilitas juga berhasil memberikan informasi yang benar kepada kedua orang tuanya mengenai vaksinasi Covid-19 ini.

‘’Saya memang harus menjadi penengah kepada orang tua saya, mengenai informasi yang masuk seputar vaksinasi Covid-19, sehingga saya bisa memberikan informasi yang cukup valid kepada orang tua saya. Saya berkeyakinan, kita punya tanggung jawab tidak hanya kepada orang tua tapi juga lingkungan di sekitar kita untuk memberikan informasi yang valid, apalagi kita mampu mensosialisasikan informasi yang benar,’’ terang Jaka.

Selama proses vaksinasi penyandang disabilitas perlu didampingi, namun begitu hingga sekarang vaksinasi Covid-19 bagi mereka berlangsung aman.

‘’Sejauh ini vaksinasi Covid-19 aman untuk penyandang disabilitas. Tapi untuk KIPI normal seperti ngantuk, lapar, itu terjadi tapi tidak ada berlebihan,’’ terang Angkie.

‘’Senangnya adalah, semua berterimakasih untuk diberikan kesempatan untuk vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas ini. Mengingat akses informasi sangat terbatas, dari orang tua penyandang disabilitas, kepala sekolah, semua senang sekali,’’ tutup Angkie. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya mendukung program percepatan vaksin yang dicanangkan pemerintah, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) hari ini menggelar vaksinasi massal. Sebanyak 2.500 dosis...

Pendidikan

Malang Post — Tidak hanya pembukaannya saja yang meriah, penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipenuhi penampilan yang atraktif. Mulai...

Pendidikan

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga...

News

Malang Post – Polresta Malang Kota, Senin (27/9/2021) siang, membeberkan minuman keras jenis arak Bali. Ini  hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 dan Operasi Patuh Semeru....

Malang Raya

Malang Post – Serbuan Vaksinasi massal untuk masyarakat terus bergulir. Kali ini bertempat di Universitas Negeri Malang, Senin (27/9). Serbuan Vaksin ni merupakan vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang kejar target vaksinasi. Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama Forkopimda terus upayakan percepatan vaksinasi. Seperti yang terlihat di Lembah...

Malang Raya

Malang Post – Senin, 27 September 2021, hari ini, vaksinasi di Sukun digelar di dua lokasi.Pertama, vaksinasi covid-19 untuk warga masyarakat di wilayah kerja...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...