Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

BSU Sudah Tersalurkan 90 Persen

BATUAN: Reza Hafiz, staf khusus Kementerian Ketenagakerjaan dalam dialog sudah sampai mana implementasi BSU tahap 2, di Jakarta.( Foto: KPCPEN)

Jakarta – Hingga awal Desember 2020, pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dengan anggaran yang dikelola Kementerian Ketenagakerjaan, kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU). Bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi para pekerja. Sekaligus membantu menggerakkan roda perekonomian nasional, lewat menjaga daya beli masyarakat, yang terdampak pandemi Covid-19.

‘’BSU ini merupakan upaya pemerintah, untuk menjaga daya beli dan konsumsi para pekerja atau buruh yang terdampak Covid-19. Pekerja yang menerima upah dan sudah didaftarkan oleh perusahaannya, merupakan para pekerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan,’’ terang Reza Hafiz, Staf Khusus Kementerian KetenagakerjaandalamDialog Produktif, yang diselenggarakan KPCPEN, Kamis kemarin.

Baca Juga ----------------------------

Kementerian Ketenagakerjaan, telah mamvalidasi kriteria penerima manfaat BSU ini secara teliti dan sahih. Basis datanya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Kriteria penerima manfaat BSU ini adalah WNI, pekerja anggota aktif jaminan sosial, yang dibuktikan dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, sampai bulan Juni 2020.

Kemudian memiliki upah/gaji di bawah Rp 5 juta. ‘’Selain itu, kita menjaga agar prosesnya langsung diterima penerima manfaat. Oleh karena itulah BSU ini kita transfer langsung ke rekening yang bersangkutan,’’ terang Reza Hafiz.

Penerima manfaat BSU ini, mencapai 12,4 juta jiwa dengan total anggaran yang direalisasikan Rp 29,7 triliun. Termin pertama pada periode September-Oktober 2020, telah terealisasi 98,8 persen.

‘’Artinya sudah 12,2 juta orang, yang bantuannya sudah terealisasikan. Sedangkan kini BSU telah mencapai tahap lima, termin kedua, pada periode November-Desember 2020. Sudah terealisasi ke 11 juta penerima manfaat atau 90 persen,’’ ujar Reza Hafiz.

Demi menjaga transparansi, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyampaikan pembaruan data penerima tiap minggunnya, Basis datanya, berdasarkan laporan bank.

‘’Semisal Bank Mandiri sebagai bank penyalur, dalam satu minggu menyalurkan 1 juta data penerima manfaat. Kita dapat datanya setelah selesai penyalurannya. Tapi bukan hanya bank Mandiri. Ada empat bank Himbara lainnya,’’ tutur Reza Hafiz.

Upaya transparansi juga dilakukan melalui proses pengawasan. Realisasi BSU ini, telah diawasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karenanya, data penerima manfaat BSU tidak diubah. Seperti yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.

Reza Hafiz menambahkan, jika penerima bantuan telah meninggal dunia, BSU tetap dapat diterima oleh ahli waris sah. Selama rekeningnya masih aktif. Tinggal dilakukan pemindahbukuan ke ahli waris. 

Kementerian Ketenagakerjaan mengharapkan, BSU terus berlanjut hingga tahun depan. Mengingat manfaatnya sangat besar dalam menjaga stabilitas perekonomian. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Senin (29/11), tim gabungan mendatangi kawasan RW 05 Kelurahan Mulyorejo Sukun Kota Malang. Di sana, nakes dan Babinsa Mulyorejo mendatangi sekitar...

News

Malang Post – Profesi advokat atau pengacara selayaknya menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Agar produk hukumnya menjadi kapabel serta mempunyai profesionalitas, integritas dan...

Malang Raya

Malang Post – Camat Donomulyo—Mumuk Hadi Martono, minta Pembina Pramuka inovatif dan kreatif agar ekstrakurikuler Pramuka disukai peserta didik. Sehingga tertanam karakter dengan nilai-nilai...

Olahraga

Malang Post  – Dari gelaran 32 besar Liga 3 Jawatimur yang digelar di stadion Joko Samudro Gresik sore tadi. Tim asal Kabupaten Malang dibawah...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang bersama Korem 083/Bdj dan Kodim 0833 Kota Malang memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Peringatan tersebut terpusat di...

Malang Raya

Malang Post – Sabtu malam (27/11), tim gabungan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melaksanakan penegakan PPKM. Tim gabungan ini terdiri dari anggota Polsek Kedungkandang...

News

Malang Post – Berpartisipasi melestarikan lingkungan, Ketua TP PKK Jawa Timur (Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak), Arumi Bachsin melaksanakan tanam pohon di Giripurno.  “Kelestarian...

Malang Raya

Malang Post – Sabtu (27/11), Puskesos menyalurkan bansos berupa beras tersebut kepada 90 KPM di Kelurahan Kasin.Babinsa Kasin, Serda Eka mengabarkan, selain menyalurkan bansos,...