Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

RSSA Tambah Ruangan Khusus Covid-19

RUJUKAN: Karena semakin meningkatkan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, RSSA sampai harus menambah ruangan.( Joffa Safik/DI’s Way Malang Post)

Malang – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, menambah puluhan tenaga medis dan ruangan khusus pasien Covid-19. Hal tersebut dilakukan, karena jumlah kasus Covid-19 di Malang Raya terus meningkat.

Kasubbag Humas RSSA Malang, Donny Iryan mengatakan, pihaknya telah memodifikasi beberapa ruang sedemikian rupa. Khusus untuk merawat pasien-pasien Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

‘’Kami sudah memodifikasi beberapa ruang perawatan kami. Yang ada di sekitaran incovid dan penyakit menular. Kami modifikasi beberapa ruangan menjadi ruang perawatan Covid-19,’’ katanya.

Sedangkan akses pasien penyakit lainnya, dipindahkan ke ruangan lainnya. ‘’Karena kami tahu ruang perawatan Covid-19 itu harus khusus. Desainnya harus khusus. Nggak boleh ini, harus tertutup, sehingga kami sudah memodifikasi ruang di sebelah incovid menjadi ruang perawatan Covid-19,’’ katanya.

Saat ini, ada 136 tempat tidur noncovid yang telah diubah menjadi bed ruangan khusus pasien Covid-19.

‘’Dulunya ruang incovid itu kapasitas tempat tidurnya 83. Kami tambah 53 lagi, sehingga keseluruhan akan menjadi 136,’’ ucapnya.

Namun, seluruh tempat tidur tersebut belum seluruhnya dimanfaatkan. Penyebabnya karena jumlah tenaga medis yang terbatas.

‘’Karena keterbatasan itu, kami harus mengatur tenaga medis, sehingga kita belum optimal. Dari 53 tadi yang masih beroperasi itu 30 tempat tidur, sehingga sekarang dari 83, awal, sudah beroperasi 113 tempat tidur,’’ katanya. 

Sementara itu, dalam memaksimalkan upaya penanganan Covid-19, pihaknya juga menambah 46 orang tenaga medis. Hal tersebut dilakukan seiring bertambahnya kapasitas tempat tidur yang disediakan.

‘’Ruang penanganan pasien Covid-19 sudah ditambah 53 tempat tidur. Saat ini, terjaring 46 relawan dan itu yang akan dioptimalkan,’’ ungkapnya.

Rincian 46 orang tenaga medis tersebut diantaranya adalah dokter, perawat, tenaga pendorong, radiografer dan lainnya.

Saat ini sebanyak 300 orang relawan tenaga medis yang bertugas. Jumlah tersebut cukup banyak. Mengingat satu orang pasien terkonfirmasi positif covid-19, akan ditangani oleh tiga hingga empat orang tenaga medis. (jof/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Patroli gabungan penegakan disiplin protokol kesehatan, dalam rangka penerapan PPKM Mikro terus dilakukan.  Rabu (16/6/2021) malam, aparat gabungan menyisir sejumlah tempat di...

Opini

Pada awal tahun ini OJK meluncurkan inovasi baru dalam pembiayaan bagi UMKM. Inovasi tersebut berbentuk sebuah model crowdfunding yang menjadikan UMKM menjadi sasaran pembiayaan....

Malang Raya

Malang Post – Hujan deras di Malang, sore hingga jelang petang, Rabu (16/6/2021) mengakibatkan rusaknya satu jembatan. Akses utama menuju pantai Lenggoksono. Jalur sekitar juga banjir,...

Arema

Malang Post – Arema FC Women, meneruskan tren positif. Sekaligus menjadi tim paling superior dalam babak penyisihan Grup B Women Open Sriwijaya FC Championship 2021. Di laga...

News

Malang Post – Presiden Klub Arema, Gilang Widya Pramana, dalam sesi teleconference secara virtual dengan awak media, Minggu (6/6/2021) petang lalu, memasang target tinggi untuk ARema...

Arema

Malang Post – Di bawah kendali Presiden Klub yang baru, Gilang Widya Pramana, banyak gebrakan dan segudang rencana jangka pendek atau panjang untuk Arema FC....

Malang Raya

Malang Post – TP PKK Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggalakkan program urban farming atau pertanian perkotaan. Saat ini,...