Olahraga

Malang Post

Olahraga

Berita-berita Olahraga terkini

TSC Dibuka, Panpel Gratiskan Tiket


JAYAPURA-Laga pembuka Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 antara Persipura Jayapura versus Persija Jakarta, Jumat (29/4) diprediksi akan dipadati penonton. Pasalnya, Panitia Penyelenggara (Panpel) akan meniadakan tiket untuk laga tersebut.
Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panpel Persipura, Fachruddin Pasolo. Melansir Persipuramania.com, tercatat hanya tribun VVIP yang akan diberi biaya masuk alias penjualan tiket.
"Tidak adanya tiket masuk hanya berlaku untuk beberapa kategori saja, dimana untuk kategori tribun utama (VVIP) tetap dikenakan biaya karcis masuk Rp 100-200 ribu," ujar Fachruddin.
Lebih lanjut Fachruddin mengaku optimistis jika Stadion Mandala akan penuh oleh fans Persipura. Wajar rasanya karena sudah kurang lebih satu tahun masyarakat Papua tidak dapat menyaksikan tim kesayangannya bertanding.
"Kami optimistis bahwa masyarakat Papua akan datang memadati Stadion Mandala Jayapura, ini dikarenakan sudah hampir satu tahun Indonesia tanpa kompetisi dan masyarakat disini merindukan momen ini," lanjut Fachruddin.
Pada kesempatan yang sama, Fachruddin juga memastikan keamanan pada pembukaan TSC 2016 akan terjamin. Pasalnya, Presiden RI, Joko Widodo akan hadir dalam pertandingan tersebut dan membuka TSC 2016 secara resmi.
"Kami sudah rapat teknis bersama dengan pihak keamanan, termasuk Komandan Komando Distrik Militer 1701/Jayapura, bahwa berdasarkan Undang-undang, setiap kehadiran kepala negara maka kendali keamanannya ada pada TNI," pungkasnya. (zul/JPG/ary)

Pulangkan Husein, Incar Pemain Lebanon


SAMARINDA-Pusamania Borneo FC harus menerima kenyataan pahit dengan melepas pemain yang baru dikontrak asal Irak, Hussein Alaa Hussein.
Sang pemain tampil tidak memuaskan dan fisiknya terlihat tak maksimal pada laga uji coba melawan PON Kaltim. Alhasil, pihak PBFC memilih untuk memutus kontrak sang pemain secepatnya.
"Setelah melakukan diskusi dengan agennya, kami sepakat untuk melepas dia. Kami perlu pemain yang siap pakai dan benar-benar berada di level top," ujar pemilik klub, Nabil Husein Said kepada situs resmi PBFC.
"Kami mengganti Hussein dengan pemain asing Asia lain bernama Jad Nourddine. Dia adalah penggawa timnas Lebanon. Saat ini dia langsung bergabung dengan tim yang berada di Bali," jelas Nabil.
Belum ada yang tahu secara pasti gaya bermain Jad. Secara tak langsung putusan ini juga jadi perjudian karena perubahan terjadi pada waktu yang sangat mepet.
Satu sisi hal ini bisa menguntungkan untuk Pesut Etam jika Jad benar-benar berkualitas. Namun, kalau sang pemain tak berbeda jauh dengan Hussein, akan jadi masalah baru bagi tim.
PBFC jelas ingin mempertahankan level bermain mereka terus berada di atas. Tak kaget jika hasrat Nabil sangat besar untuk membangun tim lebih baik dan baik lagi. (rap/JPG/ary)

FIFA Siap Cabut Sanksi


Presiden FIFA Siap Beri Jalan Keluar

JAKARTA-Ketua Tim Ad-hoc, Agum Gumelar akhirnya membeberkan isi pertemuannya dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. 
Menurutnya, sekarang kunci penyelesaian sepak bola ada di Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemenpora) untuk segera mencabut pembekuan PSSI.
Agum bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir memang sudah bertemu dengan Infantino. Dia menjabarkan isi pertemuan yang berlangsung selama 75 menit tersebut.
"Alhamdulillah pertemuan cukup kondusif dan melahirkan beberapa poin penting. Intinya, FIFA akan dicabut sanksinya hanya apabila pemerintah mencabut pembekuan terhadap PSSI," tutur Agum Gumelar seperti dilansir laman resmi PSSI.
Selain itu, Agum menambahkan bahwa rencana Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan sulit terlaksana. Pasalnya, menurutnya, KLB bisa digelar asal sesuai statuta.
"KLB seperti yang saya sudah berulangkali bicara hanya dapat dilakukan sesuai Statuta PSSI yang sudah sesuai dengan standar statuta FIFA," sambung Agum.
Berbicara mengenai statuta, satu poin yang harus terpenuhi untuk menggulingkan kepemimpinan PSSI sekarang adalah adanya 2/3 anggota yang menginginkannya. 
Sebelumnya, Kemenpora memang memberikan syarat agar mencabut SK Pembekuannya, yakni melakukan KLB. Nantinya, KLB bakal digelar setelah Kongres FIFA di Meksiko, bulan depan.
Presiden FIFA, Gianni Infantino, akhirnya menerima dan bertemu dengan delegasi Indonesia untuk membahas konflik PSSI. Dalam pernyataannya, FIFA berjanji bakal memberi jalan keluar dari masalah sepak bola Indonesia.
Seperti diketahui, Indonesia mengirimkan dua wakilnya untuk bertemu Infantino. Mereka adalah Ketua Komite Ad-hoc, Agum Gumelar, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir. (ies/JPG/ary)

Greysia/Nitya Menang Dramatis


Ditantang Korsel di Perempatfinal

WUHAN- Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari lolos secara dramatis ke babak perempatfinal Kejuaraan Bulutangkis Asia 2016. Tapi, langkah mereka tak diikuti dua ganda putri Indonesia lainnya.
Greysia/Nitya menang rubber-game atas pasangan Malaysia, Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon, pada pertandingan babak kedua di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, Cina, Kamis (28/4/2016). Unggulan ketiga itu menang dengan skor 18-21, 22-20, 21-11 dalam waktu 1 jam dan 18 menit.
Greysia/Nitya meraih kemenangan tersebut secara dramatis. Seperti dilansir detikSport,
mereka sebenarnya sudah berada diambang kekalahan saat pasangan Malaysia memimpin 20-18 di game kedua. Namun, Greysia/Nitya berhasil menahan lawan di angka 20 dan merebut empat poin secara beruntun untuk memaksakan digelarnya game ketiga.
Di game ketiga, Greysia/Nitya unggul jauh atas pasangan Malaysia dan menang 21-11 untuk menyudahi permainan. Mereka selanjutnya akan melawan Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan (Korea Selatan) atau Shizuka Matsuo/Mami Naito (Jepang) di perempatfinal.
Pada pertandingan lainnya, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi kandas di babak kedua setelah dikalahkan ganda tuan rumah, Tian Qing/Zhao Yunlei. Anggia/Ketut kalah dua game langsung dengan skor 12-21, 15-21.
Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari juga tak mampu melaju lebih jauh. Mereka menyerah di tangan Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dengan skor 18-21, 16-21.
Sementara itu, Tommy Sugiarto menang mudah atas Boonsak Ponsana di babak kedua Kejuaraan Bulutangkis Asia 2016. Tommy selanjutnya akan melawan unggulan teratas asal Cina, Chen Long, di perempatfinal.
Tommy mengalahkan Boonsak dalam dua game langsung pada pertandingan di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, Cina, Kamis (28/4/2016). Dia menang dengan skor 21-17 dan 21-9 atas pemain Thailand itu.
Chen akan menjadi lawan Tommy di perempatfinal. Dia lolos setelah menundukkan wakil Malaysia, Zulfadli Zulkiffli, dengan skor 21-12 dan 21-10.
Tommy punya rekor pertemuan yang buruk dengan Chen. Dalam sembilan duel, dia cuma menang sekali, yaitu di Indonesia Terbuka 2013.
Sayangnya, langkah Tommy tak diikuti Jonatan Christie. Jonatan tersisih di babak kedua setelah kalah dari Tzu Wei Wang (Taiwan) dengan skor 9-21, 21-15 dan 18-21.
Ini adalah kekalahan ketiga Jonatan dalam tiga pertemuan dengan Tzu. Dia sebelumnya kalah dari lawan yang sama di Jepang Terbuka 2015 dan Kualifikasi Asia Piala Thomas 2016.
"Penampilan Jonatan lawan Tzu hari ini sudah cukup bagus. Cuma tadi ada salah sedikit saja di akhir. Dia mati di poin akhir. Pengaruhnya dari kepercayaan diri dia aja. Padahal mainnya sudah bagus," ujar pelatih tunggal putra pelatnas, Hendri Saputra, kepada badmintonindonesia.org (dtc/van)

Rio Menatap GP Rusia


SOCHI-Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, bakal mulai menjalani seri-seri GP Formula 1 di Eropa. Untuk sementara, pebalap 23 tahun itu memilih tinggal di Spanyol.
Hingga bulan September mendatang, Rio akan lebih banyak menjalani balapan di benua biru. Satu-satunya balapan di luar Eropa akan dijalani pada 12 Juni mendatang. Sementara itu, balapan GP Rusia di akhir pekan ini akan menjadi seri pertamanya di Eropa menggunakan mobil F1.
Dengan jauhnya jarak antara Eropa dengan Indonesia, Rio tak bisa sering-sering pulang ke tanah air. Rio sudah membuat keputusan bahwa dirinya akan tinggal di negeri matador untuk sementara. Dia mempunyai alasan tersendiri memilih Spanyol sebagai tempat tinggal sementara.
"Balapan-balapan di Asia membuat itu terasa mudah. Sekali kami ke Eropa, saya harus mengurangi perjalanan pulang ke rumah. Di awal-awal musim ini, saya mempunyai jadwal padat dari untuk tampil di acara sponsor dan acara para penggemar, yang mana itu membuat saya gembira," kata Rio dalam rilis yang diterima detikSport.
"Iklimnya sangat bagus untuk latihan. Dalam arti panas dan kelembaban, saya mendorong diri saya hingga batas akhir, lebih lagi dibandingkan sebelumnya. Setelah dari Rusia, saya akan lebih banyak tinggal di Spanyol yang mana sudah seperti rumah kedua bagi saya dan pelatih saya itu orang Spanyol," katanya.
Sementara itu, Rio mengaku sudah tak sabar untuk membalap di GP Rusia.Ia  mempunyai pengalaman yang bagus saat membalap di Sochi di ajang GP2.
Bersama Campos musim lalu, Rio mampu meraih podium di Sochi. Raihan itu didapat saat melakoni sprint race dengan menepati posisi dua. Sementara di feature race, pebalap Indonesia itu mampu mengamankan posisi lima. (dtc/van)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL