Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Tak Bisa Hanya Andalkan Vaksin

Prof Wiku Adisasmito,Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 (Foto: Satgas Penanganan Covid-19)

Jakarta – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, vaksin dan protokol kesehatan, merupakan satu kesatuan intervensi kesehatan yang saling berkaitan satu sama lain.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk tidak mengandalkan satu intervensi kesehatan. Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan vaksin, supaya tidak tertular virus Corona penyebab Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan, vaksin Covid-19 memiliki peran yang saling melengkapi. Sebagai lapisan proteksi terhadap infeksi virus corona jenis baru, penyebab penyakit Covd-19.

‘’Karenanya, upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tentunya tidak semata-mata menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil, apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan,’’ kata Prof Wiku.

Penerapan protokol kesehatan secara disiplin, tambah dia, merupakan upaya yang harus dilakukan. Dalam melengkapi intervensi kesehatan, sebagaimana analogi Swiss Cheese Model.

Berbagai intervensi penanganan Covid-19, diibaratkan sebagai celah yang terdapat pada lapisan keju. Yang saling menutupi satu sama lain. Yang tidak bisa ditembus dari luar. Sehingga masing-masing upaya berperan semakin signifikan, mencegah infeksi virus penyebab Covid-19 jika dilakukan bersamaan.

‘’Hal ini akan berlaku sebaliknya. Jika masyarakat hanya mengandalkan satu intervensi tunggal, maka kekurangan yang ada tidak akan tersokong dan malah akan memperburuk keadaan,’’ kata Wiku.

Keberhasilan terhadap upaya perlindungan kesehatan di tengah pandemi, sangat bergantung pada lapisan proteksi majemuk. Yaitu protokol kesehatan.

Prof. Wiku mencontohkan, jika terdapat dua orang memakai masker, tetapi hanya salah satu yang memakai masker tiga lapis dan tepat menutup hidung dan mulut. Maka, bisa ditebak mana yang lebih berisiko terinfeksi Covid-19.

Untuk itu, selama belum tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity, maka pencegahan paling efektif adalah mematuhi protokol kesehatan. Untuk seluruh individu.

Upaya edukasi dan komunikasi terhadap masyarakat, harus dilakukan dengan seimbang antara vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, penanganan pandemi Covid-19, tidak bisa dilakukan secara tunggal. Tetapi harus komprehensif dengan menciptakan protokol kesehatan yang ketat guna menekan jumlah individu yang terinfeksi Covid-19.

Dalam waktu bersamaan, upaya tersebut harus didukung dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga jumlah pasien semakin sedikit, dan meningkatkan angka kesembuhan.

Vaksinasi Covid-19 bertujuan mengurangi kerentanan individu terinfeksi virus, pengendalian keparahan gejala penyakit, dan peluang penularan terhadap individu lain. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya mendukung program percepatan vaksin yang dicanangkan pemerintah, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) hari ini menggelar vaksinasi massal. Sebanyak 2.500 dosis...

Pendidikan

Malang Post — Tidak hanya pembukaannya saja yang meriah, penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipenuhi penampilan yang atraktif. Mulai...

Pendidikan

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga...

News

Malang Post – Polresta Malang Kota, Senin (27/9/2021) siang, membeberkan minuman keras jenis arak Bali. Ini  hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 dan Operasi Patuh Semeru....

Malang Raya

Malang Post – Serbuan Vaksinasi massal untuk masyarakat terus bergulir. Kali ini bertempat di Universitas Negeri Malang, Senin (27/9). Serbuan Vaksin ni merupakan vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang kejar target vaksinasi. Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama Forkopimda terus upayakan percepatan vaksinasi. Seperti yang terlihat di Lembah...

Malang Raya

Malang Post – Senin, 27 September 2021, hari ini, vaksinasi di Sukun digelar di dua lokasi.Pertama, vaksinasi covid-19 untuk warga masyarakat di wilayah kerja...

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...