Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Pariwisata Fokus Segmen Dalam Negeri

DIALOG PRODUKTIF: Kebangkitan pariwisata adalah sinyal kebangkitan Indonesia yang terus beradaptasi disiplin menjalankan protokol kesehatan.( Foto: KPC PEN)

Jakarta – Selama pandemi Covid-19, pariwisata menjadi salah satu sektor, yang terdampak sangat berat. Terlebih dengan adanya pembatasan berbagai aktivitas dan mobilitas masyarakat. Untuk memutus transmisi penularan Covid-19.

Setahun pandemi berjalan, pariwisata di Indonesia berangsur bangkit dengan berbagai adaptasi. Dengan adanya vaksinasi Covid-19, kebangkitan sektor pariwisata Indonesia bisa semakin laju. Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas karena menyumbang lapangan kerja bagi 34 juta masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca Juga ----------------------------

‘’Langkah ini dimulai di Bali. Pada 27-28 Februari. Ini wujud gerak cepat dan kolaborasi pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat,’’ ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dalam Dialog Produktif Inspirasi Senin bertema Vaksinasi Datang Pariwisata Gemilang yang diadakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

‘’Konsensus para analis menyebutkan, di 2021 Indonesia akan bangkit. World Bank memprediksi ekonomi Indonesia akan positif 3,1 persen di 2021. Bahkan, IMF memperkirakan, ekonomi akan tumbuh 4,8 persen tahun ini dan 6 persen di 2022,’’ katanya.

Bersiap menghadapi kebangkitan pariwisata, Sandiaga Uno menyiapkan tiga langkah. Yaitu inovasi produk dan destinasi wisata sesuai tren. Kemudian adaptasi dan kolaborasi.

‘’Fokus pada segmen dalam negeri dulu. Adaptasi dengan tetap disiplin protokol kesehatan 3M dengan mendorong Destinasi bersertifikasi CHSE (clean, health, safety, and environmental sustainability),’’ ujarnya.

Pandemi mengubah tren pariwisata. Dari mass tourism ke sustainable tourism. Preferensi traveling customized, personalized, localized, dan smaller in size untuk mengurangi transit dan contactless.

‘’Sekarang yang banyak dicari adalah pariwisata berbasis budaya. Berbasis alam terbuka. Nature dan culture. Dari tadinya hanya melihat laut pasir putih sinar matahari, sekarang mencari keheningan, keberlanjutan, spiritualitas dari kunjungannya ke tempat pariwisata,’’ jelas Sandi.

Program lain yang disiapkan adalah, destinasi yang didasari free covid corridor di mana destinasi di daerah zona hijau mulai dibuka untuk pariwisata mancanegara. 

Sementara itu, khusus terkait kondisi Bali di masa pandemi, Gubernur Bali I Wayan Koster menjelaskan, dampak Pandemi sangat terasa pada pariwisata dan perekonomian.

‘’Hotel sudah kosong, restoran sepi. Untuk pertama kali dalam sejarah, pertumbuhan ekonomi di Bali mengalami kontraksi yang paling dalam. Sampai mencapai 12 persen. Catatan terburuk selama ini di Bali dan terendah secara nasional dalam 2020,’’ ungkapnya.

Karena itu, Gubernur Wayan sangat menyambut baik program vaksinasi Covid-19 bagi kalangan pelaku pariwisata ini.

‘’Untuk kembali menghidupkan pariwisata Bali, tidak ada pilihan selain mengendalikan pandemi terlebih dulu dan menjadikannya daerah zona hijau,’’ jelasnya.

Wayan Koster mengungkapkan, Bali telah menyiapkan dua area untuk penerapan free covid corridor, yaitu di Nusa Dua dan Ubud. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomatik berkelanjutan dengan Pemerintah Arab Saudi. Ini ikhtiar, agar jamaah Indonesia bisa umroh ke Tanah Suci. Koordinasi dilakukan menyeluruh....

News

Malang Post — Lupa matikan kompor dapat menyebabkan musibah kebakaran. Seperti terjadi Kamis (21/10/2021) siang di Jl Kemantren gang Imam Bonjol 1 RT 08/RW 03,...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel Polri dan ASN Polres Malang yang beragama Islam, Kamis (21/10/2021) siang...

News

Malang Post — Mobil pikap bermuatan bambu, Kamis (21/10/2021) siang terbakar. Karuan saja ini mengejutkan pemakai dan warga sekitar Jl Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang....

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...