Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

Mulai Rp 5 Ribu Bisa Investasi Emas Digital

Ilustrasi investasi emas digital. (istimewa)

AMEG – Jakarta Futures Exchange (JFX) dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI) telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk membuat program investasi emas digital. Program ini masih dalam tahap finalisasi.

“Untuk saat ini belum kami launching. Karena kami sedang mempersiapkan tahap finalisasinya. Mudah-mudahan bisa tahun ini di-launching,” kata Dirut JFX, Stephanus Paulus Lumintang, di sela-sela sela-sela program FuturesTrading Learning Center (FTLC) yang digelar Bestprofit Futures (BPF) Malang untuk para mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga ----------------------------

Tema kuliah tamu program FTLC ini adalah “Peluang Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi di Era 4.0 dan Membangun Masa Depan Profesi Menjanjikan. Menurut Stephanus Paulus, pihaknya saat ini sedang menggodok perihal depositori. Hal ini dipergunakan untuk tempat penyimpanan fisik emas.

“Jadi nasabah melakukan transaksi emas tidak langsung dapat fisiknya. Emas fisiknya disimpan di satu tempat. Nah, ini perlu ada tempat penyimpanan atau yang biasa disebut depositori. Karena itu kami harus menentukan depositori yang kredibel. Jadi emas yang disimpan di situ aman,” bebernya.

Keuntungan investasi emas digital ini beragam. Jika pada perdagangan biasa, emas fisik langsung diserahkan kepada konsumen. Jika konsumen ingin menjual, harus membawa lagi ke toko perhiasan. “Melalui investasi emas digital ini praktis tidak perlu membawa fisik emas kesana-kemari, sehingga mengurangi risiko pencurian, atau kerusakan emas saat disimpan di rumah,” jelas Stephanus Paulus.

Untuk minimal pembelian sendiri hanya Rp 5 ribu dan nantinya harga emas pun akan mengikuti naik turunnya harga di pasaran. “Minimal pembelian Rp 5 ribu. Jadi nanti konsepnya seperti tabungan, tetapi saldonya adalah gram bukan nominal uang,” papar Stephanus Paulus.

Mendengar kabar itu, Wali Kota Malang, Sutiaji, memberi apresiasi terhadap inovasi investasi emas digital. Apalagi, inovasi itu juga bisa meningkatkan perekonomian di Kota Malang. “Melalui bisnis berjangka ini kedepan mungkin bisa menguatkan sektor-sektor ekonomi kita. Tak hanya menengah ke atas, namun juga masyarakat menengah ke bawah bisa,” ujarnya.

Selain itu, segala lapisan masyarakat juga bisa menyumbang peran penguatan sektor ekonomi. Salah satunya dengan investasi. Hal ini juga seiring dengan perkembangan Kota Malang 4.0.

“Tadi teman-teman dari JFX dan KBI mengatakan bahwa mereka akan buat program investasi emas digital. Kalau beli emas di toko minimal setengah gram. Tetapi melalui investasi emas digital, dengan uang Rp 20 ribu pun sudah bisa beli emas,” jelasnya.

Sementara Kementerian Perdagangan melalui Bappebti akan terus berupaya mengoptimalkan peran perdagangan berjangka komoditi (PBK). Salah satunya, dengan menyelenggarakan kuliah umum tentang PBK di kampus-kampus yang ada di Indonesia.Tujuannya, untuk memberikan perlindungan dan edukasi PBK kepada masyarakat, khususnya bagi kalangan mahasiswa.

“Kedekatan mahasiswa yang merupakan generasi Y dan Z dengan teknologi telah membuka peluang untuk mengenal sejak dini mengenai PBK. Dengan PBK, para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan, seperti perencanaan, akuntansi, bisnis internasional, teknologi informasi, dan pengambilan keputusan,” ujar Kepala Bappebti Kemendag, Prof Sidharta Utama.

Bappebti menggandeng Universitas Brawijaya karena merupakan salah satu center of excellence di Indonesia, khususnya di Jatim yang dapat berpartisipasi secara aktif dalam mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia di masa depan.

“Dunia akademisi menjadi salah satu tempat yang sangat baik dan kondusif untuk mengenalkan cara berinvestasi yang menarik, legal, dan aman.Akan sangat bermanfaat apabila pihak kampus dapat menawarkan PBK sebagai salah satu mata kuliah pilihan bagi mahasiswanya sebagai upaya memperkenalkan PBK,” tuturnya.(ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....