Malang Post

Olahraga

Tommy Rebut Gelar di Vietnam

Share
Tommy Sugiarto

Ho Chi Minh City - Tommy Sugiarto membawa pulang gelar juara dari turnamen Vietnam Open Grand Prix 2015. Tommy menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang merebut gelar di turnamen tersebut.
Tommy menjadi juara setelah mengalahkan pemain gaek asal Korea Selatan, Lee Hyun Il, pada pertandingan final di Nguyen Du Stadium, Ho Chi Minh City, Minggu (30/8/2015). Pebulutangkis berusia 27 tahun itu menang dua game langsung dengan skor 21-19, 21-19.
Sebagai salah satu pemain tunggal putra terbaik Indonesia, Tommy biasanya lebih sering tampil di turnamen level super series atau super series premier. Namun, mengingat Olimpiade 2016 semakin dekat, tiap pemain kini tengah berlomba-lomba untuk memperbanyak poin untuk menebus tiket ke pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, tak terkecuali Tommy.
"Tujuan utama saya untuk mengikuti turnamen level grand prix ya memang untuk mencari poin dan memperbaiki peringkat dunia saya," tutur Tommy, yang saat ini menempati peringkat 19 dunia.
Indonesia sebenarnya mengirimkan tiga wakil ke babak final. Sayangnya, wakil di nomor tunggal putri dan ganda putri harus puas jadi runner-up.
Di nomor tunggal putri, Fitriani harus mengakui keunggulan pebulutangkis Jepang, Saena Kawakami, dengan skor 24-26, 21-18, 10-21. Meski kalah, Fitriani tetap mendapatkan pujian dari pelatih tunggal putri PBSI, Edwin Iriawan.
Dalam perjalanannya menuju final, Fitriani menundukkan unggulan pertama dari Thailand, Busanan Ongbumrungpan, di babak perempatfinal.
"Secara keseluruhan, performa Fitriani sangat bagus karena kami sama sekali tidak menyangka ia bisa mengalahkan Busanan dan sampai ke final. Ke depannya, tinggal tambah jam terbang dan yang terpenting, jangan merasa kalah dulu sama pemain top. Harus yakin sama kemampuan sendiri, asalkan persiapannya bagus," kata Edwin kepada badmintonindonesia.org.
"Fitri sudah mengeluarkan kemampuan terbaik di final. Sayang masih belum bisa juara. Kondisinya lelah karena ia belum pernah merasakan sampai final turnamen kelas grand prix dan atmosfer babak final," tambahnya.
Sementara itu, di nomor ganda putri, Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani kalah dari pasangan Thailand, Jongkonphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai, dengan skor 14-21, 12-21. (dtc/feb)

Hasil final Vietnam Open Grand Prix 2015
Ganda Putra
Liu Yuchen/Li Junhui (China) vs Huang Kaixiang/Wang Sijie (China) 21-8, 21-16
Tunggal Putra
Tommy Sugiarto (Indonesia) vs Lee Hyun Il (Korea Selatan) 21-19, 21-19
Ganda Putri
Jongkonphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) vs Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani (Indonesia) 21-14, 21-12


Tunggal Putri
Saena Kawakami (Jepang) vs Fitriani (Indonesia) 26-24, 18-21, 21-10

Ganda Campuran
Huang Kaixiang/Huang Dongping (China) vs Choi Solgyu/Chae Yoo Jung (Korea Selatan) 21-19, 21-12
comments