Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Awal Ramadan Pembelajaran Tatap Muka Dimulai

AMEG – Pemerintah Kota Malang mendorong Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), untuk tetap berjuang ekstra keras. Untuk bisa mengoptimalkan materi pelajaran kepada siswa, saat melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring maupun luring di musim pandemi Covid-19 ini.

Terlebih-lebih, Pemkot Malang memasang target, akan memulai pembelajaran tatap muka (PTM), pada awal Ramadan ini. Alias pada April 2021 bulan ini.

Baca Juga ----------------------------

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat menghadiri Konferensi Cabang PGRI Kota Malang, di SMP Negeri 12, Kota Malang, Kamis (8/4/21), menegaskan hal tersebut.

Karena PGRI memiliki peran penting dalam membangun karakter anak bangsa. Peran strategis sebagai pendidik, dalam rangka membangun anak bangsa di negara ini harus bisa menginspirasi semua pihak.

‘’Ke depan, PGRI diharapkan mau dan mampu memberikan inspirasi kepada berbagai pihak. Tentang pentingnya peran strategis sebagai pendidik dalam rangka membangun anak bangsa di negara ini,’’ sebut mantan anggota DPRD Kota Malang ini.

Menurut Edi, pada masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar mengajar mengalami tantangan tersendiri. Akibat pandemi, kegiatan pembelajaran tatap muka terpaksa ditiadakan. Diubah menjadi belajar daring atau pembelajaran jarak jauh.

Adaptasi ini pun, lanjut politisi Partai Golkar ini, membuat para guru harus berjuang ekstra keras, untuk bisa menyampaikan materi pembelajaran. Untuk itu, PGRI dituntut juga harus tetap menginspirasi dalam membangun anak bangsa.

‘’Mudah-mudahan pandemi segera berakhir. Kita tetap sehat dan kegiatan belajar tatap muka dapat berjalan lagi,’’ harap Edi.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana memastikan, kegiatan belajar tatap muka di Kota Malang, akan dimulai awal Ramadan atau pertengahan April 2021. Namun akan dibatasi hanya 50 persen jumlah siswa yang ikut sekolah tatap muka.

‘’Seminggu lagi mulai sekolah tatap muka. Tapi jumlah siswa kita batasi 50 persen dari total siswa. Rencana sekolah tatap muka untuk siswa Sekolah Dasar dimulai tanggal 15 April 2021, untuk SMP pada tanggal 19 April 2021,’’ ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari total 50 persen siswa yang ikut pembelajaran tatap muka, juga akan diatur untuk masuk kelas secara bergantian dengan protokol kesehatan ketat.

‘’Nantinya masuknya secara bergantian, separuh siswa masuk sekolah dan separuh siswa belajar dari rumah. ruang kelas dipencar, dua hari sekali ganti kelas,’’ pungkasnya.

Pemkot Malang sendiri sudah melaksanakan vaksinasi kepada 9.873 guru TK, SD dan SMP negeri dan swasta. Karena itu Pemkot Malang membuat kebijakan sekolah luring, sebab selain guru sudah divaksin, angka penularan dan kasus baru Covid-19 di Kota Malang terus menurun. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Masyarakat dapat berkomunikasi dan bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah. Salah satu media yang digunakan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi adalah media sosial. Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan di dalam dunia pendidikan, media social menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mencari sumber literasi. Namun, kemudahan akses yang diberikan media...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Polinema (Politeknik Negeri Malang) bersemangat melahirkan inovasi bagi masyarakat. Kali ini diwujudkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta. Tim...

News

Malang Post – Masker saat ini bukan sekedarnya. Namun menjadi keharusan di setiap aktivitas. Sejak pandemi Covid-19 terjadi. Lantaran berfungsi mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan...

headline

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kecamatan Kepanjen mendapat respon positif. Bisa dilihat Minggu (25/7/2021). Sejak pukul 08.00, sudah dipadati warga. Vaksinasi ini digagas...

Malang Raya

Malang Post – Patroli gabungan pendisiplinan PPKM Level 4, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 kembali digelar.  Minggu (25/7/2021), aparat gabungan dari Polresta...

headline

Malang Post – Sampai saat ini, vaksinasi massal sudah menjadi minat masyarakat. Terbukti dari tingginya animo dan antrian yang mengular di lokasi vaksin di Kota...

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Pendidikan

Malang Post – Polybag adalah, kantong plastik berbentuk segi empat, biasanya berwarna hitam. Digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Bahkan...