Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Perbaikan Jalan Srigonco, Semoga Sebelum Lebaran Diaspal

OFF ROAD: Kondisi jalan Srigonco tak layak dilalui mobil dengan sumbu roda rendah.

AMEG – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang belum yakin, jalan di Desa Srigonco akan diaspal sebelum Lebaran mendatang. Tepatnya bulan Mei. Padahal jalan ini adalah akses menuju jalur lintas selatan (JLS)

Pasalnya, perbaikan jalan itu kewenangan pihak pelaksana JLS, dalam hal ini pemerintah pusat. Kepala DPUBM, Romdoni mengatakan, jadwal pendistribusian material pembangunan JLS berakhir bulan Juni. 

Baca Juga ----------------------------

Itulah yang mendasari Romdoni tidak yakin, jika Lebaran bulan Mei mendatang, jalan di Desa Srigonco sudah diaspal. 

“Schedule-nya mereka (pihak JLS.red) itu, bulan Juni baru selesai distribusi material dan angkat berat. Itu kalau tidak molor. Kalau molor, ya mungkin juga akan molor perbaikannya. Jadi kalau saat lebaran sudah diaspal, saya tidak yakin,” ujar Romdoni, Selasa (6/4/2021).

Namun begitu, pihaknya tidak lantas berdiam diri. Pihaknya tetap mengupayakan agar di ruas jalan tersebut bisa segera mendapat perbaikan. Meski belum pengaspalan.

“Tapi untuk perbaikan, akan tetap kami komunikasikan dengan pihak yang bersangkutan. Dalam hal ini JLS. Paling tidak ada perbaikan menggunakan batuan agregat,” imbuhnya.

Akibat rusaknya jalan tersebut, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kab Malang mengaku banyak menerima protes dari para wisatawan. Terutama ruas jalan di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur itu. 

Terbaru, ruas jalan tersebut rusaknya makin parah. Bahkan sempat ditutup warga sekitar. Karena pertimbangan faktor keselamatan. Padahal jalan tersebut dinilai vital untuk menunjang potensi wisata di Malang Selatan. 

Meskipun sebenarnya, untuk menuju ke sejumlah pantai yang berjajar di sepanjang JLS, ada tiga jalur yang bisa dilalui. Antara lain, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Bantur dan Kecamatan Donomulyo. 

“Sangat menganggu sih. Mereka (wisatawan) mengatakan kenapa tidak segera diperbaiki,” terang Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, saat dikonfirmasi, Senin (5/4/2021).

Namun begitu, Made mengaku pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Sebab, selain perbaikan jalan menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM), jalan tersebut juga merupakan aset milik Provinsi Jawa Timur. 

“Kalau itu aset kita pasti akan segera kita benahi, tapi itu aset provinsi. Menurut mereka akan segera dibenahi, ya kita tunggu saja. Kalau kita punya duit dan jalan tersebut statusnya punya Kabupaten Malang pasti langsung dibenahi,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak DPUBM Kab Malang. Tujuannya agar bisa mendesak Pemprov Jatim untuk melakukan perbaikan jalan. 

“Kalau kami (Disparbud) sudah koordinasi dengan Pak Romdhoni (Kepala DPUBM). Agar beliau berkoordinasi dengan provinsi. Disertai bukti foto, mereka mengatakan akan segera memperbaiki. Tapi mungkin masih menunggu pelelangan dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Made sendiri tidak bisa memastikan kapan jalan tersebut akan mulai diperbaiki. Namun, ia berharap sebelum hari raya Idul Fitri jalan tersebut sudah dikerjakan.

“Belum ada (target dari Pemprov Jatim), tapi harapan saya, sebelumnya hari raya (Idul Fitri). Jadi pas puasa dikerjakan dan pasca hari raya itu sudah bisa dilewati,” pungkasnya. (jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Masyarakat dapat berkomunikasi dan bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah. Salah satu media yang digunakan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi adalah media sosial. Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan di dalam dunia pendidikan, media social menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mencari sumber literasi. Namun, kemudahan akses yang diberikan media...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Polinema (Politeknik Negeri Malang) bersemangat melahirkan inovasi bagi masyarakat. Kali ini diwujudkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta. Tim...

News

Malang Post – Masker saat ini bukan sekedarnya. Namun menjadi keharusan di setiap aktivitas. Sejak pandemi Covid-19 terjadi. Lantaran berfungsi mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan...

headline

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kecamatan Kepanjen mendapat respon positif. Bisa dilihat Minggu (25/7/2021). Sejak pukul 08.00, sudah dipadati warga. Vaksinasi ini digagas...

Malang Raya

Malang Post – Patroli gabungan pendisiplinan PPKM Level 4, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 kembali digelar.  Minggu (25/7/2021), aparat gabungan dari Polresta...

headline

Malang Post – Sampai saat ini, vaksinasi massal sudah menjadi minat masyarakat. Terbukti dari tingginya animo dan antrian yang mengular di lokasi vaksin di Kota...

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Pendidikan

Malang Post – Polybag adalah, kantong plastik berbentuk segi empat, biasanya berwarna hitam. Digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Bahkan...