Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Pejabat RPH Ditahan, Jaksa Bidik Tersangka Lain

MASIH SATU: Kepala Kejari Kota Malang Andi Darmawangsa dan Kasi Pidsus Dino Kriesmiardi saat memberikan keterangan pers.

Malang – Jaksa akhirnya menahan AA Raka Kinasih (43) warga Jl Taman Agung, Kelurahan Pisang Candi, Kota Malang. Mantan Plt Direktur Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang Tahun 2018 ini, Kamis (10/12/2020) sore, dikawal petugas Kejari Kota Malang ke Lapas Wanita Sukun.

Saat itu, Kasubag Keuangan RPH Kota Malang ini, sudah mengenakan rompi orange tahanan Kejari Kota Malang. Penahanan dilakukan, setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Dia kesandung dugaan korupsi penggemukan hewan sapi tahun 2017-2018.

Baca Juga ----------------------------

Kasi Pidsus Kejari Kota Malang, Dino Kriesmiardi SH MH membenarkan pihaknya melakukan penahanan AARK. “Tersangka datang sekitar 11.00. Kami periksa. Sebagai tersangka tindak pidana korupsi. Dugaan penyimpangan pengelolaan dan penggunaan dana keuangan RPH Kota Malang,” ujarnya.

Tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 UU No 31/1999. Ancamannya penjara maksimal 20 tahun atau seumur hidup. “Kami bawa ke LP Wanita Sukun,” imbuh Dino.

Sementara itu, rekanan (pihak ketiga) Siti Endah dari Revolusi Ternak Jombang, ditahan di Polda Jatim. Terkait perkara lain.

“Tersangka AARK, dimungkinkan diperiksa tambahan. Karena pihak ketiga, yang ditahan Polda Jatim, terkait perkara lain. Bisa jadi dalam kasus ini ada tersangka lain,” ujar Dino.

Sebelumnya, Rabu (9/12/2020) siang, identitas tersangka AARK ini, disampailkan Kepala Kejari Kota Malang Andi Darmawangsa SH MH. Ia menyebut ‘masih menetapkan satu tersangka lebih dulu’. Ini sesuai rencana dan tahapan penanganan sebelum akhir tahun.

Dijelaskan Andi didampingi Dino, peran AAR mencari pihak ketiga untuk kerjasama pembelian. Termasuk perawatan sapi. Dari situlah jaksa menemukan penyimpangan dan kerugian negara.

Pertama, sapinya tidak sesuai perjanjian. Kedua, penyewaan fasilitas RPH tidak dibayarkan. Ada juga beberapa penyimpangan lainnya. Beberapa hal tidak dikuti perjanjian.

Penyelidikan Seksi Tipidsus mendapat alat bukti beragam dokumen. Kerugian mencapai kisaran Rp 1,5 miliar. Akan dicocokkan dengan uadit BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

“Kami terus kembangkan. Alhamdulillah. Rekanan pihak ketiga berinisial SE ditemukan. Ditangani Polda Jatim. Nanti akan kami analisis BAP,” urai Andi kepada wartawan.

Soal tersangka lain, menurut Andi, pidana korupsi jarang dilakukan satu orang. Biasanya ada kerjasama dan tidak menutup kemungkinan tersangka bisa bertambah. Ia berharap akhir Desember ada perkembangan.

Dugaan korupsi di RPH Kota Malang ini telah memeriksa 14 saksi lebih. Sebanyak 8 orang dari RPH, dua orang dari BPKAD, tiga orang dari Badan Pengawas RPH dan seorang dari Dinas Pertanian.

Dua saksi lain yang telah diperiksa termasuk mantan Plt Direktur PD RPH Kota Malang 2019, Ade Herawanto dan akuntan publik, Heriyadi. Adapula saksi ahli dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Didapat sejumlah alat bukti: Dokumen penyertaan modal, permohonan pengajuan proposal, proses pencairan dan perjanjian penggemukan sapi. (san/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang-Post – Edukasi pra nikah penting dilakukan. Mengingat pernikahan bukan sekedar menyatukan dua individu yang berbeda. Tapi menyatukan dua keluarga besar yang penuh dinamika...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang warga Kelurahan Songgokerto bernama Nanang ditemukan tewas saat mencari rumput di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Diketahui, Nanang sering mencari rumput di...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin prokes. Digelar dalam rangka PPKM Mikro di wilayah...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Selasa (15/6/2021) pagi, giliran warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang yang divaksin.  Vaksinasi diikuti 150...

Opini

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Membahas tentang kebudayaan Indonesia tentu bukan lah sutau hal yang asing...

Dahlan Iskan

Ini taruhan baru: apakah RUU Pajak akan ditarik oleh pemerintah atau diminta terus dibahas di DPR. Tokoh DPR dari Golkar jelas minta agar RUU...

Arema

Malang Post – Manajemen tim Arema FC, mendadak merilis dua unggahan pada akun resmi instagram mereka @aremafcofficial. Bergambarkan Diego Michiels dan bertuliskan; Welcome to Arema FC dan Selamat...