Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Perbaikan Jalan Srigonco, Semoga Sebelum Lebaran Diaspal

OFF ROAD: Kondisi jalan Srigonco tak layak dilalui mobil dengan sumbu roda rendah.

AMEG – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang belum yakin, jalan di Desa Srigonco akan diaspal sebelum Lebaran mendatang. Tepatnya bulan Mei. Padahal jalan ini adalah akses menuju jalur lintas selatan (JLS)

Pasalnya, perbaikan jalan itu kewenangan pihak pelaksana JLS, dalam hal ini pemerintah pusat. Kepala DPUBM, Romdoni mengatakan, jadwal pendistribusian material pembangunan JLS berakhir bulan Juni. 

Baca Juga ----------------------------

Itulah yang mendasari Romdoni tidak yakin, jika Lebaran bulan Mei mendatang, jalan di Desa Srigonco sudah diaspal. 

“Schedule-nya mereka (pihak JLS.red) itu, bulan Juni baru selesai distribusi material dan angkat berat. Itu kalau tidak molor. Kalau molor, ya mungkin juga akan molor perbaikannya. Jadi kalau saat lebaran sudah diaspal, saya tidak yakin,” ujar Romdoni, Selasa (6/4/2021).

Namun begitu, pihaknya tidak lantas berdiam diri. Pihaknya tetap mengupayakan agar di ruas jalan tersebut bisa segera mendapat perbaikan. Meski belum pengaspalan.

“Tapi untuk perbaikan, akan tetap kami komunikasikan dengan pihak yang bersangkutan. Dalam hal ini JLS. Paling tidak ada perbaikan menggunakan batuan agregat,” imbuhnya.

Akibat rusaknya jalan tersebut, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kab Malang mengaku banyak menerima protes dari para wisatawan. Terutama ruas jalan di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur itu. 

Terbaru, ruas jalan tersebut rusaknya makin parah. Bahkan sempat ditutup warga sekitar. Karena pertimbangan faktor keselamatan. Padahal jalan tersebut dinilai vital untuk menunjang potensi wisata di Malang Selatan. 

Meskipun sebenarnya, untuk menuju ke sejumlah pantai yang berjajar di sepanjang JLS, ada tiga jalur yang bisa dilalui. Antara lain, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Bantur dan Kecamatan Donomulyo. 

“Sangat menganggu sih. Mereka (wisatawan) mengatakan kenapa tidak segera diperbaiki,” terang Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, saat dikonfirmasi, Senin (5/4/2021).

Namun begitu, Made mengaku pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Sebab, selain perbaikan jalan menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM), jalan tersebut juga merupakan aset milik Provinsi Jawa Timur. 

“Kalau itu aset kita pasti akan segera kita benahi, tapi itu aset provinsi. Menurut mereka akan segera dibenahi, ya kita tunggu saja. Kalau kita punya duit dan jalan tersebut statusnya punya Kabupaten Malang pasti langsung dibenahi,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak DPUBM Kab Malang. Tujuannya agar bisa mendesak Pemprov Jatim untuk melakukan perbaikan jalan. 

“Kalau kami (Disparbud) sudah koordinasi dengan Pak Romdhoni (Kepala DPUBM). Agar beliau berkoordinasi dengan provinsi. Disertai bukti foto, mereka mengatakan akan segera memperbaiki. Tapi mungkin masih menunggu pelelangan dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Made sendiri tidak bisa memastikan kapan jalan tersebut akan mulai diperbaiki. Namun, ia berharap sebelum hari raya Idul Fitri jalan tersebut sudah dikerjakan.

“Belum ada (target dari Pemprov Jatim), tapi harapan saya, sebelumnya hari raya (Idul Fitri). Jadi pas puasa dikerjakan dan pasca hari raya itu sudah bisa dilewati,” pungkasnya. (jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Forum lalu lintas Kota Batu mulai merumuskan penerapan pembatasan kendaraan dengan sistim ganjil genap. Rumusan tersebut sesuai dengan Inmendagri Nomor 43 tentang...

Malang Raya

Malang Post – Kota Batu jadi kota ke-9 di Jatim yang mencapai herd immunity vaksinasi Covid-19. Sebelumnya, delapan daerah di Jatim telah mencapai herd immunity...

News

Malang Post — Bau busuk menyengat terjepit bebatuan karang pantai Jonggring Saloka, masuk Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Selasa (28/9/2021) pagi, warga pencari rumput...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Juara II Kompetisi Debat Hukum Online Nasional Dies Natalis 26th of Sharia Economic...

Pendidikan

Malang Post – MTsN 6 Malang bekerjasama dengan Kodim 0818 Malang-Batu, menggelar vaksinasi gratis. Sinergi bersama tenaga medis RS Mitra Delima dan PPNI (Persatuan...

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus  menarget segala lini.Kali ini Selasa, 28 September 2021, sejumlah kawasan menjalankan vaksinasi. Antara lain,...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya mendukung program percepatan vaksin yang dicanangkan pemerintah, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) hari ini menggelar vaksinasi massal. Sebanyak 2.500 dosis...

Pendidikan

Malang Post — Tidak hanya pembukaannya saja yang meriah, penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipenuhi penampilan yang atraktif. Mulai...